Hyundai Siapkan Ribuan Komponen buat Stargazer

Hyundai Siapkan Ribuan Komponen buat Stargazer

tribun-nasional.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyiapkan lebih dari 1.500 jenis komponen yang akan menjadi “langganan” model low MPV, Stargazer.

Ribuan item komponen tersebut diklaim menjadi keunggulan layanan purna jual (after sales) bagi kostumer Hyundai.

Parts Manager PT Hyundai Motors Indonesia Taufik Hidayat mengatakan, untuk jaminan kebutuhan suku cadang Stargazer sudah diperhitungkan secara keseluruhan.

Ketersediaan suku cadang ini mulai dari yang paling sering digunakan atau dicari hingga yang sangat jarang dipakai.

“Kita sudah siapkan seluruh suku cadang, bahkan yang sangat jarang dicari kita sudah simpan, sehingga ketika dibutuhkan bisa langsung kita kirim ke diler atau konsumen,” kata Taufik dalam Media Gathering di Hyundai Lampung, Selasa (17/1/2023) pagi.

Taufik memaparkan jenis-jenis suku cadang ini dibagi dalam tiga klasifikasi yakni slow moving, medium moving, hingga fast moving.

Untuk suku cadang dengan klasifikasi slow moving yakni komponen yang kebutuhannya jarang diminta seperti komponen kelistrikan.

Parts slow moving ini kita siapkan lebih dari 500 item,” kata Taufik.

Kemudian untuk medium moving atau komponen yang kebutuhannya rata-rata disiapkan lebih dari 800 item.

“Sedangkan untuk fast moving atau paling sering digunakan dan kebutuhannya krusial, sudah disiapkan 200 item,” kata Taufik.

Secara umum, Taufik mengatakan Hyundai menjamin ketersediaan 30.000 item suku cadang yang tersimpan di gudang seluas 1,2 hektar di Delta Mas, Cikarang.

“Ketersediaan dan penyimpanan kita sudah pastikan terjamin, sehingga ketika dibutuhkan bisa tetap dalam keadaan bagus,” kata Taufik.

Sementara itu, Head of Dealer PT Hyundai Motors Indonesia Haris Agus Wiyono mengatakan pihaknya telah memiliki 100 jaringan bengkel resmi yang tersebar mulai dari Aceh hingga Papua.

“Ada juga layanan 24 jam dan yang layanan paling krusial yaitu Bluelink yang terhubung langsung dengan Call Center,” kata Haris.

Layanan Bluelink ini mampu menjangkau kostumer saat membutuhkan layanan darurat seperti derek atau kehabisan bahan bakar.

Head of PR PT Hyundai Motors Indonesia Uria Simanjuntak menambahkan, pada tahun 2023 ini Hyundai memang memfokuskan pada layanan after sales.

“Kita tidak hanya fokus pada produk saja, tetapi layanan kepada pelanggan, ini yang kita fokuskan pada tahun 2023 ini,” kata Uria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!