Panen Gunakan Alsintan, Petani di Rembang Untung Rp 19,5 Juta per Hektar

Panen Gunakan Alsintan, Petani di Rembang Untung Rp 19,5 Juta per Hektar

tribun-nasional.com

KOMPAS.com – Kelompok Tani (Poktan) Nanggala di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kaliori, Rembang, Jawa Tengah mendapatkan hasil panen yang menggembirakan karena menggunakan alat mesin pertanian ( alsintan ).

Ketua Kelompok Tani Nanggala, Suwarno mengatakan, hasil ini didapatkan dari analisa usaha tani antara pengolahan tanah menggunakan sistem manual dibandingkan sistem mekanisasi, memakai alsintan.

“Hasilnya pengolahan memakai alsintan lebih besar keuntungannya. Pekerjaannya juga jauh lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak tenaga kerja,” ujar Suwarno dalam siaran persnya, Rabu (22/2/2023)

Dalam perhitungan analisa usaha tani, total pendapatan yang didapat dari panen padi sistem manual adalah Rp 36,9 juta lebih. Hal ini diperoleh dari hasil gabah yang diperoleh sebanyak 7,1 ton dikali harga gabah Rp 5.200 per kilogram (kg).

Dengan biaya pengolahan tanah Rp 17,3 juta lebih, untung yang didapat petani sebesar Rp 19,5 juta lebih per hektar (ha).

Sementara itu, dengan pengolahan lahan menggunakan mekanisasi mulai penggunaan traktor sampai mesin panen, petani mendapatkan keuntungan lebih banyak, yakni Rp 25 juta lebih per ha.

“Di masa tanam pertama 2022-2023 ini ada perbedaan yang signifikan antara sistem manual dengan sistem mekanisasi menggunakan alsintan. Kami ada keuntungan yang manual Rp 19 juta sekian, yang pakai alat Rp 25 juta sekian,” ungkapnya.

Mekanisasi pertanian mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, mekanisasi pertanian memang bertujuan untuk mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern. Dengan alsintan, proses pertanian bisa dilakukan dengan lebih cepat, efektif dan efisien.

“Dalam kondisi bagaimanapun, produksi pertanian harus terjamin. Tanggung jawab menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia merupakan spirit bagi keluarga besar Kementerian Pertanian dan semua pelaku pembangunan pertanian,” ujar Mentan SYL .

Menteri SYL menambahkan, penggunaan teknologi diharapkan mampu meningkatkan produksi padi pada tahun-tahun mendatang.

“Dengan teknologi, saya berharap tidak mendengar adanya penurunan produksi. Gunakanlah alat canggih yang ada supaya kita bisa ekspor. Kita harus serius dalam mengurus pertanian ini,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil mengatakan, usai panen raya, pihaknya akan terus mengupayakan ketersediaan air melalui jaringan irigasi yang optimal untuk petani.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan memaksimalkan penggunaan alsintan, seperti traktor roda dua dan roda empat untuk pengolahan tanah persiapan musim tanam selanjutnya.

“Proses panen harus terus berjalan. Dengan menggunakan alsintan, maka tidak membutuhkan banyak tenaga kerja saat melaksanakan panen. Alsintan seperti traktor roda dua dan roda empat juga bisa dimaksimalkan untuk pengolahan tanah menjelang musim tanam selanjutnya,” ucapnya.

Ali Jamil menambahkan, petani bisa pula melakukan sewa pinjam alsintan yang dikelola Brigade Dinas, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di daerah masing-masing atau Taksi Alsintan.

“Dengan menggunakan alsintan, petani akan lebih hemat dan lebih cepat dalam proses, olah lahan, menanam juga panen,” katanya.

Keuntungan lain penggunaan alsintan, kata dia, adalah dapat mengurangi penyusutan hasil panen (losses) hingga sebesar 10 persen dan meningkatkan nilai tambah. Bahkan, penanaman padi yang dahulunya hanya satu kali setahun, kini bisa tiga kali karena proses pengolahan, tanam dan panen yang lebih cepat.

“Produksi yang dicapai petani lebih tinggi, pendapatan petani pun ikut naik,” tambahnya.

Hal yang sama juga terjadi pada penggunakan rice transplanter, yakni mesin penanam padi yang digunakan pada areal tanah sawah kondisi siap tanam.

Alat ini dapat menanam bibit padi dari hasil semaian dengan menggunakan tray. Adapun bibit yang bisa ditanam adalah yang berumur sekitar 15 hari dengan ketinggian tertentu.

“Mesin tanam ini dirancang agar dapat beroperasi pada lahan berlumpur (puddle) dengan kedalaman kurang dari 40 sentimeter (cm). Oleh karena itu, mesin ini dirancang ringan dan dilengkapi dengan alat pengapung,” jelas Ali Jamil.

Selain itu, lanjut Ali, rice transplanter juga bisa menanam bibit padi dengan jumlah serta kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang lebih seragam. Hal ini bisa dilakukan dalam waktu yang cepat.

Panen mandiri dengan alsintan lebih menguntungkan di cuaca ekstrem

Direktur Alat Dan Mesin Pertanian Ditjen PSP, Muhammad Hatta menambahkan, panen secara mandiri dengan alsintan akan membuat pendapatan yang diterima petani menjadi optimal di tengah cuaca ekstrem yang masih membayangi.

“Menghadapi musim panen ini petani sebaiknya bisa lakukan panen secara mandiri dengan alsintan. Jangan sampai membiarkan padi yang sudah waktunya dipanen tidak dilakukan proses pemanenan karena alasan tidak mendapat buruh panen saat ini,” tutur Muhammad Hatta.

Ia mengatakan, kesulitan mendapatkan buruh panen memang menjadi permasalahan klasik yang selalu dihadapi petani setiap musim panen. Apalagi buruh panen sebagian besar berasal dari luar daerah.

Untuk itu, kata dia, panen secara mandiri akan membuat pendapatan yang diterima petani lebih besar karena tidak dipotong ongkos buruh.

Tidak hanya itu, kualitas panen gabah yang dihasilkan akan optimal. Hal ini karena waktu panen yang tepat karena tidak menunggu giliran untuk mendapatkan buruh panen.

“Panen mandiri sebenarnya sangat memungkinkan dilakukan, terlebih dengan banyaknya bantuan alsintan yang sudah disalurkan ke petani untuk mempermudah proses panen. Selain dari bantuan, petani juga bisa menyewa ke UPJA atau Taksi Alsintan,” ujar Muhammad Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.