Elon Musk Tolong Turunkan Ekspektasi, Ekonom Ini Bilang Tesla Tidak Akan Sesukses Apple!

Elon Musk Tolong Turunkan Ekspektasi, Ekonom Ini Bilang Tesla Tidak Akan Sesukses Apple!

tribun-nasional.com – Ekonom top dunia, Paul Krugman berujar bahwa Tesla tidak akan pernah menjadi “mesin keuntungan” seperti Apple dan Microsoft. Ini karena tidak ada ruang untuk membangun monopoli yang tak tertandingi dalam industri mobil.

Peraih Nobel itu mengatakan kendaraan Tesla tidak mungkin mendapat manfaat dari efek jaringan yang telah membantu produk seperti iPhone Apple dan PC Microsoft membangun pangsa pasar yang dominan. Efek jaringan mengacu pada saat orang mengambil produk karena mereka merasa bahwa orang lain mendapatkan manfaat eksklusif dari menggunakannya.

“Ini bukan jenis perusahaan di mana Anda dapat mengharapkan penggerak awal, seperti Tesla, untuk membangun posisi monopoli yang tak tertandingi,” kata Krugman kepada Yahoo Finance yang dikutip di Jakarta, Rabu (18/1/23).

“Tesla tidak akan menjadi Microsoft, bahkan jika semuanya berjalan sebagaimana mestinya. Itu tidak akan menjadi Apple,” tambahnya.

“Ini bukan eksternalitas jaringan, di mana pada dasarnya orang menggunakan sesuatu karena semua orang menggunakannya, dan sangat sulit untuk keluar darinya, sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi selama puluhan tahun.”

Harga saham Tesla telah anjlok 65% selama setahun terakhir. Kenaikan suku bunga telah membebani semua saham teknologi, tetapi beberapa pemegang saham Tesla mengatakan bahwa ‘lelucon’ CEO Elon Musk di sekitar Twitter juga memicu aksi jual.

Musk menutup pengambilalihan Twitter senilai USD44 miliar (Rp663 triliun), memberhentikan lebih dari separuh tenaga kerjanya, dan meminta para pendukungnya untuk memilih Partai Republik tahun lalu. Dia juga berulang kali menyuarakan dukungannya terhadap teori konspirasi sayap kanan, termasuk menyerukan penangkapan penasihat medis utama Presiden Joe Biden, Anthony Fauci.

Bill Miller juga telah membunyikan alarm atas pangsa pasar Tesla yang semakin berkurang. Investor nilai legendaris itu mengatakan dia mempersingkat perusahaan Musk minggu lalu, karena dia yakin perusahaan itu mulai kalah dari pembuat mobil besar lainnya yang beralih ke kendaraan listrik.

Krugman mengatakan bahwa perilaku Musk telah menunjukkan bahwa dia tidak seperti salah satu pendiri Apple dan mantan CEO Steve Jobs yang terkenal dengan disiplin dan fokusnya yang tinggi pada produk Apple.

“Jobs memiliki visi. Dan juga, izinkan saya mengatakan bahwa setidaknya pada titik tertentu, penting bahwa Steve Jobs dianggap sebagai pria yang sangat keren, sebagai pria berleher tinggi hitam dan jeans dengan perangkat luar biasa di tangannya, yang adalah sesuatu yang ingin dibeli orang, yang membantu membangun posisinya,” kata Krugman.

“Saya tidak berpikir bahkan jika Musk disiplin seperti Steve Jobs, bahwa Tesla akan menjadi mesin keuntungan berkelanjutan seperti Apple,” tambahnya. “Hanya saja, itu bukan salahnya. Ini bukan industri semacam itu.”

“Tapi kemudian, Anda tahu, saya tidak tahu siapa pun yang melakukan banyak hal untuk merusak citra kerennya dalam waktu sesingkat yang telah dilakukan Musk.”