5 Kebiasaan ‘Enteng’ yang Tanpa Sadar Merusak Ginjal secara Perlahan, Cek Sering Kamu Lakukan?

5 Kebiasaan ‘Enteng’ yang Tanpa Sadar Merusak Ginjal secara Perlahan, Cek Sering Kamu Lakukan?

tribun-nasional.com – Ginjal merupakan salah satu bagian organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Yakni, membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh, serta membantu menghilangkan asam untuk menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral.

Apabila tidak ada keseimbangan tersebut, maka saraf, otot, dan jaringan lain dalam tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Alhasil, hal tersebut dapat dikatakan sebagai gagal ginjal.

Berbagai kebiasaan sehari-hari yang dianggap sepele, ternyata dapat merusak ginjal. Dilansir dari National Kidney Foundation, berikut beberapa kebiasaan sederhana yang ternyata bisa merusak ginjal secara perlahan. Apa saja, simak yuk!

1. Kurang Minum Air Mineral

Kurang minum air mineral dapat membuat seseorang menjadi dehidrasi. Apabila tubuh dehidrasi maka natrium dan racun dalam tubuh tidak bisa dibersihkan oleh ginjal.

Karena hal ini, minumlah air mineral dengan cukup, setidaknya 1,5 liter hingga 2 liter dalam sehari agar kamu terhindar dari penyakit batu ginjal. Namun, apabila kamu telah memiliki permasalahan penyakit ginjal kamu harus membatasi asupan cairan yang kamu konsumsi.

2. Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Olahan

Siapa nih yang suka makan bakso, sosis, nugget atau lainnya? Pastinya kamu suka banget kan sama makanan tersebut?

Nah, namun ada baiknya untuk kamu mengurangi atau menghindari makanan olahan tersebut. Hal ini dikarenakan, makanan olahan memiliki kandungan tinggi fosfor yang berbahaya untuk ginjal dan tulang.

Cobalah untuk perlahan menguranginya agar kesehatan ginjal tetap terjaga. Lebih baik, kamu rajin makan-makanan bergizi seperti tinggi serat, tinggi protein, dan mineral yang baik untuk kesehatan.

3. Terlalu Banyak Makan dan Minum yang Manis

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis ternyata nggak baik lho, bagi tubuh. Apalagi mengonsumsi gula terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, yang mana penyakit tersebut merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula juga dapat memicu obesitas. Jika memang kamu sangat ingin mengonsumsi makanan manis, ada baiknya untuk mengonsumsinya dengan jumlah yang wajar atau tidak terlalu berlebihan ya!

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Daging

Makan daging memang enak, tapi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan hal ini dapat merusak ginjal kamu lho! Pasalnya, mengonsumsi makan protein hewani dapat meningkatkan produksi asam di dalam darah, yang mana tingginya kadar asam dalam darah dapat memicu terjadinya asidosis atau kondisi ketika kadar asam dalam darah tinggi dan tidak bisa dinetralisir oleh ginjal.

Usahakan untuk mengonsumsi daging secukupnya dan tidak berlebihan. Kamu juga harus menyeimbangkan pola makan sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah.

5. Minum Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit ginjal kronis dua kali lipat. Bagi peminum berat yang juga merokok, maka risikonya jauh lebih tinggi sekitar lima kali lipat.

Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari minuman beralkohol dan perlahan kamu bisa menggantinya dengan minuman lain yang lebih sehat, seperti jus atau minuman herbal. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan mineral setiap harinya ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!