7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia

7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia

tribun-nasional.com – Salah satu kunci mendapatkan kebahagiaan dalam hidup adalah .

Hal tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian dari Harvard Adult Development Study yang menyatakan bahwa tipikal orang bahagia adalah mereka yang selalu .

Studi ini menelaah tingkat kebahagiaan dan kesehatan banyak populasi di dunia, yang sudah dilakukan selama 100 tahun.

Dengan kata lain, orang yang selalu bersyukur dapat hidup lebih lama, dan merasa tubuhnya lebih sehat secara keseluruhan.

Maka dari itu, belajar mempraktikkan rasa syukur setiap hari merupakan satu hal terbaik yang bisa dilakukan untuk diri sendiri.

Cara sederhana untuk bersyukur setiap hari

Psikiater bersertifikat yang berbasis di AS, Robert Waldinger, MD mengatakan, satu hal terbaik yang dapat dilakukan seseorang untuk diri sendiri adalah mengucapkan setiap hari.

dilakukan dengan memusatkan perhatian pada banyak hal yang kita miliki, bukan tentang sesuatu yang tidak menjadi milik kita dan mengingatkan kita tentang semua hal baik di dalam hidup.

“Syukur adalah salah satu alat terbaik yang kita miliki untuk memperkuat hubungan, hubungan kita dengan orang lain adalah faktor terkuat dalam menentukan kebahagiaan,” jelas Waldinger.

Itulah yang dapat menjadi alasan rasa syukur perlu dipraktikkan setiap hari karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesejahteraan diri sendiri.

Dilansir dari laman Reader Digest, berikut cara sederhana untuk bersyukur yang dapat kita lakukan, khususnya sebelum memulai beraktivitas.

Sejumlah tips berikut juga tidak terkait dengan agama atau keyakinan apa pun sehingga semua orang dapat melakukannya setiap saat.

1. Ucapkan apa yang kita syukuri dengan lantang

Mengucapkan hal-hal yang kita syukuri bisa berdampak lebih daripada sekadar mengucapkannya dalam hati.

Mendengar diri sendiri mengatakannya dengan lantang dapat membantu memperkuatnya di dalam ingatan, serta mengidentifikasi aspek atau pengalaman apa saja yang kita syukuri.

Misalnya kita dapat menggunakan rekaman suara untuk mendikte hal-hal yang kita syukuri. Manfaat dari merekam rasa syukur ini untuk membantu kita mengingat apa saja yang sudah kita miliki.

Atau bisa juga dengan mengimbau anggota keluarga lain untuk membagikan hal-hal luar biasa apa saja yang terjadi kemarin.

2. Tuliskan semuanya dalam buku catatan

Mencurahkan pemikiran tentang rasa syukur dalam bentuk tulisan atau jurnal juga dapat membantu menghubungkan pikiran dan tubuh, serta meningkatkan .

Segera siapkan buku catatan apa pun, kemudian simpan di dalam laci meja dan tulislah hal-hal yang kita syukuri setiap hari.

Tidak perlu menuliskannya dengan detail, menurut pakar, cukup dengan tiga hal yang dapat kita syukuri dapat membantu meningkatkan energi positif .

3. Bagikan rasa terima kasih kepada orang lain

Berbagi rasa terima kasih dapat memiliki efek yang sangat besar pada kita dan juga orang lain.

Hal ini dapat membantu pikiran positif, perasaan baik, serta meningkatkan ikatan kita dengan orang tersebut.

Menurut Waldinger, seseorang yang lebih sering mengucapkan terima kasih pada orang lain menunjukkan perasaan bahagia yang lebih kuat.

Cara mempraktikkannya cukup mudah, kita dapat mengucapkan rasa terima kasih untuk orangtua di rumah, guru, teman, sahabat, atau cukup dengan mengucapkan terima kasih kepada staf kasir saat berbelanja.

4. Meditasi rasa syukur

Mungkin banyak orang yang mengakui kalau perasaan dapat mengendalikan pikiran. Padahal, faktanya pikiran kita yang memengaruhi perasaan kita.

Sehingga, memfokuskan pikiran dengan rasa syukur dapat membuat perasaan kita setiap hari menjadi lebih baik.

Cara mempraktikkannya bisa dengan meditasi rasa syukur, yaitu dengan melakukan 1 – 5 menit setiap pagi untuk fokus memikirkan hal-hal yang kita syukuri.

Meditasi rasa syukur setiap pagi ini setidaknya dapat membantu membuat perasaan kita lebih baik saat di rumah, di tempat kerja, atau di mana pun kita beraktivitas.

5. Bisa dilakukan kapan dan di mana saja

Mengucapkan rasa syukur tidak harus dimulai saat pagi, tapi juga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Misalnya ketika sedang beraktivitas, jangan menunggu untuk merasa bersyukur dan lakukan secara spontan.

6. Bersyukur di saat sulit

Berbicara soal rasa syukur, kita tak cuma mensyukuri segala nikmat yang kita miliki, tetapi juga di masa-masa sulit.

Tantang diri kita untuk selalu bersyukur dalam kondisi apa pun, karena dengan ini kita dapat lebih kuat melewati masa-masa sulit.

Menurut Waldinger, tidak ada situasi apa pun yang tidak bisa kita syukuri di dalam kehidupan ini.

7. Belajar dari cara bersyukur orang lain

Bersyukur adalah keterampilan, kita dapat belajar melakukannya dengan melihat bagaimana orang lain mempraktikkan rasa syukur dalam hidup mereka.

Perhatikan cara teman, keluarga, atau kolega kita dalam menunjukkan rasa terima kasih atau bersyukur setiap hari.

Tanyakan pula tentang proses hingga dampak dari rasa bersyukur yang sudah mereka lakukan sejauh ini.

Hal tersebut dapat membantu kita untuk terus mengingat untuk selalu bersyukur dalam keadaan apa pun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!