Menlu China dan Malaysia janji majukan kerja sama Sabuk-Jalur Sutra

Menlu China dan Malaysia janji majukan kerja sama Sabuk-Jalur Sutra

tribun-nasional.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang pada Selasa (17/1) melakukan pembicaraan via telepon dengan Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir, dengan kedua belah pihak berjanji untuk memajukan kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra.

Qin mengatakan China bersedia bekerja sama dengan Malaysia untuk menggunakan kesempatan dari peringatan 10 tahun peresmian kemitraan strategis komprehensif China-Malaysia tahun ini dan peringatan 50 tahun peresmian hubungan diplomatik tahun depan untuk mendorong hubungan bilateral ke level yang lebih tinggi.

China siap untuk bekerja sama dengan pemerintah Malaysia yang baru untuk sepenuhnya memanfaatkan peran komite tingkat tinggi dalam kerja sama China-Malaysia dan mekanisme lainnya, terus mendukung kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra yang berstandar tinggi, dan membuat kemajuan yang solid dalam proyek-proyek inti, kata Qin.

China bersedia memperdalam kerja sama dengan negara-negara regional untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas regional, dan berharap dapat bekerja sama dengan Malaysia untuk memperdalam dan mengonsolidasikan kemitraan strategis komprehensif antara China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), katanya.

Pemerintah dan berbagai sektor masyarakat Malaysia memiliki pandangan yang objektif dan adil tentang kebijakan pencegahan epidemi China dan menyambut baik kedatangan wisatawan China ke negara mereka, kata Qin, seraya menambahkan bahwa China memuji Malaysia atas semua tindakan tersebut.

Qin mengatakan dia yakin bahwa dengan upaya bersama, kedua belah pihak akan segera memulihkan aktivitas pertukaran personel yang normal.

Sementara itu, Zambry menyampaikan ucapan selamat kepada Qin atas pengangkatan dirinya sebagai menlu China. Dia mengatakan Malaysia dan China telah menjalin persahabatan sejak lama dan negaranya menganggap China sebagai mitra penting serta sangat mengutamakan hubungannya dengan China.

Malaysia bersedia untuk memperkuat pertukaran tingkat tinggi dan komunikasi antarmasyarakat dengan China, memanfaatkan potensi kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra, untuk mewujudkan pengembangan hubungan bilateral yang lebih baik lagi, kata Zambry.

error: Content is protected !!