Kanwil DJPb-LKBN ANTARA bersinergi mengawal pembangunan di Kalteng - Arenafakta

Kanwil DJPb-LKBN ANTARA bersinergi mengawal pembangunan di Kalteng

Kanwil DJPb-LKBN ANTARA bersinergi mengawal pembangunan di Kalteng

tribun-nasional.com – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Kalimantan Tengah bersinergi bersama Perum LKBN ANTARA dalam mengawal pelaksanaan pembangunan di provinsi setempat.

“Salah satu implementasinya adalah dengan selalu menginformasikan kinerja fiskal dan berbagai capaiannya yang diharapkan kebermanfaatannya dirasakan masyarakat,” kata Kepala Kantor Wilayah DJPb Kalimantan Tengah, Hari Utomo di Palangka Raya, Rabu.

Kinerja fiskal dimaksud di antaranya berkaitan dengan APBN maupun APBD yang memiliki peran penting karena menjadi stimulus dalam pembangunan.

Dia mengatakan, dalam hal ini ANTARA memiliki peran strategis sebagai sarana penyampaian informasi terkait kinerja fiskal di daerah, untuk menjangkau berbagai pihak, mulai dari masyarakat hingga pemerintah, baik daerah maupun ke tingkat pusat.

“Harapan kami sinergi ini mulai kita jalin. Cakupan atau jangkauan ANTARA sangat luas baik daerah maupun nasional. Bersama-sama kita mengawal pelaksanaan pembangunan di Kalteng,” terangnya.

Untuk diketahui, Kanwil DJPb mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pembinaan, supervisi, asistensi, bimbingan teknis, dukungan teknis, monitoring, evaluasi, analisis, kajian, penyusunan laporan, dan pertanggungjawaban di bidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut diselenggarakan fungsi yang di antaranya, adalah penelaahan dan pengesahan atas revisi dokumen pelaksanaan anggaran, pelaksanaan bimbingan teknis clan supervisi atas pelaksanaan anggaran, penyusunan review belanja pemerintah (spending review) dan reviewpelaksanaan anggaran, hingga pembinaan teknis sistem akuntansi.

Selain itu juga pelaksanaan monitoring dan evaluasi dana transfer, pembinaan dan bimbingan teknis pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU), pembinaan dan monitoring atas investasi pemerintah, pelaksanaan dukungan penyelenggaraan sertifikasi bendahara, serta fungsi lainnya.

Sementara itu Kepala Biro Kantor Berita ANTARA Kalteng Ulul Maskuriah mengatakan, pihaknya siap bersinergi bersama Kanwil DJPb Kalteng dalam menginformasikan kinerja fiskal maupun berbagai hal lainnya untuk mendukung jalannya pembangunan.

“Bersama-sama kita mengawal pembangunan di Kalimantan Tengah, sehingga dapat memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi masyarakat,” ucapnya.