Dukung Bisnis Berkelanjutan, DBS Foundation Beri Hibah Dana untuk UMKM

Dukung Bisnis Berkelanjutan, DBS Foundation Beri Hibah Dana untuk UMKM

tribun-nasional.com – Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation mengumumkan peraih dana hibah dari program hibah tahunan DBS Foundation Grant Programme 2022 (DBSF Grant).

Total dana hibah yang diberikan adalah sebanyak 3 juta dollar Singapura dan diberikan kepada 23 penerima yang berada di kawasan Asia.

VP Communication & CSR PT Bank DBS Indonesia Riany Agustina Warganegara mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari 15 wirausaha sosial (Social Enterprise/SE) dan 8 usaha kecil dan menengah (UKM/Small-and-Medium Enterprises/SME).

Adapun, dana hibah diberikan kepada pemenang dari enam negara, yaitu Singapura, Hong Kong, India, Taiwan dan Indonesia.

“Dari Indonesia, SukkhaCitta merupakan SE yang berhasil mewakili Indonesia untuk menerima dana hibah tahun ini,” ujar dia dalam konferensi pers, Rabu (18/1/2023).

Selain wirausaha sosial, untuk kali pertama, ia bilang program DBSF Grant memberikan dana hibah kepada UKM yang ingin memulai transformasi berkelanjutan.

Di sisi lain, para penerima dana hibah akan bergabung dengan komunitas global DBS Foundation yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 100 bisnis.

“Untuk memberi dampak di pasar utama tempat DBS beroperasi,” imbuh dia.

Riany menjabarkan, para pemenang dipilih setelah pengkajian ketat atas lebih dari 900 pelamar. Jumlah tersebut jadi yang tertinggi selama program ini diadakan.

“Mereka menonjol karena potensinya dan fokus pada percepatan inovasi, skalabilitas, dan dampak positif dari solusi unik dan inovatif dalam mengatasi tantangan sosial dan lingkungan,” ujar dia.

Adapun, berdasarkan data yang dimilikinya, secara keseluruhan sebanyak 23 penerima penghargaan ini berpotensi memberikan dampak positif.

Pemenang berpotensi memberikan mata pencaharian kepada lebih dari dua juta orang, mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 319 ton, memangkas lebih dari 132.000 ton limbah makanan, dan menyediakan 1.000 juta liter air bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!