Kuliner Nasi Minyak Lagi Viral, Waspadai Risiko Kesehatan Ini

Kuliner Nasi Minyak Lagi Viral, Waspadai Risiko Kesehatan Ini

tribun-nasional.comJakarta, CNBC Indonesia – Kuliner nasi minyak asal Surabaya tengah dinikmati banyak masyarakat, bahkan dibagikan di banyak sosial media. Kuliner ini pada dasarnya adalah nasi dengan lauk bebek goreng yang disajikan dengan bumbu penuh minyak.

“Disebut nasi minyak karena bumbu kuningnya disiram minyak goreng kayak gini,” demikian narasi dalam video viral jual nasi minyak di Instagram, seperti dilihat CNBC Indonesia, Rabu (18/1/2023).

Terlepas dari rasanya yang diklaim lezat, ada risiko kesehatan yang mengintai di balik santapan viral ini.

Dokter spesialis penyakit dalam Andi Khomeini Takdir Haruni menyebut ada risiko dislipidemia dari makanan penuh minyak tersebut.

Dislipidemia adalah kondisi ketika kadar kolesterol, yaitu LDL, HDL, dan trigliserida, tidak normal.

“Saya khawatir dampaknya ke peningkatan kasus dislipidemia dan turunannya,” tulis dr Koko dalam cuitan akun Twitter pribadinya.

Kondisi ini sering kali tidak menimbulkan gejala khusus. Seseorang biasanya baru tahu bahwa dia mengalami dislipidemia ketika melakukan pemeriksaan darah.

Jika tidak segera ditangani, dislipidemia dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti penyakit arteri perifer dan penyakit arteri koroner. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Adapun gejala yang mungkin dirasakan saat mengalami komplikasi dislipidemia termasuk:

error: Content is protected !!