Bosen yang Gitu-gitu Aja? Cek 10 Inspirasi Desain Kamar Kost

Bosen yang Gitu-gitu Aja? Cek 10 Inspirasi Desain Kamar Kost

tribun-nasional.com – Kata siapa desain kamar kost tidak penting? Ternyata desain kamar bisa mempengaruhi kenyamanan penggunanya loh!

Nah, Finansialku penasaran nih seperti apa sih desain kamar kost yang tentunya nyaman dan menarik.

Yuk cari inspirasi desain kamar kost pada rubrik ini.

Rubrik Finansialku

Kamar Kost Perlu Didesain?

Siapa bilang kamar kost tidak perlu didesain? Pada umumnya, kamar kost memang didesain hanya sebagai sebuah tempat tinggal sementara untuk mahasiswa/i dengan fungsi standarnya.

Namun ternyata jika didesain dengan baik, kamar kost akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Kamu tentunya pernah melihat kamar kost dengan luas terbatas (umumnya 3×4 m2) didesain sangat standar sehingga tidak nyaman?

Bahkan beberapa diantaranya memiliki jendela mati alias tak berfungsi karena berhadapan dengan gedung atau kamar lainnya.

Kamar kost seperti ini tentunya sangat pengap dan membuat kita tidak betah di dalamnya.

Artinya, meski hanya sebagai tempat tinggal sementara, kamar kost tetap perlu didesain dengan baik dengan memperhatikan aspek-aspek kenyamanan dan fungsi.

[Baca Juga: Konsultasi: Ingin Membeli Rumah dengan KPR Sekaligus Membuat Bisnis, Apakah Mungkin?]

Sebuah kamar kost yang nyaman akan berpengaruh pada kondisi dan perasaan mahasiswa/i yang tinggal di dalamnya.

Suatu kondisi nyaman maupun tidak nyaman bagi seorang individu, yang dalam prosesnya melibatkan komponen fisik dan psikologis manusia, dan selanjutnya akan diwujudkan suatu respons dalam tingkah laku individu tersebut terhadap lingkungannya.

Desain yang dimaksud disini termasuk 5 aspek berikut:

    Fungsi ruang

Sebuah desain yang baik harus dapat mengakomodasi dan memfasilitasi kegiatan dan kebutuhan mahasiswa dengan memberikan zonasi ruang berdasarkan fungsi-fungsi yang ada. Misalnya saja untuk makan, tidur, belajar, dan sebagainya.

    Tata letak ruang

Tata letak ruang mengacu pada zonasi ruang, pola dan sirkulasi ruang.

    Perabotan

Desain perabot dalam suatu kamar kost harus memiliki perpaduan harmonis dengan elemen arsitektur lainnya.

    Pencahayaan

Dalam arsitektur maupun interior, pencahayaan memiliki peranan sangat penting, baik dalam menunjang fungsi ruang dan berlangsungnya berbagai kegiatan di dalam ruang, membentuk citra visual estetis maupun menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna ruang (Manurung, 2009).

Intensitas cahaya yang boleh masuk kedalam ruangan juga berbeda-beda berdasarkan aktivitas yang dilakukan di dalam ruang tersebut (Laksmiwati, 2012).

    Suasana ruang

Lingkungan fisik dari kafetaria memiliki pengaruh yang besar pada citra kafetaria dan dapat memperbuat kesan maupun sikap positif atau negatif bagi persepsi pelanggan terhadap citra kafetaria, tetapi lingkungan fisik tidak signifikan dalam nilai yang dirasakan pelanggan (Pecotic et Al., 2014).

Begitu banyak orang yang menginginkan bisnis kost yang katanya mendatangkan passive income bagi pemiliknya. Namun, jika kamu sendiri belum memiliki rumah pertama, bagaimana ingin terjun dalam bisnis properti?

Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana cara jitu dalam membeli rumah pertama, maka ada baiknya kamu membaca dan men-download ebook Panduan Membeli Rumah Pertama. GRATIS kok!

Ayo, dapatkan rahasianya sehingga kamu memiliki rumah dalam waktu dekat! Siapa yang tak mau coba??

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Tanpa bertele-tele lagi, apakah kamu berniat untuk mengubah desain kamar kost menjadi lebih baik?

