All New Ayla dan Agya Bakal Pakai Mesin Turbo?

All New Ayla dan Agya Bakal Pakai Mesin Turbo?

tribun-nasional.com – Belakangan ini marak kabar soal generasi baru low cost green car ( LCGC ) Daihatsu Ayla dan Toyota Agya bakal meluncur dalam waktu dekat.

Kabarnya, mobil kembar Daihatsu dan Toyota itu akan resmi dirilis pada Februari 2023. Menurut sumber Kompas.com, jadwal peluncuran bisa sebelum Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 atau di ajang pameran otomotif tahunan.

Berdasarkan informasi yang tim redaksi terima dari salah satu tenaga penjual Daihatsu di Tangerang, Kabarnya Ayla terbaru bakal dibekali dengan mesin yang sama seperti Daihatsu Rocky.

“Iya (model baru Ayla) bakal meluncur, mesin sama seperti Rocky. Tapi belum tahu kapan, belum ada info lanjutan,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Artinya, Ayla bakal dibekali dengan dua pilihan mesin. Pertama engine dengan kode WA-VE dengan kapasitas 1.200 cc 3-silinder, dan mesin dengan kode 1KR-VE Turbo dengan kapasitas 1.000 cc.

Mengingat mobil ini kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu, otomatis Agya terbaru juga dapat dipastikan menggunakan mesin yang sama.

Ketika dikonfirmasi, Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), masih enggan memberikan informasi terkait hal tersebut.

“Saya tidak bisa jawab, apakah itu turbo atau tidak, atau apapun itu soal Ayla baru. Karena kabar tersebut bukan dari saya,” ucap Agung, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2023).

Ketika ditanya lebih lanjut soal peluncuran yang kabarnya akan dilakukan pada pameran IIMS 2023, Agung juga enggan berkomentar.

“Nanti ditunggu saja ya,” kata dia.

Sebagai informasi, Ayla dan Agya generasi pertama meluncur pada tahun 2013 lalu untuk mengisi segmen mobil murah atau LCGC. Penerimaan masyarakat begitu baik karena mobil ini terbilang irit dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Soal harga, Daihatsu Ayla paling murah kini dibanderol Rp 112,8 juta, dan termahal Rp 171,55 juta. Sementara Agya dihargai Rp 158 juta, dan termahal Rp 181,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!