Pengusaha Hotel dan Restoran Khawatir Ibu Kota Pindah: Bagaimana Nasib Jakarta ke Depan?

Pengusaha Hotel dan Restoran Khawatir Ibu Kota Pindah: Bagaimana Nasib Jakarta ke Depan?

tribun-nasional.com – JAKARTA, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta khawatir pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim). Mereka khawatir dengan nasib hotel dan restoran di Jakarta ke depannya.

“Perpindahan IKN ke Kalimantan Timur ini sudah menjadi ketentuan undang-undang, tentu kita tidak dalam posisi untuk menolak itu tetapi yang menjadi pertanyaan kita bagaimana nasib Jakarta ke depannya sepeninggal tidak menjadi ibu kota? Nasib hotel dan restoran tentu akan sangat tergantung dari nasib di Jakarta,” kata Ketua BPD PHRI DKI Jakarta Sutrisno Iwantono dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (17/1/2023).

Dia mengatakan, kekhawatiran ini sangat dirasa semua anggota PHRI. Pasalnya, jika Presiden RI serta para menteri pindah ke IKN Kalimantan Timur maka akan diikuti oleh banyak perusahaan.

“Dan ini pasti akan ada dampaknya ke kita,” ujarnya.

Karena itu, dia mendesak pemerintah baik pusat maupun daerah untuk segera memikirkan dan merumuskan Jakarta mau dibawa ke mana. Ini agar para pengusaha memiliki kepastian dan bisa memikirkan proyeksi ke depan.

Sutrisno juga meminta agar PHRI dilibatkan saat pemerintah melakukan perumusan.

“Kita sangat berharap PHRI bersama dengan anggotanya hotel dan restoran bisa dilibatkan dalam diskusi untuk merumuskan hal itu supaya hotel dan restoran di Jakarta tetap bisa survive nantinya ketika ibu kota pindah,” ucapnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News