Resmi! Orang Terkaya Inggris Jim Ratcliffe Ajukan Proses Pengambilalihan Manchester United!

Resmi! Orang Terkaya Inggris Jim Ratcliffe Ajukan Proses Pengambilalihan Manchester United!

tribun-nasional.com – Miliarder Inggris, Jim Ratcliffe telah mengumumkan dirinya sebagai pesaing untuk membeli Manchester United.

Melansir ESPN di Jakarta, Rabu (18/1/23) kepala perusahaan kimia INEOS yang juga orang terkaya Inggris dengan kekayaan dilaporkan sebesar £9,8 miliar (Rp182 triliun), telah mendaftarkan minat untuk membeli klub tersebut dari keluarga Glazer.

Ratcliffe adalah yang pertama mengumumkan niatnya untuk menjajaki kemungkinan mengakuisisi tim Liga Premier.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami telah secara resmi memasukkan diri ke dalam proses,” ujar seorang juru bicara mengatakan kepada ESPN.

Ratcliffe diperkirakan akan menghadapi persaingan dari Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Asia, meskipun pada tahap ini pihak yang berkepentingan hanya mendaftar untuk melakukan uji tuntas sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

Ratcliffe merupakan penggemar MU sejak kecil. Ia juga pernah mengajukan tawaran untuk membeli Chelsea tahun lalu, dan mengatakan pada Oktober bahwa dia telah bertemu Joel dan Avram Glazer tetapi mereka tidak ingin menjualnya.

“Manchester United adalah salah satu dari tiga klub teratas bersama Barcelona dan Real Madrid,” kata Ratcliffe kepada Financial Times di bulan Oktober.

Beberapa lagi telah bergabung dengan klub itu bersama Bayern Munich, Paris Saint-Germain dan Manchester City. Liverpool sedikit lebih dekat.

“Tapi Manchester United tidak bermain di liga tim lain saat ini dan belum melakukannya selama beberapa tahun sejak Sir Alex Ferguson mengundurkan diri [pada 2013]. Jadi mereka tidak bekerja di semua silinder, itulah poin saya tentang performa.”

The Glazers telah memiliki United sejak 2005 ketika mereka menyelesaikan pembelian dengan leverage dan menghadapi keresahan pendukung yang meluas selama 18 tahun terakhir.

Klub belum memenangkan trofi sejak 2017 dan terakhir memenangkan gelar Liga Premier pada 2013, tahun ketika Ferguson pensiun. Sekitar 10.000 penggemar bergabung dalam protes terhadap kepemilikan keluarga Glazer menjelang kemenangan 2-1 atas Liverpool pada Agustus.

Sumber mengatakan kepada ESPN bahwa keluarga Glazer ingin menaikkan biaya rekor dunia untuk tim olahraga dan yakin mereka dapat menarik tawaran lebih dari £6 miliar (Rp111 triliun).

£1 = Rp18.590

error: Content is protected !!