Orang Indonesia Habiskan 5 Jam Per Hari untuk Buka HP, Terlama di Dunia

Orang Indonesia Habiskan 5 Jam Per Hari untuk Buka HP, Terlama di Dunia

tribun-nasional.com – Warganet Indonesia dinobatkan sebagai pengguna internet yang paling lama menghabiskan waktu untuk main HP pada 2022.

Menurut laporan ” State of Mobile 2023 ” yang dipublikasi oleh firma riset pasar aplikasi data.ai (dulu App Annie), orang Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 5,7 jam per harinya menggunakan ponsel.

Dalam laporan itu, data.ai merinci perilaku pengguna internet di sejumlah negara untuk tahun 2022. Salah satunya soal rata-rata waktu yang dihabiskan ketika bermain HP. Riset ini dibuat dengan menganalisis 10 pasar smartphone teratas.

Jumlah waktu rata-rata penggunaan HP di Indonesia lebih tinggi dibandingkan 17 negara lainnya seperti Brazil (5,3 jam), Saudi Arabia (5,3 jam), Singapura (5,3 jam), Korea Selatan (5 jam), Meksiko (4,9 jam).

Rata-rata waktu yang dihabiskan warganet Indonesia untuk main HP pada 2022 ini menjadi angka penggunaan ponsel paling lama dalam empat tahun terakhir.

Data.ai mencatat, pada 2019, setiap orang Indonesia rata-rata menghabiskan 3,9 jam setiap harinya untuk bermain ponsel. Kemudian, pada 2020, waktu rata-ratanya meningkat hingga 5 jam per hari.

Lamanya rata-rata waktu yang dihabiskan orang Indonesia meningkat ke angka 5,4 jam per hari pada 2021, kemudian 5,7 jam per hari pada 2022.

Paling banyak menikmati video pendek

Sepanjang 2022, saat bermain HP, orang Indonesia juga tercatat paling banyak menghabiskan waktu menikmati konten hiburan di layanan atau aplikasi video pendek, yakni hingga 7 miliar jam.

Tidak dirinci platform video pendek mana (TikTok, Instagram Reels, YouTube Shorts, dll) yang paling banyak ditonton pengguna.

Selanjutnya, layanan yang juga banyak digunakan warganet Indonesia adalah platform berbagi video (3,3 miliar jam), browser dan search engine (1,8 miliar jam), dan e-commerce (1,1 miliar jam).

Di samping itu, menurut laporan data.ai, sepanjang tahun 2022, warganet Indonesia cenderung lebih sedikit mengakses layanan pendidikan, media sosial berbasis audio chat, berita dan majalah, serta bisnis/meeting dibanding tahun 2021.

Selain soal rata-rata waktu yang dihabiskan saat bermain HP, laporan “State of Mobile 2023” dari data.ai ini juga mengungkap informasi lain seputar uang yang dibelanjakan pengguna di aplikasi, total download aplikasi, aplikasi paling populer di suatu wilayah, belanja iklan mobile, aplikasi yang paling banyak di-download, dan masih banyak lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!