Sri Mulyani Masuk Daftar Forbes 50 Forbes Over 50 Asia 2023, Jadi Wanita Menginspirasi

Sri Mulyani Masuk Daftar Forbes 50 Forbes Over 50 Asia 2023, Jadi Wanita Menginspirasi

tribun-nasional.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar 50 Over 50: Asia 2023 yang dirilis oleh Forbes.

Daftar ini berisikan para wanita berusia di atas 50 tahun dari kawasan Asia-Pasifik yang memiliki pencapaian tinggi di bidangnya dan menginspirasi generasi berikutnya.

Mengutip Forbes, Rabu (18/1/2023), Sri Mulyani masuk dalam daftar tersebut karena pencapaiannya sebagai pengelola keuangan negara. Ia menjabat sebagai menteri keuangan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2016, saat berusia 54 tahun.

Dia dikenal di dunia internasional karena mempromosikan kesetaraan gender dan antikorupsi.

Sri Mulyani juga pernah menjabat sebagai menteri keuangan selama 2005-2010 di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bamang Yudhoyono (SBY), yang sekaligus menjadi jabatan pertamanya sebagai menteri keuangan.

Pada saat itu, perannya sebagai bendahara negara telah mendorong devisa Indonesia mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar 50 miliar dollar AS, dan rasio utang pemerintah turun menjadi 30 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Selain itu, Sri Mulyani melakukan reformasi yang membuat posisi Indonesia menjadi salah satu dari tiga negara berkembang yang memiliki pemulihan ekonomi tercepat dengan tumbuh 4,5 persen pada 2009, setelah menghadapi tekanan krisis ekonomi global di 2008.

Sebelumnya, Forbes juga menempatkan Sri Mulyani ke dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia pada tahun 2022. Dalam Tops Forbes’ 19th Annual Ranking of the World’s Most Powerful Women, Sri Mulyani berada di peringkat ke-47, naik dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat ke-66.

Para wanita berpengaruh yang masuk dalam daftar itu adalah yang mampu membuat pembangunan, disruptor, dan inovator di sektornya masing-masing, mulai dari pemerintahan, korporat, hingga dunia kreatif. Mereka juga memiliki pandangan yang modern dan visioner.

Forbes menyoroti kiprah Sri Mulyani yang pernah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia, sebelum akhirnya ia kembali berperan menjadi Menteri Keuangan Indonesia pada 2016.

Pada 2018, Sri Mulyani juga pernah tercatat menerima penghargaan bergengsi sebagai “Menteri Terbaik di Dunia” dalam World Government Summit atas usahanya melaksanakan reformasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!