Dirut Garuda Indonesia Beberkan Kendala untuk Capai Target Operasikan 120 Pesawat Tahun Ini - Arenafakta

Dirut Garuda Indonesia Beberkan Kendala untuk Capai Target Operasikan 120 Pesawat Tahun Ini

Dirut Garuda Indonesia Beberkan Kendala untuk Capai Target Operasikan 120 Pesawat Tahun Ini

tribun-nasional.com – JAKARTA, Maskapai pelat merah, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) masih dihadapkan pada tantangan dan kendala untuk dapat mengoperasikan 120 pesawat pada tahun ini. Adapun salah satu tantangan yaitu persaingan antara maskapai penerbangan global untuk memperoleh perbaikan mesin (engine) pesawat.

Target Garuda Indonesia untuk mengoperasikan 120 pesawat disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir. Armada tersebut diperlukan untuk menjangkau rute-rute domestik yang saat ini masih ditutup sekaligus menekan adanya kenaikan harga tiket pesawat.

“Salah satu kendala yang saat ini kita sedang bersaing dengan seluruh maskapai di dunia adalah slot untuk perbaikan untuk engine pesawat, kita terus menerus berkomunikasi dengan pihaknya untuk bisa memperoleh percepatan terhadap itu,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam konferensi pers, Kamis (20/10/2022).

Meski terkendala, Irfan optimistis dapat mengoperasikan jumlah pesawat berdasarkan instruksi pemegang saham mayoritas. Pihaknya pun terus melakukan monitoring

“Sampai saat ini masih punya keyakinan ini bisa kita capai di kisaran 120-an pesawat baik Garuda maupun Citilink. Namun demikian, dari waktu ke waktu kita terus memonitor slot daripada international karena ini membutuhkan tempat untuk bekerja,” ucapnya.

Dia mengaku bahwa Kementerian BUMN secara terus menerus menanyakan perkembangan daripada target pesawat yang harus dioperasikan tersebut.

“Kementerian BUMN secara continue juga terus menanyakan ke saya perkembangan dari restorasi-restorasi pesawat ini karena ternyata ini menjadi konsen juga dari Bapak Presiden terhadap keberadaan atau jumlah pesawat Garuda, Citilink yang dapat dioperasikan,” kata Irfan.

Editor : Aditya Pratama