Cara Mudah Mengatur Keuangan Ala Selebgram dan Beauty Vlogger

Cara Mudah Mengatur Keuangan Ala Selebgram dan Beauty Vlogger

tribun-nasional.com – Kehidupan selebgram dan beauty vlogger yang mewah sering membuat warganet bertanya-tanya bagaimana cara mereka mengatur keuangannya.

Penasaran ga sih bagaimana selebgram dan beauty vlogger mengatur keuangannya? Yuk simak jawabannya disini!

Rubrik Finansialku

Top 10 Selebgram dan Beauty Vlogger 2018

Apakah kamu pernah melihat selebgram dan beauty vlogger dengan kehidupan serba mewah dan glamour kemudian bermimpi jadi seperti mereka?

Tahun ini Forbes merilis Top Influencer Global List yang meliputi berbagai bidang. Mulai dari olahraga, komedi, gaming, travel, sampai kecantikan.

Salah seorang staff writer Forbes, mengatakan demikian:

“Bertahun-tahun kami sudah membuat peringkat untuk ‘artis tradisional’. Tapi tahun ini, kami memutuskan untuk mengapresiasi mereka yang berhasil meraih popularitas bahkan kekayaan lewat media sosial dan platform online lain.”

Nah, penasaran seperti apa listnya? Kali ini Finansialku akan merangkum 10 selebgram dan beauty vlogger papan atas, seperti berikut ini.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

#1 Zoe Sugg

Fashion dan beauty YouTuber asal Inggris ini memulai karier online-nya sejak Februari 2009.

Zoe merupakan seorang beauty blogger yang berhasil memiliki ribuan followers dan lebih dari 540 juta visitors hanya dalam jangka waktu setahun.

Akhirnya, dia melebarkan sayap untuk menjadi seorang YouTuber.

Lewat akun Zoella, cewek berusia 27 tahun ini berhasil mendapat lebih dari 11,6 juta subscribers melalui konten fashion dan beauty haul-nya.

Zoe juga menulis novel berjudul Girl Online yang berhasil memecahkan rekor penjualan dalam minggu pertama.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?]

#2 Michelle Phan

Michelle Phan memulai karir online sejak 2005, dan langsung dikenal sebagai makeup demonstratror sukses di YouTube.

[Baca Juga: Bisnis Tanpa Modal di Instagram Ini Menghasilkan Banyak Uang Lho!]

Lewat akunnya yang bernama Ricebunny, Michelle identik dengan konten makeup tutorial yang menarik.

Tidak hanya itu, Michelle juga melebarkan sayap sebagai entrepreneur. Dia merupakan co-founder sebuah produk kosmetik bernama Ipsy. Tercatat keuntungan produk itu mencapai US$500 juta (Rp7,5 triliun) pada 2015.

#3 Huda Kattan

Beauty vlogger yang satu ini juga tentunya sudah tidak asing lagi di telingamu bukan? Huda merupakan beauty blogger sekaligus entrepreneur asal Dubai yang memulai kariernya pada tahun 2010.

Bersama dua saudaranya, Huda mulai membuat konten blog berisi ‘‘pengawasan’’ terhadap beberapa brand makeup, termasuk brand milik Kim Kadarshian.

Blogger yang sering dibandingkan-bandingkan dengan Kim K ini juga punya makeup line bernama Huda Beauty yang sukses berat di pasaran.

[Baca Juga: 40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga]

#4 Nikkie de Jager

Nikkie de Jager merupakan beauty vlogger pemilik akun @nikkietutorials yang memiliki jutaan subscriber di YouTube. Ia merupakan seorang makeup artist asal Belanda yang melebarkan sayapnya ke ranah online.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik?]

Hal ini tidak lepas dari video makeup tutorial yang mulai diunggahnya sejak tahun 2008.

Setelah meraih kesuksesan pada channel YouTube-nya, Nikkie mulai berkolaborasi dengan line kosmetik profesional ternama seperti Ofra.

#5 Shannon Harris

Berasal dari New Zealand, Shannon layak disebut sebagai digital star. Channel miliknya dengan nama Shaaanxo sudah dimulai sejak tahun 2009 silam.

Namun siapa sangka aktivitas yang awalnya dilakukan Shannon untuk mengisi waktu ini menjadi sebuah kesuksesan besar.

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

Shannon kini bahkan sudah terjun ke bisnis kosmetik. Dia punya beauty brand bernama xoBeauty yang menjual produk bulu mata sampai kuas makeup.

Tidak tanggung-tanggung, Shannon juga bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Clinique dan Smashbox Cosmetic.

