Travel  

Cap Go Meh 2023 di Bogor Hadir Lagi Setelah 2 Tahun Digelar Online

Cap Go Meh 2023 di Bogor Hadir Lagi Setelah 2 Tahun Digelar Online

tribun-nasional.com – Perayaan Cap Go Meh 2023 Kota Bogor akan kembali digelar secara offline lewat Bogor Street Festival, pada 5 Februari 2023 di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Gelaran tersebut hanya digelar secara online dalam dua tahun ke belakang akibat pandemi Covid-19.

Ketua Umum Perayaan Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival Arifin Himawan, Rabu (18/1/2023), menyampaikan, Cap Go Meh 2023 terbuka untuk umum setelah dua tahun dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19.

“Iya, terbuka untuk umum dan berlangsung secara kolosal,” kata Arifin saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Ia memaparkan, perayaan Cap Go Meh Bogor Street Festival tahun ini dilangsungkan secara kolosal, dengan melibatkan lebih banyak orang.

Berbeda dengan penyelenggaraan dua tahun terakhir, di mana pengisi acaranya terbatas dan penampilan yang ditampilkan merupakan rekaman.

“Sebelumnya sanggar yang live hanya satu sanggar saja, undangan pun tidak lebih dari 20 orang,” terang dia.

Cap Go Meh 2023 lebih meriah

Cap Go Meh 2023 akan diramaikan eh lebih dari 26 tim grup liong barongsai, 30 orang pengerek bendera, tiga tim drum band, 17 tandu dewa-dewi, dan masih banyak lagi arak-arakan lainnya.

Bahkan, sekitar 5.000 orang akan terlibat dalam festival, mulai dari sanggar seni, penampil kirab budaya, hingga panitia Cap Go Meh Bogor Street Festival 2023 .

Arifin menjelaskan, pada tanggal 5 Februari 2023, rangkaian acara rencananya berlangsung secara seremonial mulai pukul 16.00 WIB di panggung utama, yakni di samping Wihara Dhanagun dan di depan Hotel 101.

Barulah dilanjutkan dengan acara drumband, karnaval budaya, tandu dewa-dewi, hingga liong barongsai, yang diperkirakan akan selesai di atas pukul 22.30 WIB.

“Diperkirakan Cap Go Meh 2023 akan ditonton puluhan ribu orang secara terbuka, belum lagi para pedagang UMKM, pastinya ini akan menjadi hiburan setelah dua tahun pandemi Covid-19,” pungkas Arifin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!