5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Ginjal Sehat, Sudah Kamu Lakukan?

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Ginjal Sehat, Sudah Kamu Lakukan?

tribun-nasional.com – Menjaga kesehatan ginjal wajib dilakukan, mengingat ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang punya fungsi krusial. Salah satunya adalah menyaring darah dan membuang racun dalam tubuh lewat urin.

Bila fungsinya itu sampai terganggu, bisa memicu aneka masalah serius pada anggota tubuh lainnya, Beauties. Jika tingkat keparahannya semakin tinggi, dapat berakibat fatal hingga kematian.

Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat?

1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Yaitu dengan minum air putih dengan cukup setiap harinya. Kamu juga disarankan untuk minum air lebih banyak saat cuaca panas dan berolahraga, untuk mengganti cairan yang hilang lewat keringat.

Mengutip Healthline, air dapat membantu tubuh membersihkan sodium dan toksin dari ginjal, yang kemudian akan menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Nah, tanda cukup cairan adalah warna urine yang bening. Kalau berwarna gelap, bisa pertanda dehidrasi.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Apa yang kamu makan tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh, termasuk ginjal. Karena itu Beauties perlu lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah segar dan biji-bijian. Hindari makanan berlemak dan mengandung gula serta garam tinggi. Sebaliknya, junk food akan membuat ginjal bekerja lebih ekstra.

3. Tidak Cepat-cepat Minum Obat Pereda Nyeri

Kamu sering cepat-cepat minum pain killer untuk meredakan demam dan nyeri perut? Menurut American Journal of Kidney Disease, penggunaan obat pereda nyeri golongan anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) bisa membahayakan ginjal, Beauties. Perlu kamu tahu, jenis obat ini juga tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang.

Pun menambahkan dari Healhtshots, minum vitamin secara berlebihan dan ekstrak herbal secara sembarangan, juga bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal. Untuk itu, pentingnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.