Keuntungan Bisnis Affiliate Marketing

Keuntungan Bisnis Affiliate Marketing

tribun-nasional.com – Affiliate marketing adalah salah satu cara berbisnis untuk mendapatkan uang secara online. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, bahwa seorang yang berbisnis affiliate marketing ini harus bekerjasama dengan merchant pemilik produk yang akan dipasarkan tersebut. Dan affiliator (seseorang yang berbisnis affiliate marketing) akan mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi di link referral affiliator tersebut.

Saat ini, bisnis affiliate marketing ini sangat menjamur karena diketahui sangat menguntungkan. Menguntungkan bagaimana? Berikut adalah penjelasan dari beberapa keuntungan dari bisnis affiliate marketing.

Yang pertama, tentunya adalah affiliate marketing ini adalah salah satu dari sedikit bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal. Dengan melakukan bisnis ini, kita tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Kita hanya perlu mempromosikan produk yang akan dipasarkan dengan mencantumkan link referral di sosial media atau website kita sendiri. Yang diperlukan untuk menjalankan bisnis affiliate marketing ini adalah handphone dan koneksi internet saja.

Sedikit tentang bagaimana menjadi seorang affiliate marketing adalah kita bisa melakukan pendaftaran di platform e-commerce yang menawarkan program affiliate marketing. Setelah mendaftar, silahkan menunggu beberapa hari kerja untuk prosesnya, dan kemudian ta-da! Jadi lah account affiliate marketing kita. Sangat mudah bukan untuk memulainya. Saking gampangnya, bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang digandrungi semua orang karena pendaftarannya yang tidak njelimet dan tidak memerlukan modal awal usaha.

Keuntungan yang kedua adalah, bebas dari resiko kerugian. Dengan menjalani bisnis affiliate marketing, kita tidak perlu takut dan khawatir tentang kerugian. Lho, kok bisa? Karena tidak ada modal usaha yang kita keluarkan, maka tentu saja faktor kerugian itu tidak ada. Kita hanya akan mendapatkan komisi dari transaksi yang dilakukan melalui link referral kita tersebut tanpa kita harus membayar apapun. Yang perlu kita perhatikan dengan bisnis ini adalah bagaimana caranya untuk memasarkan produk agar bisa menarik customer dan meningkatkan traffic dan juga transaksi di link referral kita tersebut.

Ketiga adalah waktu yang fleksibel. Bisnis affiliate marketing ini sangat fleksibel sekali, karena bisa dilakukan kapan saja, dimana saja sehingga kita tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama kita untuk bisa menjalankan bisnis ini. Enak ya!

Keuntungan yang keempat adalah potensi pendapatan yang tinggi. Dengan meningkatnya traffic dan transaksi yang dilakukan di link referral kita, maka komisi kita pun juga akan semakin meningkat. Dipelukan strategi untuk meningkatkan traffic dan transaksi ini, yaitu bisa dengan konsisten post video atau foto produk di semua sosmed kita dan pastikan untuk mengenali targer customer kita dengan baik.

Misalnya, follower di sosmed kita banyak yang perempuan, maka mungkin bisa post produk yang disukai perempuan, contohnya kosmetik skin care, barang unik dan lucu atau baju dan tas. Bisa juga menargetkan follower lain, misalnya untuk yang laki-laki bisa ditarget dengan produk yang sesuai.

Selain kelima keuntungan tersebut di atas, affiliate marketing juga memiliki keuntungan bahwa dengan bisnis ini kita tidak terikat di satu jenis produk saja. Jadi, kita bisa memasarkan semua produk dari jenis dan kategori apapun yang kita mau. Sehingga hal ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Dengan ini, kita bisa mendapatkan target customer yang lebih luas lagi.

Dari keenam keuntungan tersebut di atas bisa kita ketahui bahwa affiliate marketing ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, mudah dan murah karena tidak memerlukan modal usaha awal dan pendaftaran yang mudah. Selain itu, affiliate marketing juga memberikan kebebasan waktu untuk melakukannya karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, potensi pendapatan yang bisa dihasilkan dengan affiliate marketing ini pun juga tinggi. Namun, untuk bisa mendapatkan pendapatan yang tinggi, tentunya kita memerlukan strategi untuk mempromosikan produk yang akan dipasarkan agar dapat meningkatkan trafik dan transaksi.

Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat 🙂

error: Content is protected !!