Erick Thohir: Bauksit Indonesia 90% ke China - Arenafakta

Erick Thohir: Bauksit Indonesia 90% ke China

Erick Thohir: Bauksit Indonesia 90% ke China

Erick Thohir: Bauksit Indonesia 90% ke China

tribun-nasional.com – Indonesia memiliki peran penting di dunia. Menteri BUMN Erick Thohir bahkan mengatakan jika ada kekacauan di Indonesia, dampaknya menjalar ke negara-negara lain.

“Sekarang apakah para negara sahabat seperti Singapura, Malaysia tidak mengharapkan keamanan untuk Indonesia? Kalau Indonesia chaos saya yakin regional chaos. Bukan nggak mungkin, negara-negara sahabat di Asia pun chaos,” kata Erick dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2023, Selasa (28/2/2023).

Erick kemudian menyebut, 90% bauksit Indonesia lari ke China. China, kata dia, merupakan produsen kaca penyerap panas nomor 1 di dunia.

“Kenapa, bauksit Indonesia 90% ke China. Nomor 1, memproduksi yang namanya kaca buat panas, menyerap panas itu China nomor 1,” ujarnya.

Selain itu, Erick juga menyebut kini Korea Selatan tengah investasi besar-besaran di mobil listrik.

“Sahabat-sahabat kita dari Korea sekarang lagi investasi besar-besaran mengenai apa, mobil listrik. Karena mereka bisa melihat ‘Oh mereka bisa lebih baik dari teman-teman yang lain’. Kan kompetisi,” jelas Erick.

Erick kemudian menyebut, Amerika Serikat (AS) juga memerlukan Indonesia.

“Itulah kenapa kita penting di sini. Tentu dari negara lain Amerika perlu kita juga. Kita negara non blok yang tidak punya alliance,” ujarnya.