6 Fakta Menarik Nepal, Negara Seribu Kuil hingga Yeti sang Makhluk Mitologi

6 Fakta Menarik Nepal, Negara Seribu Kuil hingga Yeti sang Makhluk Mitologi

tribun-nasional.com – Nepal menjadi salah satu negara yang dicintai para pendaki di seluruh dunia lantaran hamparan pegunungan Himalaya yang menawarkan keindahan alam. Pegunungan ini berbatasan langsung dengan China dan India.

Selain Himalaya, Nepal juga terkenal dengan makhluk mitologi yang disebut dengan Yeti . Namun, makhluk tersebut hingga kini belum diketahui kebenarannya.

Untuk menambah wawasan tentang Nepal lainnya, berikut Pikiran-Rakyat.com rangkum 7 fakta tentang Nepal yang dirangkum dari berbagai sumber.

Negara dengan luas wilayah sekitar 147.516 KM ini punya bentuk bendera yang tidak biasa. Negara beribukotakan Khatmandu ini adalah satu-satunya negara yang punya bendera berbentuk tidak segi empat di dunia.

Negara yang punya wilayah bervariasi ini dihuni oleh masyarakat yang mayoritas pemeluk agama Hindu , angkanya mencapai 81,3 persen pemeluk menurut data tahun 2022.

Sedangkan sisanya, Islam 4,4 persen, Budha , 9 persen, dan agama lain 5,3 persen.

Negara yang punya nama resmi Republik Federal Demokratik Nepal ini menggunakan mata uang Rupee sebagai alat transaksi resmi. Sedangkan bahasa resminya adalah bahasa Nepali.

Nepal terkenal oleh makhluk mitologi yaitu meh-teh. Makhluk ini populer disebut sebagai Big Foot atau Yeti .

Yeti dipercaya pernah terlihat di pegunungan Nepal . Kendati demikian, belum ada bukti pasti dari keberadaan meh-teh.

Nepal memiliki julukan “Langit-Langit Dunia”. Hal ini mengacu kepada 8 dari 10 puncak tertinggi di wilayah ini punya ketinggian mencapai 8848 mdpl.

Selain itu, Nepal juga dijuluki sebagai negara seribu kuil karena mayoritas penduduknya merupakan pemeluk agama Hindu dan Budha .

Di Nepal sendiri memiliki sebuah tradisi unik yang mana anak perempuan yang belum masuk ke masa pubertas, bisa punya kesempatan untuk menjadi Dewi.

Dewi ini bernama kumari. Mereka akan pensiun ketika sudah puber atau terkena penyakit dan kecelakaan.***

error: Content is protected !!