Kami akan bangun kembali, jurnalis wanita Ukraina melihat masa depan

Kami akan bangun kembali, jurnalis wanita Ukraina melihat masa depan

Kami akan bangun kembali, jurnalis wanita Ukraina melihat masa depan

Luba Kassova mengeksplorasi tekad dan optimisme jurnalis wanita Ukraina dalam perang paling mematikan bagi wartawan. Berdasarkan wawancara dengan Nataliya Gumenyuk: seorang jurnalis Ukraina yang berspesialisasi dalam urusan luar negeri dan liputan konflik yang menulis untuk Guardian, The Washington Post, The New York Times, dan publikasi berita internasional lainnya dan pendiri Public Interest Journalism Lab; Angelina Kariakina: kepala berita di perusahaan penyiaran publik Suspilne Ukraina; dan Iryna Slavinska: produser eksekutif dan presenter Radio Culture di Suspilne.

Terlepas dari pemberdayaan yang datang dengan meliput kebenaran, betapapun brutalnya, kepada dunia, ini adalah kemauan bagi jurnalis Ukraina untuk menghindari rasa ketidakberdayaan dalam menghadapi gambaran strategis negara mereka secara keseluruhan.

Kesadaran bahwa, dalam kata-kata Gumenyuk, “apa pun yang Anda lakukan, Anda masih tidak dapat benar-benar menghentikan beberapa hal mengerikan yang sedang terjadi” sulit ditanggung. Kariakina menggemakan sentimen serupa: “Di satu sisi saya merasa bahwa semua keputusan saya adalah keputusan hidup yang saya kendalikan. Tapi di sisi lain, ini paradoks: Saya menyadari bahwa saya tidak bisa mengendalikan apa pun jika ada serangan udara. Tidak ada keputusan yang benar-benar penting.”

Kekuatan tujuan, kasih sayang, dan rutinitas

Namun demikian, bagi ketiga jurnalis itu menjadi pekerjaan mereka yang memberi mereka tujuan dan keteguhan stabilitas, yang merupakan sumber ketahanan mereka yang mendalam. Gumenyuk kagum dengan belas kasih luar biasa yang dia saksikan pada orang-orang di lapangan. Itu membuatnya semakin bertekad untuk menceritakan kisah tragis mereka: “Bagian terpenting adalah inspirasi yang saya dapatkan dari orang biasa. Mereka berada dalam situasi yang jauh lebih buruk daripada saya, namun sangat manusiawi. Mereka memiliki begitu banyak belas kasih, bahkan untuk tentara Rusia. Jadi itu memberi saya keseimbangan mental. Tetapi untuk itu Anda harus berada di lapangan, bukan di depan komputer Anda. Tidak ada kisah Facebook yang akan menginspirasi Anda seperti orang sungguhan di lapangan. Inilah yang paling membantu saya.”

“Strategi pengendalian utama saya adalah pekerjaan saya. Saya tahu banyak rekan saya menghadapi hal yang sama,” jelas Slavinska, menjelaskan pekerjaannya sebagai presenter radio. “Orang-orang mendengarkan kami bahkan selama serangan udara, jadi Anda perlu mendapatkan nada suara yang tepat – tidak terlalu ringan, tidak terlalu dramatis. Saya fokus untuk terdengar tenang.” Rutinitas juga sangat penting baginya: berada di ruang redaksi dan studio, berbicara dengan rekan-rekannya, minum kopi – dan hal-hal kecil lainnya membantu kesehatan mental.

Peran optimisme

Bepergian dengan koresponden perang asing, Gumenyuk terkejut menemukan bahwa dia dan rekan Ukrainanya jelas lebih optimis tentang hasil perang daripada rekan asingnya. “Ketika kami berbicara dengan orang asing, orang Ukraina akan menjadi satu-satunya orang yang optimis dalam kelompok itu,” katanya. Dia sadar bahwa menjadi optimis adalah takdir orang Ukraina: “Menghibur diri bahwa segala sesuatunya akan berakhir buruk sama saja dengan memutuskan Anda harus menyerah sekarang.”

Gumenyuk dan rekan-rekannya ditopang dengan melihat kemenangan di mana orang lain melihat kekalahan. Di tengah reruntuhan Kharkiv, yang dia rasakan hanyalah tekad untuk membangunnya kembali: “Kami pikir… ‘kami akan membangunnya kembali dan itu akan menjadi lebih baik’ Mereka tidak akan menghentikan kami!”

Harapan tak berbentuk untuk masa depan

Komitmen meluap dari Kariakina dan Gumenyuk, lahir dari kesadaran bahwa membangun kembali Ukraina setelah perang akan membutuhkan banyak pekerjaan. Realisasi ini menyatukan harapan kedua jurnalis. Mereka bertekad untuk membangun kembali negara mereka pascaperang, berharap ini akan terjadi lebih cepat daripada nanti.

“Kami belum mengerti skala apa yang terjadi”, kata Gumenyuk. “Saya khawatir orang akan marah. Setiap perang adalah racun, itu menghancurkan masyarakat. Akan membutuhkan banyak upaya untuk memperbaiki kerusakan. ”

Kariakina tidak membuat rencana untuk masa depan, tetapi dia yakin bahwa dia ingin tinggal di Ukraina dan membangun kembali negara itu setelah perang. “Saya merasa hidup saya maju dengan cepat, dengan semua yang terjadi. Saya merasa bahwa ketika perang berakhir, saya tidak akan berusia tiga puluhan lagi, tetapi berusia lima puluhan atau enam puluhan,” katanya.

“Saya tidak tahu persis ke mana arah hidup saya, tetapi saya tahu pasti bahwa saya ingin tinggal di negara ini. Saya ingin membangunnya kembali dan bersama keluarga saya di sini. Saya hanya berharap untuk tidak kehilangan gairah hidup saya sebelum itu,” pungkasnya.(ijnet)


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan