Gas Jadi Modal Utama Transisi Energi, Penguatan K3 Migas Juga Penting

Gas Jadi Modal Utama Transisi Energi, Penguatan K3 Migas Juga Penting

tribun-nasional.com – Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji menyebutkan sektor minyak dan gas (migas) menjadi salah satu faktor penting dalam suksesnya percepatan transisi energi nasional.

Dia menjelaskan, arah kebijakan energi nasional telah menjadikan peran gas dalam transisi energi menjadi lebih penting. Faktor ini disebabkan oleh sifat dari gas yang memiliki operasional yang mudah namun memiliki faktor emisi yang jauh lebih rendah dari energi fosil.

“Kementerian ESDM memilih gas agar lebih dominan sebagai modal untuk tinggal landas menuju renewable energy. Dalam transisi energi ini, gas bumi menjadi modal untuk tinggal landas menuju energi terbarukan,” ujar Tutuka dalam Puncak Bulan K3 Nasional tahun 2023 di Kantor BBPMGB LEMIGAS yang disampaikan melalui siaran pers, Rabu (22/2/2023).

Kepala LEMIGAS Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Ariana Soemanto menyebut, studi pengembangan komoditas gas mutlak harus terus dilakukan. Maka dari itu, Badan Layanan Umum (BLU) LEMIGAS sebagai lembaga penelitian dan pengembangan pemerintahan memiliki peran penting dalam mengembangan komoditas gas menuju transisi energi.

“Peran gas sebagai energi transisi sangatlah penting. Kami telah banyak melakukan kajian, studi, dan pengujian di lapangan migas maupun laboratorium terkait dengan teknologi pemanfaatan gas guna mempercepat transisi energi nasional,” tutur Ariana.

Kegiatan pengujian dan studi yang dilakukan di LEMIGAS diupayakan untuk meningkatkan produksi gas dari lapangan migas. Hal tersebut sendiri ditempuh dengan merancang infrastruktur fasilitas produksi gas dan pemanfaatan gas untuk berbagai sektor, baik sektor rumah tangga, industri, transportasi maupun komersial.

Adapun kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membantu memberikan solusi kepada pemerintah dan sektor industri migas terkait dengan evaluasi mutu dari gas di hulu dan hilir migas. Termasuk melakukan reduksi emisi dengan pemanfaatan gas suar, penyelidikan kegagalan fasilitas produksi migas karena korosi serta pencegahannya dengan pengujian material dan inhibitor.

Tutuka menambahkan pentingnya penguatan dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) mengingat pengelolaan gas bumi lebih beresiko dibandingkan minyak bumi. Hal ini perlu dilakukan mengingat, pekerjaan di subsektor migas ke depannya juga lebih beresiko.

“Hal ini lantaran pengelolaan gas yang berbeda dibandingkan minyak, memerlukan penanganan-penanganan yang lebih tinggi resikonya. Oleh karena itu, penguatan di bidang K3 menjadi suatu keharusan,” tandas Tutuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.