5 Kebiasaan yang Sering Terlupakan Ini Bisa Menjadi Penyebab Dietmu Selalu Gagal, Cek!

5 Kebiasaan yang Sering Terlupakan Ini Bisa Menjadi Penyebab Dietmu Selalu Gagal, Cek!

tribun-nasional.com – Siapa nih yang sering mencoba berbagai macam jenis diet dan udah mengurangi makanan tapi tetap aja berat badan nggak turun-turun alias malah naik?

Nah, jika kamu merupakan salah satu yang sering merasakan hal ini ada baiknya kamu mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan berat badanmu tidak turun juga. Melansir dari laman Healthline, berikut beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan dietmu gagal!

1. Terlalu Banyak Makan atau Terlalu Sedikit Makan Kalori

Defisit kalori menjadi salah satu cara diet yang sering dilakukan oleh banyak orang, bahkan defisit kalori juga menjadi cara diet yang tidak terlalu ribet yang mana kamu perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu konsumsi.

Namun, kalori yang dibutuhkan setiap orang yang menjalankan defisit kalori berbeda-beda. Bagi kamu yang pertama kali mencoba untuk defisit kalori, ada baiknya untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

Beberapa orang asal saja melakukan diet ini dengan mengurangi asupan makanan secara drastis dan hal ini justru dapat memperlambat laju pembakaran energi tubuh, sehingga jumlah kalori yang kamu bakar juga sedikit. Hal ini yang membuat dietmu menjadi gagal.

2. Terlalu Fokus Pada Angka Timbangan

Kebanyakan orang yang sedang menjalani diet hanya berfokus pada angka di timbangan. Padahal angka di timbangan hanyalah salah satu ukuran perubahan berat badan.

Berat badan dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti fluktuasi cairan dan jumlah makanan yang tersisa di tubuh. Hal inilah yang biasanya membuat diet seseorang gagal karena setiap harinya menimbang berat badan. Alhasil kamu tidak fokus pada proses diet, padahal kamu bisa menimbang berat badan selama satu minggu sekali dan kamu bisa mengukur lingkar tubuh apabila dietmu berhasil.

3. Malas Olahraga

Apabila aktivitas fisik dan pola makan berjalan beriringan, maka dietmu pasti akan berhasil. Jika kamu malas berolahraga sambil membatasi asupan kalori, maka kamu akan cenderung kehilangan massa otot dan akan mengalami penurunan metabolisme.

Namun, sebaliknya jika kamu menyeimbangkan olahraga dan pola makan, maka massa lemak akan berkurang dan berat badan akan mudah untuk turun. Apabila kamu merasa berat untuk berolahraga, kamu bisa memulai dengan olahraga ringan atau memperbanyak aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari.

4. Kurang Mengonsumsi Protein

Kekurangan protein dapat menyebabkan munculnya rasa lapar, lemas, dan sistem kekebalan tubuh menurun. Padahal protein dapat membangun, memperbaiki, serta mengatur fungsi jaringan dalam tubuh termasuk otot. Protein juga dapat melindungi masa otot dan dapat mengendalikan nafsu makan.

5. Kurang Mengonsumsi Serat

Diet rendah serat dapat mengganggu upaya penurunan berat badan dan hal ini juga dapat memperburuk kesehatan, seperti susah BAB.

Dengan mengonsumsi serat kamu juga dapat menjaga berat badan tetap ideal dan menurunkan berat badan karena serat dapat membuat tubuh terasa kenyang lebih lama dan serat juga dapat membuat bakteri baik bekerja untuk mengontrol metabolisme dan baik untuk kesehatan jantung.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!