Cara Cek Kesehatan Keuangan (Financial Health Check Up)

Cara Cek Kesehatan Keuangan (Financial Health Check Up)

tribun-nasional.com – Mengapa kita harus cek kesehatan keuangan kita? Adakah cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana?

Cek kesehatan keuangan ini menjadi penting ketika Anda akan mengambil keputusan keuangan yang besar. Yuk kita cari tahu caranya di artikel ini.

Rubrik Finansialku

Pentingnya Cek Kesehatan Keuangan (Financial Check Up)

Mengelola keuangan pribadi, tentu memiliki tantangannya sendiri. Ada beberapa orang yang merasa sudah mahir dalam mengelola keuangannya tetapi masih ada juga orang yang merasa keuangannya selalu kurang atau boros.

Bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik? Cara mengelola keuangan yang baik dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini, bagaimana caranya mendapatkan arus kas yang baik.

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa jika kita hanya mengandalkan gaji saja, tentu akan sulit untuk memenuhi segala kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Tidak asing juga jika kita menjumpai beberapa rekan kita yang akhirnya memutuskan untuk mengambil utang demi menyambung kehidupannya di bulan tersebut.

Apakah hal tersebut wajar atau ideal? Tentu saja tidak ideal.

Anda sudah harus mulai mengelola uang Anda dengan baik supaya Anda tidak bertemu dengan masalah-masalah keuangan yang dapat menjadi pemicu masalah kehidupan Anda.

Jika Anda sudah memahami bahwa hanya dengan mengandalkan gaji saja, Anda akan menemui kesulitan baik untuk memenuhi kebutuhan Anda dan untuk mencapai kebebasan finansial.

Jika dilihat dari gambar di atas, ketika Anda menambahkan hasil investasi dan pendapatan pasif, tentu akan lebih memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan Anda.

Anda pun tidak akan menemui utang atau bahkan masalah keuangan lainnya. Permasalahannya adalah berapa sih yang harus Anda investasikan dari gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya?

Sebaiknya kemana saja investasi yang Anda lakukan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, Anda perlu mengecek kesehatan keuangan Anda.

Dengan begitu, tentu Anda pun akan semakin mudah untuk mengambil keputusan.

Jangan sampai Anda menabung atau berinvestasi tetapi Anda masih sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup bulanan Anda. Sehingga, ketika akhir bulan datang, Anda pun masih menjumpai utang.

Ketika Anda sudah mengecek kesehatan keuangan Anda, Anda pun akan semakin mudah untuk mengetahui berapa sih besaran uang yang harus Anda mulai investasikan.

[Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan?]

Anda pun tidak akan menemui kembali yang namanya utang di akhir bulan. Selain itu, dengan Anda mengecek kesehatan keuangan Anda, tentu akan mempermudah Anda mengetahui bagian mana saja yang menjadi penyebab utama boros Anda.

Anda pun akan tahu berapa banyak yang seharusnya bisa Anda hemat dengan jelas.

Anda pun semakin mengerti dengan kondisi keuangan Anda, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam keuangan Anda.

Cek kesehatan keuangan ini memang sangat penting untuk Anda, terlebih lagi saat Anda akan mengambil keputusan keuangan yang besar, seperti membeli rumah, mobil, berbisnis dan lain sebagainya.

Dimana Anda bisa mengecek kesehatan keuangan Anda dan bagaimana cara mengecek kesehatan keuangan dengan mudah dan sederhana? Mari kita cek dalam artikel ini.

Cara Mengecek Kesehatan Keuangan

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa kesehatan keuangan memanglah penting. Dimana Anda bisa mengecek kesehatan keuangan Anda? Anda bisa mengecek kesehatan keuangan Anda di Aplikasi Finansialku.

Jika Anda belum memiliki Aplikasi Finansialku, Anda dapat mendapatkannya secara gratis pada link di bawah ini. Selain itu, Aplikasi Finansialku kini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Sekarang Anda sudah memiliki Aplikasi Finansialku, saatnya saya akan membantu Anda untuk mengecek kesehatan keuangan Anda. Hal pertama yang Anda lakukan adalah log in dan sign up dan ikuti langkah-langkahnya.

Ketika Anda sudah log ini dan sign up, selanjutnya Anda tinggal klik fitur Financial Check Up seperti gambar di bawah ini:

Anda klik Financial Health Check Up, yang selanjutnya Anda akan diarahkan ke menu yang harus Anda isi sendiri.

Setelah mengisi semua formulir yang tersedia, Anda akan langsung mendapatkan hasil saat itu juga, seperti gambar di bawah ini:

Hasil Financial Check Up Finansialku

Sama seperti sebelumnya, hanya ada dua indikator yaitu tidak ideal dan ideal. Jika Anda ingin mengetahui kelengkapan dari cek kesehatan keuangan Anda, Anda dapat klik kirim hasil ke email.

Nantinya, tim finansialku akan memberikan email mengenai hasil Financial Check Up Anda. Pastikan email yang Anda daftarkan merupakan email yang aktif, ya. Supaya Anda juga mendapatkan manfaat seutuhnya dari menggunakan Aplikasi Finansialku ini.

Sampai sini, ternyata mudah ya cara melakukan Financial Check Up. Anda pun tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah untuk mengecek kesehatan keuangan Anda.

Anda pun bisa mengecek kesehatan keuangan Anda dari rumah bahkan ketika Anda sedang bersenda gurau dengan teman Anda. Cukup mudah bukan?

Cek Kesehatan Keuangan Anda Sekarang!

Sebelum terlambat dan sebelum Anda memiliki masalah keuangan yang jauh lebih pelik lagi. Ada baiknya Anda melakukan Financial Check Up mulai dari sekarang.

Jangan sampai Anda menunda-nunda untuk melakukan Financial Check Up Anda yang membuat Anda semakin berlarut-larut dengan asumsi yang belum tentu benar.

Jika Anda masih membutuhkan bimbingan untuk mengelola keuangan Anda, terlebih lagi di usia Anda yang masih muda atau usia 20 an. Kami memiliki panduan untuk merencanakan keuangan Anda.

Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, Anda tinggal klik link di bawah ini untuk mendapatkan ebook perencanaan keuangan usia 20 an. Jangan sampai Anda menunda kembali untuk mengatur keuangan Anda dengan baik.

Apa sih manfaat mengetahui kesehatan keuangan? Yuk tonton videonya.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana cara mengecek kesehatan keuangan dengan mudah dan sederhana.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui informasi ini. Semoga bermanfaat!

Sumber Gambar:

    Kesehatan Keuangan – https://goo.gl/ZiCGS2

    Menabung – https://goo.gl/VCkuLq