3 Alasan Hujan di Hari Imlek, Salah Satunya Dianggap Membawa Keberuntungan

3 Alasan Hujan di Hari Imlek, Salah Satunya Dianggap Membawa Keberuntungan

tribun-nasional.com – Tahun Baru Imlek 2023 akan diperingati pada tanggal 22 Januari 2023 yang merupakan tahun shio kelinci. Tahun Baru Imlek merupakan salah satu perayaan terpenting orang Tionghoa .Perayaan Imlek pun dimulai pada hari pertama bulan pertama Hanzi di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh yang bertepatan pada tanggal ke-15.Satu hari sebelum atau saat Imlek , bagi warga Indonesia keturunan Tionghoa , adalah suatu keharusan untuk melaksanakan pemujaan kepada leluhur, seperti dalam upacara kematian, memelihara meja abu atau lingwei (lembar papan kayu bertuliskan nama mendiang leluhur), dan bersembahyang leluhur seperti yang dilakukan pada hari Ceng Beng (hari khusus untuk berziarah dan membersihkan kuburan leluhur).Tahun Baru Imlek identik dengan warna merah, angpao, barongsai, hingga kue keranjang. Imlek juga dikenal dengan cuaca yang selalu hujan setiap perayaannya.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ), Tahun Baru Imlek selalu jatuh antara akhir Januari hingga awal Februari. Bulan-bulan ini bertepatan dengan puncak musim hujan dan curah hujan yang tinggi.

Di sisi lain, Imlek terjadi karena perhitungan hari dalam Imlek didasarkan pada fase bulan mengelilingi bumi dengan bumi mengelilingi matahari. Namun, hujan yang turun saat Imlek tidak membuat masyarakat Tionghoa merasa terhambat dalam merayakan hari besar tersebut.

Orang China percaya bahwa hujan adalah simbol keberuntungan . Menurut para ahli Feng Shui, hujan berarti Dewi Kwan Im sedang menyirami bunga Mei Hwa yang dapat diartikan sebagai berkah dari langit.Mereka percaya bahwa bunga Mei Hwa adalah bunga yang ditanam oleh Dewi Kwan Im menjelang Tahun Baru Imlek . Di sisi lain, hujan identik dengan simbol keberuntungan yang merupakan sejarah suku Tionghoa yang sebagian besar berprofesi sebagai petani.Biasanya akan ada ritual yang menentukan apakah saat Imlek akan turun hujan atau tidak. Ritualnya yakni dengan memakan makanan seperti onde-onde.Jika saat itu tidak hujan , maka diprediksi tidak akan turun hujan saat Tahun Baru Imlek . Biasanya hujan baru akan turun pada malam Tahun Baru Imlek atau hari selanjutnya.***

error: Content is protected !!