#6 Jeffree Star

Berbeda dengan kebanyakan online influencer yang baru sukses di media sosial belakangan ini, Jeffree justru sudah terkenal secara online sejak era MySpace.

Dengan strategi bisnisnya yang baik, Jeffree terus menikmati kesuksesannya sebagai beauty vlogger.

Saat ini, dia punya lebih dari 4 juta subscribers dan ia juga banyak melakukan kolaborasi dengan influencer lain seperti Manny Gutierrez dan Tati. Jeffree juga punya cosmetic line yang dikenal dengan liquid lipstick yang cruelty-free lho.

[Baca Juga: Kaya dengan Menjadi Artis YouTube (YouTubers)?]

#7 Kandee Johnson

Kandee masuk dalam Top 10 Influencer List karena pengaruhnya yang besar di dunia makeup artist.

Kandee memulai karir vlogging menggunakan kamera lawas milik kakeknya, namun berhasil mengubah hal tersebut menjadi sebuah kesuksesan yang luar biasa.

[Baca Juga: 3 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Google US$100 per Hari]

Kandee juga membuat sebuah program seminar kecantikan bernama Glaminars yang dia upload di channel YouTubenya.

Produk nail polish buatan Kandee yang bernama Sinful Colors juga jadi salah satu brand super populer yang dijual dimana-mana.

#8 Manny Gutierrez

Beauty vlogger yang juga tak kalah sukses dari partner kolaborasinya yakni Manny, atau lebih akrab dikenal dengan sebutan MannyMUA. Manny merupakan salah satu contoh nyata kalau industri kecantikan tidak memandang gender.

Meski dahulu Manny adalah siswa kedokteran, ternyata passion-nya adalah bidang makeup.

Oleh karena itulah, ia memilih untuk menjadi selebgram dan beauty vlogger. Dengan 3,5 juta followers di Instagram, Manny pun terpilih sebagai brand ambasador Maybelline.

[Baca Juga: For Fun! Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube?]

#9 Christen Dominique

Sebagai seorang ibu yang juga sekolah dan punya pekerjaan tetap, Christen merintis karier vlogging di YouTube sejak 2009. Tidak disangka, hal itu membuahkan kesuksesan.

[Baca Juga: Para Pebisnis, Berikut Ini Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial]

Dengan lebih dari 4 juta viewers, saat ini Christen banyak bekerja sama dengan brand-brand kosmetik ternama. Termasuk L’Oreal, Sephora, sampai Urban Decay.

#10 Wayne Goss

Salah satu male beauty influencer sukses di ranah kecantikan, Wayne Goss merupakan seorang makeup artist populer yang merambah ke YouTube sejak 2009.

Puncak kejayaannya dimulai pada 2012 saat dia membuat video tutorial How to Highlight and Contour Like Kim Kadarshian. Video ini berhasil ditonton sebanyak lebih dari 11 juta viewers dan membuat nama Wayne semakin populer.

Tidak ketinggalan, Wayne juga bekerja sama dengan brand Beautylish yang membuat berbagai produk brushes sejak tahun 2013.

[Baca Juga: Manfaat Penggunaan Media Sosial untuk Karier Anda]

Cara Mengatur Keuangan ala Selebgram dan Beauty Vlogger

Apakah kamu baru saja memulai vlogging pada channel YouTube? Tentunya kamu sudah memiliki rencana dalam mengembangkan channel tersebut dengan belajar dari situs atau channel yang memiliki banyak pengalaman.

Seperti kamu ketahui, menjadi selebgram dan beauty vlogger memang menghasilkan banyak uang. Tak jarang kedua profesi ini dijadikan mata pencaharian utama bagi mereka yang memang sukses di bidang tersebut.

Sebagai contohnya, Raditya Dika yang merupakan komika dan sudah beberapa kali muncul dalam Stand Up Comedy di televisi itu dikabarkan memiliki pendapatan tak kurang dari Rp37,7 juta per bulan dari konten YouTubenya.

Belum lagi Edho Pratama alias Edho Zell. Dengan dua channel YouTubenya, Edho Zell dan Edho Zell Days, pemuda ini bisa meraup Rp44.317.000 per bulannya. Luar biasa sekali bukan?

Nah, salah satu kunci utama dalam kesuksesan ini adalah bagaimana cara mengatur keuangannya. Jika keuangan tidak diatur, sebesar apapun pemasukanmu dari nge-vlog tidak akan bertahan.

Bagaimana cara para selebgram dan beauty vlogger ini mengatur keuangannya? Yuk simak tipsnya berikut ini.

