Parade di Chicago, 6 tewas dan 30 luka karena penembakan

Parade di Chicago, 6 tewas dan 30 luka karena penembakan

Parade di Chicago, 6 tewas dan 30 luka karena penembakan

Polisi menolak untuk segera mengidentifikasi Crimo sebagai tersangka tetapi mengatakan mengidentifikasi dia sebagai orang yang berkepentingan, membagikan namanya dan informasi lainnya kepada publik.

Juru bicara Satuan Tugas Kejahatan Utama Lake County Christopher Covelli mengatakan pada konferensi pers “beberapa korban meninggal” meninggal di tempat kejadian dan satu dibawa ke rumah sakit dan meninggal di sana. Polisi belum merilis rincian tentang para korban atau yang terluka.

Koroner Lake County Jennifer Banek mengatakan lima orang yang tewas dalam parade tersebut adalah orang dewasa, tetapi tidak memiliki informasi tentang korban keenam yang dibawa ke rumah sakit dan meninggal di sana. Salah satu dari mereka yang tewas adalah seorang warga negara Meksiko. Hal itu dikonfirmasi Direktur Meksiko untuk urusan Amerika Utar Roberto Velasco di Twitter, Senin. Dia mengatakan dua orang Meksiko lainnya terluka.

Pusat Kesehatan Universitas NorthShore menerima 26 pasien setelah serangan itu. Semua kecuali satu mengalami luka tembak, kata Direktur medis kesiapsiagaan darurat Brigham Temple. Usia mereka berkisar antara 8 hingga 85, dan Temple memperkirakan empat atau lima pasien adalah anak-anak.

Temple mengatakan, 19 dari mereka dirawat dan dipulangkan. Lainnya dipindahkan ke rumah sakit lain, sementara dua pasien, dalam kondisi stabil, tetap di rumah sakit Highland Park.

Penembak melepaskan tembakan sekitar pukul 10:15 waktu setempat, ketika pawai sudah berjalan sekitar tiga perempat.

Komandan Polisi Highland Park Chris O’Neill, komandan insiden di tempat kejadian, mengatakan, pria bersenjata itu tampaknya menggunakan “senapan bertenaga tinggi” untuk menembak dari tempat di atas sebuah gedung komersial di mana dia “sangat sulit dilihat.” Dia mengatakan senapan itu ditemukan di tempat kejadian. Polisi juga menemukan sebuah tangga yang menempel di gedung tersebut.

“Sangat acak, sangat disengaja dan hari yang sangat menyedihkan,” kata Covelli.

Presiden Joe Biden pada Senin mengatakan, dia dan ibu negara Jill Biden “terkejut dengan kekerasan senjata yang tidak masuk akal yang sekali lagi membawa kesedihan bagi komunitas Amerika pada Hari Kemerdekaan ini.” Dia mengatakan telah “mendorong penegak hukum Federal untuk membantu dalam pencarian mendesak untuk penembak, yang masih buron saat ini.”

Biden menandatangani RUU kekerasan senjata dengan cakupan terluas yang disahkan oleh Kongres dalam beberapa dasawarsa, sebuah kompromi yang sekaligus menunjukkan kemajuan dalam masalah yang sudah lama tidak terselesaikan dan perpecahan partisan yang mengakar yang terus berlanjut.

Polisi yakin hanya ada satu penembak tetapi memperingatkan bahwa dia masih harus dianggap bersenjata dan berbahaya. Beberapa kota terdekat membatalkan acara termasuk parade dan kembang api. Ini karena beberapa di antaranya mencatat bahwa penembak Highland Park masih buron. Evanston, Deerfield, Skokie, Waukegan dan Glencoe membatalkan acara. Chicago White Sox juga mengumumkan di Twitter bahwa pertunjukan kembang api pascapertandingan yang direncanakan dibatalkan karena penembakan itu.

Lebih dari 100 petugas penegak hukum dipanggil ke lokasi parade atau dikirim untuk menemukan tersangka penembak.

Lebih dari selusin petugas polisi pada Senin malam mengepung sebuah rumah yang terdaftar sebagai alamat Crimo di Highland Park. Beberapa petugas memegang senapan, sebuah truk lapis baja besar, bertanda “Kendaraan Penyelamat Polisi,” menempati tengah jalan dekat kediaman. Polisi memblokade jalan menuju rumah di lingkungan yang ditumbuhi pepohonan di dekat lapangan golf, hanya mengizinkan mobil penegak hukum tertentu melewati batas luar yang ketat.

Highland Park adalah komunitas erat sekitar 30.000 orang yang terletak di tepi Danau Michigan di utara Chicago, dengan rumah-rumah mewah dan perkebunan tepi danau yang luas yang telah lama menarik orang kaya dan terkadang terkenal, termasuk legenda NBA Michael Jordan, yang tinggal di kota selama bertahun-tahun ketika ia bermain untuk Chicago Bulls. John Hughes memfilmkan bagian dari beberapa film di kota, termasuk “Ferris Bueller’s Day Off,” “Sixteen Candles” dan “Weird Science.”

Pritzker, seorang politikus Demokrat, menjanjikan dukungan bagi masyarakat serta membawa pria bersenjata itu ke pengadilan.

“Tidak ada kata-kata untuk jenis kejahatan yang muncul di perayaan kebebasan publik, bersembunyi di atap dan menembak orang tak bersalah dengan senapan serbu,” kata Pritzker.

Debbie Glickman, seorang warga Highland Park, mengatakan dia berada di kendaraan hias parade dengan rekan kerja dan kelompok itu sedang bersiap untuk berbelok ke rute utama ketika dia melihat orang-orang berlarian dari daerah itu.

“Orang-orang mulai berkata: ‘Ada penembak, ada penembak, ada penembak,'” kata Glickman kepada AP. “Jadi kita lari saja. Kami baru saja berlari. Ini seperti kekacauan massal di sana.”

Dia tidak mendengar suara apa pun atau melihat siapa pun yang tampak terluka.

“Aku sangat ketakutan,” katanya. “Ini sangat menyedihkan.”

Sumber : Associated Press


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan