Menhan Rusia Inspeksi Pasukan yang Bertempur di Ukraina

Menhan Rusia Inspeksi Pasukan yang Bertempur di Ukraina

tribun-nasional.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu melakukan inspeksi secara langsung ke markas militer yang mengawasi pasukan Moskow yang bertempur wilayah Ukraina . Inspeksi itu dilakukan saat pasukan Rusia terus melanjutkan invasinya ke Ukraina .

Seperti dilansir AFP, Selasa (17/1/2023), laporan Kementerian Pertahanan Rusia menyebut Shoigu mendatangi langsung markas kelompok Vostok yang lokasinya dirahasiakan itu pada Selasa (17/1) waktu setempat.

Di sana, Shoigu mendapatkan penjelasan oleh komandan kelompok itu dan mendengarkan laporan sejumlah komandan lainnya soal ‘kemajuan misi tempur’ di wilayah Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyebutkan secara spesifik soal lokasi pasti dari markas yang dikunjungi Shoigu tersebut.

Sebuah video yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan Shoigu sedang menggelar rapat dengan jajaran komandan militer, baik secara langsung maupun via tautan video.

Di antara para komandan dan pejabat militer yang ikut rapat dengan Shoigu terdapat Kepala Staf Jenderal Rusia Valery Gerasimov , yang baru-baru ini ditugaskan oleh Presiden Vladimir Putin untuk memimpin pasukan Moskow di Ukraina.

Video itu juga menunjukkan Shoigu menyerahkan penghargaan kepada para tentara Rusia.

“Anda mengabdi dengan martabat, melindungi Tanah Air kita, membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan, melakukan semuanya untuk semakin mendekatkan hari yang disebut Hari Kemenangan,” ucap Shoigu saat memberikan penghargaan tersebut.

Kunjungan semacam ini bukan yang pertama kali dilakukan Shoigu sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari tahun lalu.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Shoigu telah melakukan dua kunjungan ke area yang disebut sebagai ‘operasi militer khusus’ oleh Rusia pada Desember lalu. Dalam kunjungannya, sebut Kementerian Pertahanan Rusia, Shoigu juga melakukan inspeksi tentara di garis depan pertempuran.

error: Content is protected !!