Presiden POC Abraham Tolentino Apresiasi M4, Dukung Antusiasme Esports Indonesia dan Filipina

Presiden POC Abraham Tolentino Apresiasi M4, Dukung Antusiasme Esports Indonesia dan Filipina

tribun-nasional.com – Presiden Philippine Olympic Committee (POH) atau Komite Olympiade Filipina, Abraham Tolentino hadir di Tennis Indoor Senayan untuk menyaksikan final M4 Blacklist International vs ECHO Esports. Pria yang akrab disapa “Bambol” ini begitu antusias dengan perkembangan Esports di negaranya, terutama di scene esports Mobile Legends.

Abraham Tolentino yang hadir jelang upacara pembukaan grand final M4 menyatakan antusiasme penonton di Indonesia saat M4 juga mirip dengan Filipina. Dalam sesi interview di Media Room, ia lantas menilai pesatnya perkembangan esports di kedua negara.

“Esports di Filipina sangat besar. MLBB banyak ditonton dan dibicarakan di negara kami. Oleh karena itu, kita perlu bekerja sama dengan Moonton, ujar Abraham.

Pria yang baru saja diangkat menjadi Walikota Tagaytay ini lantas mengingat penyelenggaraan sejumlah event dalam beberapa tahun terakhir. “Esports begitu hidup di Indonesia. Saya ingat ketika SEA Games ada cabor Esports, orang-orang di Indonesia antusias bicarakan MLBB saat kami jadi tuan rumah,” ujar Abraham.

Filipina Jadi Tuan Rumah M5

Di hari puncak Kejuaraan Dunia M4 yang digelar 15 Januari 2023, Moonton Games mengumumkan road map atau agenda rencana kompetitif untuk tahun 2023, dengan mengumumkan lokasi turnamen populernya — Piala Asia Tenggara Mobile Legends (MSC) di Kamboja dan Kejuaraan Dunia M5 di Filipina.

Abraham Tolentino menyambut gembira terpilhnya Filipina menjadi tuan rumah M5 World CHampionship pada Desember 2023. Bambol berujar POC sedang menyiapkan kompetisi tersebut. Menurutnya, Moonton telah sukses melakukan segala persiapan untuk kejuaraan dunia MLBB seri ke-4 kali ini.

“Kami senang bahwa M5 berikutnya akan diadakan di Filipina. Kami sangat bersemangat untuk memberikan keramahan terbaik dari orang Filipina. Sampai jumpa di M5 di Filipina,” ujar Presiden Komite Olimpiade Filipina Abraham “Bambol” Tolentino katanya saat upacara pembukaan grand final M4.

Filipina pernah menjadi tuan rumah turnamen Moonton sebelumnya — MSC pada tahun 2018 lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, Filipina juga menjadi tuan rumah acara olahraga besar: Pesta Olahraga Asia Tenggara 2019 di mana Mobile Legends menjadi salah satu perebutan medali esports.

Presiden POC Abraham “Bambol” Tolentino berfoto di depan pemenang M4 World Championship, ECHO Esports, di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (15/1 ).

Kembali pada bulan Juli lalu, pada acara malam syukur Organisasi Esports Filipina (PeSO) atas kinerja Sibol di Pesta Olahraga Asia Tenggara, Direktur Eksekutif Marlon Marcelo menyebutkan bahwa impian organisasi untuk menjadi tuan rumah acara esports besar.

“Kami akan mendorong esports di negara ini. [PUBG Mobile Pro League], selanjutnya Kejuaraan Dunia Mobile Legends, Valorant Masters, TI, itu adalah mimpi yang ingin kami wujudkan, lebih cepat daripada sebelumnya. Lahat sa Pilipinas na gawin. Kami negara esports [dan] PeSO dan akan berusaha mewujudkannya,” kata Marcelo.

Berbicara kepada media, Tolentino percaya menjadi tuan rumah M5 adalah langkah pertama untuk memenuhi tujuan tersebut.

“[Ini] akan menjadi awal. [Menyelenggarakan M5] akan menjadi awal yang besar bagi negara untuk menjadi pusat [esports]. Kami dikenal sebagai tuan rumah acara besar di Filipina,” kata Tolentino.

Baginya, Esports sedang berkembang pesat secara global. Menjawab pertanyaan dari awak media soal program kerja sama antara Filipina dan Indonesia di bidang esports, memberi bocoran bahwa akan ada kerja sama antara Filipina dan Indonesia di bidang Esports.

“Akan ada kerja sama dengan Indonesia soal Esports. Ditunggu saja,. Kebetulan saya kenal baik dengan Ketua KOI (Komite Olympiade Indonesia) Mister Okta (Raja Sapta Oktohari).. Ya, kami pernah sama-sama di induk organisasi cycling (sepeda),” pungkasnya.

Ikuti terus berita game dan esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

GELAR LIGA ESPORTS NASIONAL PELAJAR 2022, PBESI DORONG MUNCULNYA ATLET POTENSIAL MASA DEPAN

error: Content is protected !!