Hadiri Grondbreaking KEK Morotai, Ini Harapan Sandiaga Uno

Hadiri Grondbreaking KEK Morotai, Ini Harapan Sandiaga Uno

tribun-nasional.com – MOROTAI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menghadiri groundbreaking atau peletakan Batu Pertama Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai, Jumat (25/11/2022).

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno menyampaikan harapan agar keberadaan KEK Morotai mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Sandiaga mengungkapkan, KEK Morotai memiliki keunggulan geo-strategis, historis, dan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang memesona.

KEK Morotai akan dilengkapi fasilitas bagi UMKM berupa ekonomi kreatif center dan juga Falila Loft Studio, yang nantinya akan menjadi unit apartemen. Hal ini sebagai upaya membangkitkan perekonomian dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya.

“Pengembangan ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi, menyejahterakan masyarakat, dan juga mengacu pada prinsip sustainable tourism, karena nanti mengembangkan industri ramah lingkungan dan bagian dari percepatan membuka 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 yang menjadi target kita, saya selalu berjuang untuk ini,” ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf juga mengapresiasi PT Jababeka Morotai yang telah mengembangkan KEK Morotai dengan inovasi teknologi panel surya terbaru dari Jepang.

“Saya berterima kasih juga dengan terobosan yaitu uji coba teknologi panel surya yang terbaru dari Jepang, jadi nanti kita bisa juga melebel ini sebagai green energy, green economy, atau green tourism. Ini adalah pelopor penggunaan energi bersih, energi baru, dan terbarukan,” kata Sandiaga Uno.

Sementara Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama mengatakan pihaknya menargetkan terciptanya 4.000 lapangan kerja dalam mengembangkan KEK Morotai.

“Terima kasih atas komitmennya Menparekraf yang telah hadir di KEK Indonesia, termasuk KEK Morotai. Kami mohon doa dan support-nya untuk mendukung Morotai. Kami percaya Morotai akan menjadi luar biasa,” kata Basuri.

Pj Bupati Pulau Morotai, Umar Ali, berterima kasih kepada pemerintah yang telah menjadikan Pulau Morotai menjadi KEK. Ia berharap KEK Morotai dapat berdampak pada terbukanya peluang pekerjaan seluas-luasnya.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat khususnya Presiden Jokowi yang menyatakan Morotai sebagai pusat ekonomi nasional. Kami percaya KEK ini akan dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dan Falila Square menjadi simbol investasi dan KEK di Morotai,” ujar Umar.

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno didampingi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Direktur Destinasi Wilayah Bagian Tengah dan Timur Harwan Eko Cahyo, serta Sekretaris Tim Akselerasi dan Monitoring Evaluasi Pengembangan KEK Pariwisata Azwir Malaon.

Editor : Jeanny Aipassa