8 Fakta Soal Kanker Payudara yang Wajib Kamu Tahu, Cek Daftarnya!

8 Fakta Soal Kanker Payudara yang Wajib Kamu Tahu, Cek Daftarnya!

tribun-nasional.com – Beauties, taukah kamu bahwa bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara?

Dikutip dari Brevard Health, peringatan ini dimulai pada tahun 1985 sebagai kerjasama antara American Cancer Society dan bagian farmasi Imperial Chemical Industries. Tujuan awal adanya kampanye ini adalah mengedukasi para perempuan tentang payudara dan bagaimana cara menjaga kesehatan payudara mereka.

Kampanye tentang kanker payudara juga banyak dilakukan tidak hanya di bulan Oktober. Tetapi, sejauh mana pemahamanmu tentang kanker payudara sih, Beauties? Ini dia delapan fakta tentang kanker payudara yang wajib kamu tahu. Simak!

1. Risiko Kanker Payudara Bisa Berkurang dengan Mengubah Gaya Hidup

Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian yang dipublikasikan British Journal of Sports Medicine menyatakan bahwa perempuan yang banyak melakukan aktivitas fisik memiliki risiko 38% lebih rendah terkena kanker payudara. Selain aktivitas fisik, kamu juga bisa menjaga pola makan dan tidak mengonsumsi alkohol.

2. Genetika Memengaruhi Risiko Kanker Payudara

Jika salah satu keluarga dekatmu seperti ibu atau saudara perempuan yang terkena kanker payudara, maka risiko untuk kamu terkena payudara juga tinggi.

Dikutip dari UNC Health Talk, kenyataannya hanya 10-15 persen pasien kanker payudara yang keluarganya memiliki riwayat yang sama. Jadi, genetika tidak menjadi faktor utama yang meningkatkan risiko kamu terkena penyakit yang sama.

3. Kanker Payudara Sering Muncul di Bagian Kiri

Benjolan yang muncul di area payudara bisa jadi adalah tanda awal penyakit tersebut. Dikutip dari Roche, payudara sebelah kiri memiliki 5-10% peluang untuk terkena kanker payudara dibanding bagian kanan. Bagian tubuh kiri secara keseluruhan juga lebih mudah terkena penyakit kanker kulit seperti melanoma.

4. Penyebab Kematian Kedua karena Kanker

Dikutip dari Medical Associates of Northwest Arkansas, kanker payudara adalah penyebab terbanyak kedua di jumlah kematian karena kanker. Yang pertama adalah kanker paru-paru dan yang ketiga adalah kanker serviks.

5. Jenis Kanker Paling Umum pada Perempuan Amerika

Pada tahun 2022 ini, diperkirakan 30% perempuan Amerika yang baru mendapatkan diagnosa kanker berjenis kanker payudara. Sehubungan dengan hal ini, National Breast Cancer America menyatakan bahwa kanker payudara adalah jenis kanker paling umum pada perempuan Amerika.

6. Gejala Kanker Payudara Tidak Sama untuk Tiap Orang

Gejala awal kanker payudara biasanya muncul rasa sakit pada payudara dan adanya benjolan di area tersebut atau ketiak. Tetapi tidak semua orang mengalami gejala yang sama. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, ada orang yang didiagnosa terkena kanker payudara tetapi tidak menunjukkan gejala apapun. Maka sangat penting untuk melakukan pengecekan secara rutin.

7. Bisa Muncul pada Anjing dan Kucing

Ternyata jenis kanker ini juga bisa menyerang hewan seperti anjing dan kucing, bukan manusia saja. Dr. Scott Coonrod melalui Veterinary Medicine dari Cornell University jenis kanker pada manusia dan hewan ini hampir sama, tetapi risikonya justru lebih tinggi terjadi pada anjing betina dibanding pada perempuan.

8. Catatan Operasi Pengangkatan Payudara Dilakukan Lebih Dari 1500 tahun Lalu

Masektomi atau operasi pengangkatan payudara pertama dicatat pada tahun 548 masehi yang dilakukan pada Permaisuri Bizantium bernama Theodora. Dikutip dari Roche, masektomi pada zaman dahulu dilakukan dengan mengangkat payudara, otot dada, dan kelenjar bening.

Beauties, itu dia deretan fakta soal kanker payudara. Semoga bermanfaat ya, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!