[Baca Juga: Apa Kaitan antara Mengurus Keuangan Pribadi dan Keuangan Bisnis?]

#1 Menghasilkan Uang dari Vlog atau Instagram Post

Pertama-tama, kamu harus tahu bagaimana cara membuat channel vlog atau akun Instagram kamu populer.

Sebagai vlogger atau selebgram, kamu tidak menawarkan sebuah produk atau jasa. Tetapi tentunya kesuksesan seorang vlogger juga tidak terlepas dari unsur pemasaran.

Cara paling umum dalam menghasilkan uang dari channel YouTube yakni melalui pemasaran atau iklan. Penasaran bagaimana maksudnya?

Kamu harus tahu, dimanakah platform yang akan kamu tempati. Pada umumnya, selebgram atau beauty vlogger memanfaatkan 2 platform, yakni Instagram dan YouTube.

Melalui Instagram, kamu dapat melakukan review-review produk, sehingga lama kelamaan akan banyak subscriber yang menantikan hasil review kamu.

Jika sudah mencapai titik tersebut, maka tidak asing lagi jika kamu segera memperoleh banyak endorse.

Endorse disini artinya para produsen produk akan memberikan produknya kepadamu secara cuma-cuma, dan bahkan membayarmu untuk memberi review dari produk mereka.

Jika tidak, kamu juga bisa mencari sponsor endorse dengan beberapa langkah berikut ini:

    Mengidentifikasi viewers kamu.

    Menentukan apa yang menjadi kekuatanmu sehingga pihak sponsor tertarik.

    Lakukan penelitian atau riset untuk mencari beberapa sponsor yang relevan.

    Buatlah proposal sponsorship yang berkualitas dan tidak bertele-tele.

    Mulailah mengajukan proposal dan melakukan pendekatan terhadap pihak sponsor.

    Jika ditolak, jangan mudah menyerah dan teruslah mencoba dengan melakukan beberapa perubahan agar proposalmu semakin bagus dan mampu menarik minat sponsor.

Yang penting untuk diperhatikan disini adalah kamu tetap konsisten dan memberikan review jujur sehingga subscriber atau follower kamu tetap mempercayai kredibilitasmu.

Kedua, dalam YouTube terdapat program Google AdSense yang akan memudahkan kamu menghasilkan uang dari channel YouTube.

Google AdSense merupakan program gratis dengan menyisipkan iklan yang relevan dengan konten-mu. Karena di-desain untuk menargetkan viewers, maka cara ini dinilai efektif untuk menghasilkan uang dari konten yang kamu buat.

Pada dasarnya, cara kerjanya adalah setiap vlog menjadi sebuah space iklan bagi advertisers.

Space iklan dalam setiap video akan dilelang bagi para advertisers, dimana pemberi tawaran tertinggi akan memperoleh hak untuk menyiarkan iklannya pada video terkait.

Selanjutnya, setiap kali viewers mengklik iklan pada salah satu videomu, advertisers akan dikenakan biaya. Nah, kamu akan memperoleh sejumlah uang dari biaya yang dibayarkan ini.

Uang yang kamu peroleh dari setiap klik iklan ini cenderung kecil, paling hanya beberapa rupiah. Dengan demikian, jika kamu ingin penghasilan yang lebih besar, cara mudahnya adalah dengan meningkatkan jumlah viewers.

Semakin banyak jumlah viewers, semakin besar pula peluang mereka mengklik iklan pada vlog kamu.

Selain itu, jika memang terbukti viewers-mu banyak, advertisers akan merasakan efektivitas beriklan di video kamu, sehingga peluang banyaknya iklan pada videomu juga semakin tinggi.

[Baca Juga: Hai Pemilik Bisnis Online, Begini Cara Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Berantakan]

#2 Mempertahankan Konten

Setelah itu, jika kamu ingin terus memperoleh penghasilan dari vlogging, salah satu caranya adalah dengan menambah subscriber atau jumlah likes pada vlog tersebut.

Bagaimana caranya? Sederhana, pertama-tama tentunya kamu harus membangun hubungan baik dengan subscriber dan menawarkan sesuatu yang mereka inginkan.

Hal yang mereka inginkan saat membuka YouTube tentunya vlog baru dengan konten yang menarik dan sesuai dengan minatnya.

Jika kamu berhasil membuat video yang menarik, tentunya subscriber akan berharap lebih dan ingin menonton vlog baru dari kamu. Disinilah kuncinya!

