Travel  

5 Makna Tahun Kelinci Air bagi Pariwisata, Wisata Romantis Dicari

5 Makna Tahun Kelinci Air bagi Pariwisata, Wisata Romantis Dicari

tribun-nasional.com – Tahun 2023 merupakan tahun kelinci air dalam kalender China. Tahun kelinci air diprediksi membawa sejumlah pengaruh pada sektor pariwisata.

Lantas, apa makna tahun kelinci air bagi pariwisata ? Berikut penjelasannya yang dihimpun Kompas.com dari Feng Shui Consulting Indonesia.

Karakter tahun Kelinci Air

Sebelum mengulas makna tahun kelinci air bagi sektor pariwisata, kita perlu memahami lebih dulu karakter tahun kelinci air.

Pakar Feng Shui dari Feng Shui Consulting Indonesia, Yulius Fang menjelaskan, shio kelinci tidak berarti menggunakan sifat dari kelinci. Namun, hanya lambang binatang yang digunakan untuk mewakili elemen.

Jadi, analisis prediksi pengaruh tahun kelinci didasarkan pada karakter elemen yang diwakili oleh kelinci, bukan sifat dari binatang kelinci tersebut.

“Kelinci mewakili elemen kayu kecil (kayu yin), di tahun 2023 datang bersamaan dengan elemen air kecil (air yin),” terangnya kepada Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Contoh dari elemen kayu kecil adalah rumput, tanaman kecil, tanaman merambat, atau bunga. Sifat positif dari elemen ini adalah fleksibel, adaptif, menarik, ekspresif, dan bertumbuh.

Sedangkan, sifat negatif dari elemen kayu kecil antara lain picik, perhitungan, cemburu, egois (seperti tanaman merambat atau parasit), dan mudah terluka atau trauma.

Sementara itu, contoh dari elemen air kecil antara lain hujan, uap, dan kabut.

Sifat positif dari elemen air kecil adalah lembut, sensitif, imajinatif, dan romantis. Sedangkan, sifat negatifnya seperti pesimis, penakut, misterius, pikiran sempit, penyendiri, dan melankolis.

“Jadi tahun kelinci air adalah tahun yang terlihat dari luar sensitif, pesimis, misterius, imajinatif, dan romantis. Namun, dari dalamnya adalah tahun yang antusias, ekspresif, tumbuh perlahan, tapi kurang sabar,” terang Yulius.

Makna tahun kelinci air bagi pariwisata

Berikut lima makna tahun kelinci air bagi pariwisata berdasarkan analisis dan prediksi dari Feng Shui Consulting Indonesia. Ada sejumlah prediksi menarik, salah satunya tren wisata romantis yang diperkirakan bakal digemari masyarakat.

1. Perjalanan wisata lebih lambat

Pada sektor pariwisata, tahun kelinci air diperkirakan membawa energi pada pergerakan atau lalu lintas perjalanan wisata. Ini berasal dari sifat air kecil dan kayu kecil dari kelinci air yang bergerak dan merambat.

Sayangnya, perjalanan wisata tahun ini diperkirakan lebih lambat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Namun, sifat pergerakan ini lebih lambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya (macan air) yang lebih agresif,” terang Yulius.

2. Ada tantangan bisnis

Yulius juga memperkirakan bidang usaha dengan elemen air seperti pariwisata bakal menghadapi tantangan di tahun kelinci air.

“Disamping itu, bidang usaha berelemen air seperti pariwisata juga akan mengalami tantangan bisnis di tahun kelinci air,” imbuhnya.

Menurutnya, tantangan pada sektor pariwisata datang dari pengaruh penurunan laju ekonomi global dan inflasi yang mendorong kenaikan harga-harga barang.

“Kondisi tersebut membuat orang mengencangkan budget untuk melakukan wisata,” papar Yulis.

3. Persaingan makin kompetitif

Yulius juga memperkirakan persaingan dengan pariwisata luar negeri semakin ketat. Hal ini didorong oleh semakin gencarnya promosi wisata sejumlah negara.

“Negara-negara lain juga lebih agresif menggencarkan sektor pariwisatanya, sehingga persaingan bisa semakin kompetitif,” terangnya.

4. Dorong wisata dalam negeri

Yulius menyarankan pelaku sektor pariwisata untuk lebih mendorong wisata dalam negeri yang relatif terjangkau. Menurutnya, sektor wisata dalam negeri masih membutuhkan dukungan dari pemerintah.

“Wisata dalam negeri yang relatif lebih terjangkau, boleh digalakkan lebih giat di tahun ini, dan tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk memberikan subsidi atau insentif,” katanya.

5. Wisata romantis dicari

Menariknya, pilihan wisata romantis diprediksi banyak dicari masyarakat pada 2023. Sebab, tahun kelinci air merupakan tahun yang romantis, di mana perasaan romantis akan lebih menonjol.

Hal ini diprediksi membuat orang ingin melakukan perjalanan wisata bersama pasangan. Oleh sebab itu, Yulius memperkirakan pilihan wisata romantis bakal ramai.

“Jadi perjalanan wisata romantis untuk pasangan maupun keluarga, juga bisa menjadi salah satu target pasar yang bisa dibidik oleh para pelaku bisnis pariwisata,” ujar Yulius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!