Yuk ciptakan kamar kost nyaman dan menyenangkan dengan melihat 10 inspirasi desain kamar kost berikut ini.

10 Inspirasi Desain Kamar Kost

Kami paham bahwa mendesain kamar kost itu susah-susah gampang.

Pertama, luasnya yang sangat terbatas membuat kita bingung mengatur tata letaknya. Selain itu, kita juga harus memperhatikan fungsinya agar efektif penempatan perabotnya.

Belum lagi keuangannya harus kamu atur dan penting bagimu untuk memiliki rencana keuangan. Jika kamu masih bingung bagaimana cara merencanakan keuangan, tidak salahnya kamu membaca buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True.

Well, agar kamu tidak lagi bingung, Finansialku punya 10 desain kamar kost yang bisa kamu jadikan inspirasi berikut ini:

#1 Kamar Serba Putih

Jika luas terbatas, kamu bisa mendesain kamar dengan warna yang akan membuat kamar tampak lebih lapang. Sebagai contohnya adalah warna putih. Warna ini akan memberikan kesan bersih dan ruangan yang lapang.

Selain itu, warna yang terang semacam ini akan membuat kamar terasa terang saat disinari cahaya. Tentunya sangat nyaman dan adem.

Padukan dengan perabot serba putih yang ditata sesuai fungsinya.

Pada umumnya kamar kost standard memiliki 1 ranjang single, 1 lemari pakaian, 1 meja belajar, 1 kamar mandi dalam.

#2 Kamar Multifungsi

Jika kamar kost dirasa sangat sempit dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan perabot multifungsi.

Sebagai contoh, gunakan ranjang dengan dipan yang berfungsi ganda sebagai laci, sehingga kamu bisa menyimpan pakaian atau peralatan lain disana. Gunakan juga meja belajar yang bisa dilipat dan memiliki fungsi lain sebagai rak buku.

[Baca Juga: Kredit Rumah: Kalkulator KPR, Contoh Produk dan Cara Cepat Lunasi KPR]

Dengan demikian, kamar yang sempit pun bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Satu tips tambahan, tata letak perabot sangat penting dalam mendesain kamar kost yang sempit. Jadi letakkan perabot secara fungsional dan efektif agar tetap nyaman.

#3 Kamar Bunk Bed

Desain alternatif lain untuk kamar kost yang sempit yaitu dengan menggunakan bunk bed atau ranjang susun.

Dengan demikian, kamu akan menempatkan ranjang agak tinggi sehingga space di bawahnya dapat dimanfaatkan untuk hal lain, misalnya untuk rak buku dan meja belajar atau lemari pakaian.

Kamu bisa mengalihfungsikan ruang di bawah tempat tidur menjadi berbagai fungsi lain seperti area belajar hingga sekedar ruang untuk bersantai. Menarik bukan?

#4 Kamar dengan Dapur Mini

Jika luas tanah terbatas namun kamu punya hobi masak sendiri, mungkin ide yang satu ini cocok buatmu.

Jika kamu memiliki ruang lebih di kamar kost milikmu, tak ada salahnya menghadirkan dapur mini lengkap dengan sebuah meja makan kecil. Hal ini tentu akan membuat desain kamar kost lebih fungsional.

Buat sebuah sink kecil dengan kompor compact sehingga tidak memakan banyak tempat. Letakkan rak piring di atas berikut kulkas mini di bawah sink. Jadi deh!

#5 Kamar Konsep Terbuka

Salah satu tren desain terbaru yang bisa diaplikasikan pada desain kamar kost adalah dengan penggunaan perabot-perabot menempel pada dinding dengan konsep terbuka.

[Baca Juga: Kredit Rumah: Kalkulator KPR, Contoh Produk dan Cara Cepat Lunasi KPR]

Dengan demikian, keberadaan perabot berukuran besar yang mengakibatkan kamar kost terasa sempit bisa diminimalisasi.

Namun kekurangannya tentu barang harus selalu ditata rapi agar kamar tetap nyaman dan indah dipandang. Jadi jangan lupa beberes ya!

#6 Kamar Industrial

Jenis kamar kost minimalis yang juga sedang diminati adalah kamar dengan desain yang kerap dijadikan café-café bertema industrial belakangan ini.

