Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Akhir 2024, ke IKN hanya 30 Menit - Arenafakta

Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Akhir 2024, ke IKN hanya 30 Menit

Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Akhir 2024, ke IKN hanya 30 Menit

tribun-nasional.com – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara ( IKN ) Bambang Susantono meninjau pembangunan jalan tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023).

Di sana, jokowi mengatakan, nantinya infrastruktur jalan tol yang akan terhubung Balikpapan-Samarinda ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya 30 menit.

“Ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti IKN yang jaraknya kurang lebih 50-an kilometer (km) dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan sudah berjalan di lapangan, kita bisa lihat. Kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan IKN,” kata dia dikutip dari siaran pers Kementerian PUPR.

Saat ini, jalan Tol IKN tersebut sudah dibangun tiga segmen, yakni segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km yang rampung akhir 2024.

“Jalan tol ini InshaAllah akan diselesaikan pada akhir 2024,” ucap Presiden.

Jokowi minta pembangunan tol perhatikan dampak lingkungan

Terpenting, kata Kepala Negara, pembangunan jalan tol itu tetap harus memperhatikan dampak lingkungannya. Karena konsep IKN adalah menjadi sebagai kota pintar (smart city) yang ramah lingkungan.

“Yang paling penting yang selalu saya ingatkan untuk yang di lapangan adalah berkaitan dengan lingkungan, karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan. Sehingga sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan. Kalau ada yang berkaitan dengan lingkungan tidak diperhatikan, saya pastikan akan saya tegur,” pesan Jokowi.

Pekerjaan IKN bukan hanya teknik tapi juga art works

Terkait dengan isu lingkungan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan kepada para kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas agar tetap memperhatikan aspek lingkungan dalam seluruh tahapan proses pembangunan IKN.

“Pekerjaan IKN ini bukan hanya pekerjaan teknik (civil works), tapi juga art works. Jangan sembarangan memotong pohon, karena waktu pekerjaannya pendek. Lahan yang terbuka dan tidak tersentuh konstruksi lagi harus segera ditanami kembali,” ucap Basuki.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan, untuk kelanjutan pembangunan jalan Tol IKN yakni seksi 1, seksi 5B dan seksi 6 akan dilakukan lelang pekerjaan pada tahun ini.

“Kita harapkan selesai juga di 2024, untuk seksi 2 adalah bagian dari Tol Balsam. Untuk di seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan. Terowongan itu akan dibuat pracetak di luar dan tinggal instalasi saja sehingga waktu konstruksi di lokasinya akan minimum. Di seksi 4 juga disediakan dua lintasan untuk satwa, jadi ada semacam terowongan pendek,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.