Harga kebutuhan pokok di Kota Denpasar naik

Harga kebutuhan pokok di Kota Denpasar naik

tribun-nasional.comHarga beberapa kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Denpasar, Bali mengalami kenaikan di pekan keempat Februari ini.

Berdasarkan pantauan di dua pasar tradisional yakni Pasar Badung dan Pasar Kreneng, harga komoditas pangan seperti beras, minyak goreng, cabai rawit merah dan bawang putih mengalami kenaikan.

Untuk beras jenis medium naik menjadi Rp13.500 per kilogram dari harga Rp12 ribu per kilogram”, kata Ketut Murti, seorang pedagang sembako di Pasar Badung, Selasa.

Komoditas pangan lainnya yang mengalami kenaikan harga yakni cabai rawit merah.

Ini kan cabai rawit merahnya dari Jawa, sekarang harganya naik dari Rp60 ribu per kilo, sekarang naik jadi Rp75 ribu per kilonya, kita di sini cuma bisa ngikut harga saja,” kata Ketut Murti.

Bawang putih yang merupakan salah satu bahan pokok untuk bumbu dapur pun mengalami kenaikan harga dari Rp25 ribu perkilo gram menjadi Rp27 ribu per kilogram.

Ketut Murti menjelaskan bahwa beberapa komoditas pangan yang naik tersebut dikarenakan ketersediaannya mulai menipis.

Harga-harga sejumlah bahan pokok naik karena stoknya mulai sedikit” kata Ketut Murti

Untuk harga minyak goreng di Pasar Badung juga terus mengalami kenaikan dalam kurun waktu satu bulan terakhir, hingga saat ini untuk satu liter minyak kemasan dijual dengan harga Rp25 ribu dari yang sebelumnya hanya Rp21 ribu.

Sementara untuk komoditas pangan yang mengalami penurunan harga adalah bawang merah.

Bawang merah awalnya Rp45 ribu per kilogram, saat ini turun menjadi Rp30 ribu sampai Rp33 ribu per kilogram”, ungkap Ketut Murti.

Selain itu, harga daging ayam potong di Pasar Kreneng hingga saat ini terpantau belum mengalami kenaikan. Harga satu kilogram ayam potong di Pasar Kreneng dijual Rp35 ribu untuk per kilo gramnya

Sekarang belum naik, kadang-kadang ayam naik itu kalau puasa dan hari raya idul fitri itu pasti naik. Naiknya sampai Rp40 ribuan per kilonya, tapi meskipun naik yang beli tetap banyak,” kata Ketut Andriani, penjual daging ayam potong di Pasar Kreneng.

Putu Ria, salah seorang warga yang berbelanja di Pasar Badung mengatakan dirinya harus bisa berhemat dengan adanya kenaikan harga beberapa komoditas pangan.

Harga bumbu buat masak sekarang kan banyak yang naik, jadi saya hanya belanja yang diperlukan saja biar hemat,” kata Putu Ria.

Dikutip dari laman Website Sigapura.baliprov.go.id untuk Kota Denpasar periode 1-21 Februari 2023 terpantau cabai rawit merah naik 18,99 persen persen perkilo gramnya, beras jenis medium naik empat persen perkilo gramnya, daging ayam ras naik 2,13 persen per kilogramnya dan bawang putih stabil di harga Rp25 ribu perkilo gramnya.