FTX Sebut Kripto Senilai Rp6,3 Triliun Diretas

FTX Sebut Kripto Senilai Rp6,3 Triliun Diretas

tribun-nasional.com – NEW YORK, Perusahaan kripto yang telah bangkrut FTX menyatakan, kripto senilai 415 juta dolar AS atau sekitar Rp6,3 triliun diretas dari akun bursa. Jumlah ini mewakili porsi cukup besar dari aset teridentifikasi yang coba dipulihkan perusahaan.

Dalam presentasi berjudul Maximizing FTX Recoveries, pengacara dan penasihat debitor FTX memperbarui total aset likuid yang diidentifikasi untuk pemulihan. Dia mengatakan, nilainya mencapai 5,5 miliar dolar AS atau Rp83,5 triliun.

Angka itu termasuk transfer pihak ketiga yang tidak sah sebesar 323 juta dolar AS dari FTX.com (bisnis global) dan 90 juta dolar AS dari FTX AS. Perusahaan menyatakan, kripto lain dari hedge fund Alameda Ressearch senilai 2 juta dolar AS juga diretas atau dicuri.

Kripto yang hilang dapat dihubungkan ke peretasan sistem FTX yang terungkap tak lama setelah perusahaan itu runtuh pada November 2022 lalu. Menurut perusahaan analitik blockchain Elliptic, kripto yang dicuri saat itu bernilai 477 juta dolar AS.

FTX mengajukan kebangkrutan setelah gelombang penarikan melumpuhkan bursa kripto tersebut dan Alameda. Pendiri dan mantan CEO Sam Bankman-Fried didakwa oleh jaksa federal atas tuduhan penipuan dan pencucian uang pada Desember 2022.

Namun Bankman-Fried mengaku tidak bersalah atas dakwaan tersebut pada awal bulan ini. Dia dibebaskan dengan jaminan 250 juta dolar AS menjelang persidangannya, yang ditetapkan pada Oktober.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!