Shopee Hadirkan Inovasi dan Keterampilan Digital UMKM Sepanjang 2022

Shopee Hadirkan Inovasi dan Keterampilan Digital UMKM Sepanjang 2022

tribun-nasional.com – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia mencapai 146 miliar dollar AS pada 2022 atau tumbuh 20 persen dari tahun sebelumnya. Adapun sektor

Hal itu tak mengherankan, mengingat e-commerce banyak melahirkan inovasi yang membantu pergerakan ekonomi nasional di tengah berbagai tantangan sepanjang 2022.

, misalnya, yang membawa lebih banyak usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) lokal untuk memiliki daya saing global melalui Program Ekspor Shopee . Melalui program ini, jutaan produk UMKM berhasil diekspor ke berbagai region, seperti Amerika Latin dan Asia Timur.

Selain itu, Shopee juga aktif berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menggerakkan perekonomian digital Indonesia.

Sebagai contoh, Shopee dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersinergi membawa ribuan produk UMKM ke gelaran Java in Paris yang diadakan di Paris, Prancis sepanjang Juni 2022.

Melalui dua program tersebut, Shopee mendorong UMKM lokal untuk mewujudkan mimpi menembus pasar global di tengah ancaman resesi.

Meningkatkan keterampilan digital

Meski memiliki potensi yang besar, masyarakat Indonesia masih memiliki keterampilan digital yang rendah. Berdasarkan data Indeks Literasi Digital Indonesia pada 2021, keterampilan digital masyarakat Indonesia hanya 3,49 dari skor maksimum 5,00.

Di sisi lain, UMKM Indonesia yang sudah mengikuti digitalisasi hanya sekitar 30,4 persen atau 19,5 juta. Rendahnya literasi digital ini merupakan tantangan bagi Indonesia untuk menuju ekonomi digital terbesar di ASEAN.

Merespons hal tersebut, Shopee turut berupaya meningkatkan literasi digital di Indonesia.

Pada Januari 2022, Shopee bekerja sama dengan Pemkot Jawa Barat (Jabar) menciptakan kurikulum bisnis digital untuk 26.000 siswa dan siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) di seluruh Jabar.

Shopee juga telah membangun 6 Kampus UMKM Shopee di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali, sebagai wadah edukasi dan pelatihan gratis untuk para pegiat UMKM.

Untuk diketahui, Kampus UMKM Shopee merupakan fasilitas yang diberikan kepada setiap masyarakat yang memiliki ataupun ingin memulai bisnis online. Masyarakat bisa mendapatkan edukasi dan pelatihan bisnis digital serta pendampingan oleh trainer Shopee.

Kampus UMKM Shopee telah mengadakan sekitar 40 kelas setiap minggu atau 2.000 kelas sepanjang 2022. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kecakapan digital serta memperkuat fondasi UMKM sehingga berdampak positif terhadap perputaran ekonomi nasional.

Pemilik Gudang Barang Bandung Agus Ardian merupakan lulusan Kampus UMKM Shopee yang juga memiliki toko online di Shopee.

Ia mengaku dapat memperdalam pengetahuan bisnis digital dengan mengikuti program Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung.

Sebelumnya, dirinya kurang memahami cara berjualan online sehingga hanya menjangkau pasar di kampungnya dengan lokasi usaha yang kurang strategis.

“(Setelah) ikut pelatihan di Kampus Shopee, saya diajarkan cara memasarkan produk yang efektif dan cara foto produk yang baik agar pelanggan tertarik. Alhamdulillah, produk saya sekarang sudah sampai ke Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand,” ujar Agus kepada Kompas.com, Selasa (27/12/2022).

Shopee juga berinovasi dengan meluncurkan beberapa laman baru dalam aplikasinya yang semakin memanjakan para pengguna. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan visibilitas penjual di dalam aplikasi.

Contohnya, ada laman Shopee Pilih Lokal yang membantu produk lokal memiliki tempat sendiri sehingga dapat menarik perhatian pembeli. Melalui laman ini, para produsen lokal dapat berinovasi di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Sejak diluncurkan, jumlah pengunjung laman tersebut setara dengan 20 kali lipat wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Pemilik toko online Sapasara Collection Satria Aji Pamungkas mengatakan bahwa fitur Shopee paling sederhana dan mudah untuk dipahami. Ia juga merasa sangat terbantu dengan adanya laman Shopee Pilih Lokal.

“Adanya Shopee Pilih Lokal membantu pelanggan untuk menemukan produk saya dan UMKM lokal lain dengan lebih mudah,” tutur Satria.

Untuk mendukung ekonomi syariah, Shopee juga memperbarui laman Shopee Barokah sehingga hadir di bagian depan aplikasi.

Dengan langkah tersebut, pengguna lebih mudah mencari dan menemukan produk muslim lokal. Tercatat, lebih dari 50.000 pengguna juga mengecek jadwal salat melalui laman ini.

Itulah berbagai inovasi dan berbagai program yang dihadirkan Shopee untuk menambah kapasitas UMKM. Dengan begitu, mereka dapat bersaing di dalam dan luar negeri serta berkontribusi positif menciptakan ketangguhan masyarakat Indonesia.

Diperlukan juga kolaborasi pemerintah dan pihak swasta untuk memastikan perekonomian Indonesia terus bertumbuh di tengah berbagai tantangan saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.