Arti Kata “Unhinged”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos Belakangan

Arti Kata “Unhinged”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos Belakangan

tribun-nasional.com – – Bahasa gaul di medsos (media sosial) bisa bersumber dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk bahasa gaul di medsos yang bersumber dari bahasa Inggris, belakangan yang lumayan sering dipakai adalah kata “ unhinged ”.

Kata unhinged ramai dipakai di medsos, seperti TikTok atau Twitter, tetapi tidak dapat diketahui secara pasti siapa yang memulainya pertama kali. Kata ini tiba-tiba ramai dipakai begitu saja.

Kendati tak bisa diketahui pelopornya, namun terdapat satu akun TikTok yang bisa dibilang punya kontribusi untuk mempopulerkan penggunaan kata “unhinged”. Akun TikTok itu adalah @joe_siff.

Di TikTok, @joe_siff punya konten-konten dengan satu tema yang sama, yaitu memparodikan gaya seseorang ketika sedang bekerja dari beberapa profesi, seperti guru matematika, dokter gigi, polisi, dan terapis.

Konten parodi yang dibuatnya diberi judul dengan menggunakan kata unhinged, semisal “unhinged teacher”, “unhinged police” dan sebagainya. Dalam konten berjudul tersebut, pekerjaan diparodikan dengan gaya yang tidak normal, sehingga terlihat konyol atau lucu.

“Correct! ????”

Video di atas merupakan salah satu contoh konten parodi dari @joe_siff. Di konten berjudul “unhinged teacher” itu, akun tersebut memparodikan seorang guru matematika yang tengah bertanya hasil penjumlahan dari 2+2 ke murid-muridnya.

Guru matematika itu diperankan dengan gaya yang tidak normal. Pasalnya, saat satu murid menyatakan hasil penjumlahan dari 2+2 adalah 4, guru matematika yang diperankan @joe_siff justru menyalahkan jawaban itu dan mengejek si murid.

Di satu sisi, ada murid lain yang juga memberikan jawaban serupa. Tetapi, perlakuan guru matematika itu berbeda. Jawaban dari murid tersebut malah dibenarkan dan mendapat pujian dari @joe_siff yang berperan sebagai guru matematika.

Dari video TikTok tersebut, kata unhinged tampaknya dipakai untuk menyatakan hal yang aneh atau tidak normal. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan unhinged? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan arti unhinged yang ramai di medsos.

Arti unhinged yang ramai dipakai dimedsos

Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, unhinged tergolong sebagai kata sifat. Unhinged artinya adalah sesuatu yang sangat kacau, pikiran yang terganggu, atau ketidakstabilan (khususnya dalam hal emosi).

Di Merriam Webster, terdapat dua contoh penggunaan kata unhinged, salah satunya adalah “your brain is really unhinged”, yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bisa berarti seperti ini “otakmu benar-benar kacau atau tidak waras”.

Sementara itu, sebagaimana dilansir Urban Dictionary, kata unhinged memiliki beberapa persamaan kata yang punya arti hampir serupa. Kata-kata tersebut, misalnya gila atau tidak normal (crazy), tidak masuk akal (insane), dan membingungkan atau kacau (confused).

Dengan arti unhinged yang seperti itu, tak heran bila kata ini ramai dipakai untuk menyebut atau menilai perilaku yang tidak normal, gila, aneh, tidak wajar, dan sebagainya. Di medsos, kata ini jarang ditemukan digunakan dalam kalimat berbahasa Indonesia.

Umumnya, kata unhinged digunakan dalam sebuah kalimat berbahasa Inggris. Salah satu contohnya bisa dilihat melalui twit yang diunggah oleh akun dengan handle @vinquilop, sebagaimana tertera di bawah ini.

Dalam twit itu, tertera kalimat “still thinking about this unhinged edit” atau yang bisa berarti “masih memikirkan soal editan (video) yang tidak wajar ini” untuk mengomentari video iklan dari sebuah produk.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti kata unhinged yang ramai dipakai di medsos. Sebagai informasi tambahan, selain di medsos, kata unhinged juga pernah digunakan menjadi judul sebuah film keluaran 2021.

Sesuai dengan nama judulnya, film “Unhinged” itu secara garis besar berkisah tentang seorang wanita yang diteror oleh pria dengan masalah ketidakstabilan mental, gangguan kejiwaan, atau gila.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!