Sebaiknya buatlah tulisan yang memberikan nilai lebih bagi pembaca, seperti isu terbaru atau solusi dari masalah yang dimiliki mayoritas pembaca.

Sebagai contoh:

    Target pembaca: penggemar makeup atau MUA.

    Masalah yang diminati: Apakah produk A bagus? Bagaimana cara membuat winged eyeliner dengan mudah?

    Solusi yang dapat kamu tawarkan: Kamu bisa membuat vlog terkait tutorial makeup yang diminati penonton atau review produk makeup.

Kamu juga perlu membuat jadwal post yang rutin dan jangan lupa untuk selalu konsisten membuat video baru.

Jika kamu hanya mengunggah video setahun sekali, mungkin subscriber tidak akan sabar dan alhasil akan melakukan unsubscribe.

[Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula]

#3 Mengatur Keuangannya

Setelah berhasil menghasilkan uang dan mempertahankannya, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatur keuangan agar kamu bisa terus berjaya di dunia kecantikan ini?

Tentunya kamu disini harus selalu up to date dengan kosmetik atau produk kecantikan terbaru dan terus meng-update subscriber kamu bukan?

Kamu juga harus selalu tampil menarik di Instagram dengan konten yang instagramable.

Semua itu tentu butuh uang, dan jika tidak dikelola dengan baik kamu bisa hancur berantakan.

Finansialku sudah mengajakmu melihat 10 contoh selebgram dan beauty vlogger tadi. Melalui kisah singkatnya, kamu bisa melihat bahwa mereka tidak pernah berhenti mengembangkan bisnisnya.

Sebagai contoh, umumnya mereka memanfaatkan penghasilannya dari YouTube atau Instagram untuk terus membeli produk kecantikan terbaru dan menghasilkan konten yang lebih menarik lagi bagi penontonnya.

Namun mereka juga cukup cerdas dalam mengembangkan sayapnya ke dunia bisnis untuk mempertahankan kesuksesan dan kekayaannya.

Misalnya saja Huda Beauty atau Jefree Star yang merambah ke dunia kosmetik dan membuat line kecantikannya sendiri.

Sementara jika masih pemula, kamu bisa mencoba berkolaborasi dengan brand kosmetik ternama layaknya Nikkie atau MannyMUA.

Dari sinilah kamu akan memperoleh penghasilan yang konstan, sehingga kesuksesanmu dalam dunia kecantikan ini tidak akan pernah padam.

Nah, jika kamu masih kesulitan mengatur keuangan, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan bantuan professional seperti perencana keuangan Finansialku.

Para perencana keuangan di Finansialku adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan bekerja sesuai dengan kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.

Dengan demikian, kamu juga bisa dengan mudah mengelola keuangan dan mencapai kebebasan finansial hanya dengan menggunakan jasa Finansialku.

[Baca Juga: Cara Cepat Mendapatkan 1.000 Viewer YouTube dalam Sehari]

Now You’re Ready to Go!

Setelah mengetahui cara selebgram dan beauty vlogger mengatur keuangannya, sekarang kamu siap mengembangkan channel tersebut menuju kesuksesan.

Sebenarnya tips-tips di atas juga sebagai panduan, sehingga kamu bisa mengembangkan channel-mu hingga sukses layaknya top 10 selebgram dan beauty vlogger di contoh tadi.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam proses menuju kesuksesan kamu ya!

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai cara mudah mengatur keuangan ala selebgram dan beauty vlogger lainnya?

Silahkan ajukan pertanyaanmu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantumu, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Admin. How to Make Money with Your YouTube Channel. Vlognation.com – https://goo.gl/hcm46J

    Admin. How to Make Money on YouTube with Google AdSense. Vlognation.com – https://goo.gl/YXKgBb

    Admin. 7 Great Tips for Growing Your Vlogging Channel on YouTube. Vlognation.com – https://goo.gl/xyf3hu

Sumber Gambar:

    Beauty Vlogger – https://goo.gl/4H4Lsn

    Zoe Sugg – https://goo.gl/gm64iq

    Michelle Phan – https://goo.gl/WBR61E

    Huda Kattan – https://goo.gl/oCstjJ

    Nikke de Jager – https://goo.gl/8xNQCU

    Shannon Harris – https://goo.gl/iB5BV9

    Jeffree Star – https://goo.gl/n8HsRD

    Kandee Johnson – https://goo.gl/8saNzB

    Manny Gutierrez – https://goo.gl/L1XdK9

    Christen Dominique – https://goo.gl/xhHGg3

    Wayne Goss – https://goo.gl/mfXjZe