Rusia Belum Lihat Usulan Serius Akhiri Perang Ukraina, Sebut Formula Zelensky Absurd

Rusia Belum Lihat Usulan Serius Akhiri Perang Ukraina, Sebut Formula Zelensky Absurd

tribun-nasional.com

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia mengaku belum melihat usulan perdamaian yang serius untuk perang yang berkecamuk di Ukraina .

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dalam konferensi pers pada Rabu (18/1/2023), sebagaimana dilansir Reuters.

Lavrov menambahkan, saran yang disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga tidak masuk akal.

Lavrov mengatakan Moskwa siap untuk membahas konflik dengan negara-negara Barat dan merespons usulan yang serius, apa pun itu.

Akan tetapi, lanjut Lavrov, setiap pembicaraan juga perlu memperhatikan urusan keamanan Rusia yang lebih luas.

Lavrov juga kembali menyerukan NATO untuk menghapus infrastruktur militer aliansi tersebut dari Ukraina dan negara-negara lain yang dekat dengan perbatasan Rusia.

“Tidak ada pembicaraan tentang negosiasi dengan Zelensky,” kata Lavrov.

Dia juga menyebut formula perdamaian berisi 10 poin yang diluncurkan Zelensky pada November 2022 sebagai inisiatif yang absurd.

“Mengenai prospek negosiasi antara Rusia dan Barat mengenai masalah Ukraina, kami akan siap menanggapi setiap proposal serius,” ujar Lavrov.

“(Akan tetapi) kami belum melihat usulan serius. Kami akan siap untuk mempertimbangkannya dan memutuskan,” lanjut Lavrov.

Lavrov mengatakan, pernyataan Barat yang menyebutkan tidak akan membahas apa pun tentang Ukraina tanpa keterlibatan Kyiv adalah omong kosong, karena Barat-lah yang pengambil keputusan sebenarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!