Bosan Beli Bensin Mahal? Yuk Intip Harga Motor Listrik Yang Diklaim Lebih Irit

Bosan Beli Bensin Mahal? Yuk Intip Harga Motor Listrik Yang Diklaim Lebih Irit

tribun-nasional.com – Pemerintah RI tengah mendorong transformasi dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) fosil menuju ke electronic vehicle (EV) atau kendaraan listrik, sejalan dengan target Net Zero Emission (NZE) 2060. Karena itulah pembentukan ekosistemnya terus digenjot.

Kondisi ini terlihat dari semakin banyaknya pilihan motor listrik yang tersedia di tanah air, berasal dari hasil karya anak bangsa, maupun perusahaan asing. Harganya pun cukup bersaing, dengan mayoritas baru dapat dibeli lewat e-commerce untuk basis Jabodetabek.

Berikut daftar motor listrik beserta harganya yang dirangkum detikcom melalui situs resminya.

Gesit merupakan sepeda motor listrik yang diklaim sebagai karya anak bangsa, yakni buah kerjasama Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Teknologi Sepuluh November (ITS). Sepeda motor ini diproduksi di pabrik perakitan yang berada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Motor listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Sekali pengisian daya, motor ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilometer untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Saat ini motor listrik Gesits juga bisa dibeli secara online di e-commerce. Motor listrik Gesits dijual dengan kisaran harga Rp 28 juta on the road DKI Jakarta.

Dilansir melalui detikoto, Alva One merupakan motor listrik besutan PT Ilectra Motor Group (IMG). Motor ini dirakit secara lokal di Cikarang, Jawa Barat. Kendaraan tersebut menggunakan baterai 2.7 kWh dengan waktu pengisian daya selama empat jam. Pembekalan itu membuat motor bisa digunakan untuk menempuh jarak 70 kilometer.

ALVA One dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco (1), Cruise (2) dan Sport (3). Kecepatan maksimumnya 90 kilometer per jam dengan torsi 46.5 Nm. Namun, saat pengujian, tunggangan tersebut bisa melesat hingga kecepatan 97-98 km/jam.

Motor ini dibanderol dengan harga Rp 34,9 juta, serta bisa dibeli secara kredit melalui berbagai pilihan uang muka atau down payment (DP). Menariknya, bagi konsumen yang mau membelinya namun terhalang biaya, perusahaan menyiapkan opsi DP nol rupiah.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Motor listrik Viar Q1 juga merupakan produk buatan dalam negeri. Bahkan, motor ini termasuk salah satu motor yang pertama kali muncul. Kini merek ini menyediakan beberapa jenis motor listrik antara lain, new Q1, N1 dan N2.

Viar Q1 ini dibekali baterai 60V 23Ah dengan motor penggerak BLDC 800W. Kecepatan maksimalnya kurang lebih 60 km/jam dengan jarak tempuh 60 km. Viar juga menjual double battery sistem (baterai tambahan yang dijual terpisah) untuk menambah daya jangkau motor listrik ini.

Motor listrik ini dibanderol dengan harga Rp 21,02 juta dan dapat di beli di area Jabodetabek melalui e-commerce. Sementara untuk Viar N1 dan N2 bisa dibeli secara pre-order, dengan N1 di Rp 25,87 juta dan N2 di Rp 34 juta.

United merupakan produsen sepeda yang kini menjajal motor listrik United T-1800. United T1800 dilengkapi dengan 3 kecepatan dan turbo. Speed 1 bisa menempuh kecepatan 55 km/jam, Speed 2 65 km/jam, dan Speed 3 70 km/jam. Motor ini menerapkan sistem baterai swap atau tukar.

Motor listrik United T-1800 dijual mulai dari Rp 29.000.000. Selain T-1800, merek ini juga menjual varian lainnya dengan performa lebih ekstra, yakni TX-1800 dan TX-3000.

Smoot juga merupakan produk motor lokal dengan dengan kapasitas baterai 64V/21 Ah dengan tipe motor elektrik DC Brushless 1.500 watt. Smoot Tempur bisa menjangkau jarak 60 km sekali ngecas. Kecepatan maksimalnya 60 km/jam.

Motor ini menggunakan sistem swap baterai, di mana sistem pembayaran isi baterainya terbilang unik menggunakan sistem kuota yang dihitung per kilometer. Untuk 100 km dengan 30 hari masa aktif berada di harga Rp 20 ribu, untuk 250 km dengan 45 hari masa aktif di Rp 45 ribu, dan untuk 500 km dengan 60 hari masa aktif di Rp 80 ribu. Sementara Smoot Tempur dijual di kisaran harga Rp16.500.000.

Volta sendiri merupakan motor listrik dengan jarak tempuh hingga 123 km. Motor ini memiliki baterai 60V/23 Ah dengan motor 1500 watt. Motor ini mampu menjangkau kecepatan 60 km/jam dan daya angkut hingga 200 kg. Untuk harganya pun cukup terjangkau, yakni di kisaran Rp 15 jutaan.