InJourney: Wisatawan nusantara berperan sebagai pemerataan ekonomi

InJourney: Wisatawan nusantara berperan sebagai pemerataan ekonomi

tribun-nasional.com – Holding BUMN Pariwisata yakni PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengungkapkan wisatawan nusantara memiliki peran sebagai pemerataan ekonomi.

“Mengapa penting sekali wisatawan nusantara dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia? Wisatawan nusantara ini pada dasarnya berperan sebagai pemerataan ekonomi,” ujar Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam Indonesia Tourism Outlook 2023 di Jakarta, Rabu.

Dony menambahkan bahwa wisata dalam negeri itu adalah tempat yang ekonominya baik, biasanya terjadi transfer secara keuangan kepada daerah-daerah yang memiliki destinasi wisata.

“Kita mendorong terjadinya wisata dalam negeri,” kata DonyOskaria.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata atau InJourney ditugaskan untuk membangun ekosistem pariwisata dalam rangka mendukung turis domestik (lokal) bisa memiliki rencana perjalanan atau travel plan sebagaimana turis asing.

Menurut Erick Thohir, kegiatan ekonomi turis domestik menghasilkan nilai yang sangat besar, namun sayangnya turis domestik tidak memiliki rencana perjalanan dibandingkan turis asing ketika berwisata di suatu daerah.

Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung InJourney merupakan mega-ekosistem, mengingat InJourney bisa bergabung dengan ekosistem-ekosistem lain yang ada di BUMN, seperti perbankan.

Ia juga menambahkan dengan aplikasi super atau super apps yang namanya Livin, maka hal itu nantinya bisa terintegrasi satu dengan lainnya.

Dengan demikian pembentukan Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata akan difokuskan bagaimana kesempatan untuk membangun dan menciptakan potensi pariwisata domestik, dimana potensinya selama ini masih sangat besar tetapi kurang terintegrasi.

Tugas-tugas utama lainnya yang perlu dijalankan oleh Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata itu adalah mendatangkan devisa dan menciptakan lapangan pekerjaan.

error: Content is protected !!