Ciri khas dari desain yang satu ini adalah sangat jelas terlihat dinding-dinding kayu yang dipadukan dengan lantai semen.

Bahan dasar yang biasa digunakan untuk mendesain kamar bergaya industri adalah kayu, beton, dan baja. Namun alih-alih difurnis, biasanya rumah sejenis ini mempertahankan tampilan kulit kayu yang alami.

Kamar semacam ini akan menimbulkan kesan modern namun tetap cantik dan sangat kuat kesannya. Kamu bisa memadukannya dengan perabot yang juga terkesan minimalis.

#7 Kamar Loteng

Kamar kostmu terletak di loteng atau punya bentuk asimetris? Jangan khawatir, kamu bisa mendesainnya jadi kamar loteng yang cantik dan tetap nyaman.

Tipsnya, gunakan perabot serba rendah agar langit-langit kamar tetap terasa tinggi. Gunakan ranjang tanpa dipan ala Youtuber, lalu padukan dengan perabot sederhana.

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

#8 Kamar Gelap

Meski kamar kost dengan luas terbatas cenderung diberi warna-warna cerah agar tampak luas, namun tidak ada salahnya juga mendesain kamar kost beraksen gelar yang keren.

Warna gelap akan membuat kamar terkesan lebih elegan dan berkelas. Cobalah aplikasikan warna-warna gelap seperti hitam dan cokelat tua dalam skema warna rumahmu.

Jangan lupa untuk tetap menanam berbagai jenis tanaman pada area jendela agar kamar terlihat lebih hidup dan asri. Lalu berikan pencahayaan yang cukup agar tetap nyaman dan fungsional.

#9 Kamar Tropis

Siapa bilang kamar kost tidak bisa dihias bergaya tropis? Kamu bisa mendesain kamarmu agar tetap cantik dengan berbagai tanaman di dalamnya.

Letakkan pot bunga mini di atas dipan, meja belajar, dan wastafel agar kamar tetap terkesan segar dan hijau.

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

Desain ini mengedepankan kesan yang natural namun perlu didukung dengan jendela besar untuk memaksimalkan sirkulasi udara. Jadi, selalu upayakan udara dapat keluar masuk dengan baik sebelum menerapkan desain yang satu ini.

Padukan dengan perabot berbahan kayu agar lebih berkesan natural. Barang-barang berwarna cerah juga cocok untuk diaplikasikan di dalam kamar bergaya tropis ini.

#10 Kamar Berlampu

Ingin kamar dengan kesan minimalis namun modern dan unik dipandang? Kamu bisa menambahkan banyak lampu-lampu kecil untuk kesan chic yang pastinya instagrammable.

Gantungkan lampu pada dipan ranjang atau meja belajar untuk menggantikan lampu tidur.

Berikan juga perabot unik yang multifungsi sehingga membuat kamarmu layaknya para Youtuber dan influencer tren masa kini.

Yuk Desain Kamar Kostmu!

Secara singkat, demikian 10 desain kamar kost yang bisa kamu jadikan inspirasi. Selamat mendesain kamar kost-mu!

Semoga artikel ini bermanfaat bagimu. Jangan lupa share artikel ini bagi teman-teman atau kerabat yang juga sedang galau dalam mendesain kamar kostnya. Terima kasih!

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai 10 inspirasi desain kamar kost lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah.

Sumber Referensi:

    Kania, 24 April 2019. 7 Inspirasi Desain Kamar Kost dari Seluruh Dunia. Dekorumah.com – https://bit.ly/2Mr0q1P

    Pinka Wima. 5 April 2019. 25 Inspirasi Desain Kamar Kos Keren buat Anak Kuliahan. Idntimes.com – https://bit.ly/31ppgUd

Sumber Gambar:

    Inspirasi Desain Kamar Kost – https://bit.ly/32vMk4L

    Inspirasi Desain Kamar Kost Kamar Multifungsi – https://bit.ly/2MrTEJ6

    Inspirasi Desain Kamar Kost Kamar Terbuka – https://bit.ly/2MSfjt7

    Inspirasi Desain Kamar Kost Kamar Loteng – https://bit.ly/2J3e6OA

    Inspirasi Desain Kamar Kost Kamar Tropis – https://bit.ly/33LuZVT