Bagaimana Cara Menjadi Seorang Disiplin dan Dipercaya Oleh Keluarga, Rekan Kerja dan Lingkungan?

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Disiplin dan Dipercaya Oleh Keluarga, Rekan Kerja dan Lingkungan?

tribun-nasional.com – Ada banyak nasihat yang diberikan mengenai keberhasilan dan kesuksesan, namun kuncinya ada pada disiplin diri.

Bagaimana cara menjadi seorang disiplin dan dipercaya oleh keluarga, rekan kerja dan lingkungan?

Simak ulasan berikut dan miliki disiplin diri dalam membangun kesuksesan Anda yang dimulai sejak dini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Disiplin Diri Kunci Kesuksesan

Ada banyak kualitas penting yang dapat berkontribusi pada pencapaian dan kebahagiaan seseorang, namun hanya ada satu yang menghasilkan kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan dalam semua aspek kehidupan: disiplin diri.

Tidak hanya dalam hal kebugaran, etika kerja dan urusan pekerjaan atau bahkan mengenai hubungan Anda, disiplin diri adalah sifat nomor satu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, menjalani gaya hidup sehat, dan tentu saja sebuah kebahagiaan.

Terlepas dari apa yang banyak orang pikirkan, disiplin diri adalah tingkah laku yang terpelajar. Hal ini membutuhkan latihan dan pengulangan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

[Baca Juga: 5 Kebiasaan Yang Harus Anda Hentikan di Usia 30 an Demi Perjalanan Karier Anda]

Ulasan berikut ini akan membantu Anda untuk membangun kebiasaan yang baik, meminimalkan dan sedikit demi sedikit menghilangkan kebiasaan yang buruk, serta memperbaiki kontrol diri Anda dengan membuat perubahan sederhana pada rutinitas keseharian Anda.

Peningkatan disiplin diri akan memungkinkan Anda menjalani hidup yang lebih bebas dengan membantu Anda membuat pilihan yang sehat, bukan pilihan emosional.

Mengingat bahwa begitu banyak dari apa yang kita lakukan setiap hari adalah kebiasaan, mengembangkan kebiasaan yang tepat akan membantu menanamkan jumlah disiplin yang tepat ke dalam kehidupan kita.

Tapi dari mana kebiasaan itu berasal dan bagaimana perkembangannya? Dan mengapa kita sering merasa gagal di tengah jalan ketika berulang kali berusaha keluar dari zona kebiasaan buruk dan mencoba kebiasaan yang baik?

Berikut ini beberapa latihan disiplin diri yang dapat dipraktikkan untuk menjadi seorang yang disiplin dan dipercaya oleh keluarga, rekan kerja dan juga lingkungan.

Latihan Disiplin Diri

Jika Anda bisa menanamkan kebiasaan berikut ke dalam hidup Anda, Anda akan mendapati bahwa mendisiplinkan diri menjadi jauh lebih mudah.

Peringatan: Perubahan kebiasaan tidak akan terjadi dalam semalam. Ingat bahwa kebiasaan membutuhkan waktu untuk terbentuk dan menjadi sebuah pola kehidupan.

Tapi, jika Anda mulai dari hal yang kecil, dan membangunnya sedikit demi sedikit dengan tekun, Anda akan melihat buahnya yang semakin membesar waktu demi waktu dan rang lain yang akan menilai rasa buah Anda yang semakin manis.

#1 Disiplin Diri dalam Bersyukur

Kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menginginkan sesuatu. Kebiasaan syukur membantu kita untuk tidak gampang mengeluh atas apa yang tidak kita miliki, dan menghargai apa yang kita miliki.

Ketika kita melakukan ini, beberapa perubahan yang luar biasa mulai terjadi.

Efek rasa syukur sangatlah besar dampaknya.

Dari peningkatan kesehatan mental, kesehatan emosional dan spiritualitas kita. Rasa syukur bisa sangat mempengaruhi banyak hal dalam hidup kita.

Tapi yang terpenting, rasa syukur dapat membantu kita memiliki rasa kelimpahan dan terbebas dari perasaan serba kekurangan.

Ketika kita merasa hidup dalam keadaan yang kurang, kita menjadi benar-benar tidak mungkin untuk fokus pada disiplin dan mencapai tujuan kita.

Kita menghabiskan begitu banyak kapasitas mental kita untuk mengkhawatirkan apa yang tidak kita miliki dan hidup dalam keadaan ketakutan.

Hasilnya, kita malahan melupakan apa yang kita miliki.

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Kebiasaan dan Cara Investasi dari Generasi Milenial?]

Keadaan kurang dapat berimbas menjadi penyakit fisik.

Ini menghasilkan stres dan melepaskan hormon stres seperti kortisol dan epinefrin, yang mempengaruhi sejumlah sistem di tubuh kita. Ketika kita stres, sistem pencernaan, reproduksi, dan kekebalan tubuh kita semua terpengaruh.

Luangkan 10 menit setiap hari untuk menuliskan semua hal yang Anda syukuri. Bahkan jika Anda merasa tidak memiliki apa-apa untuk disyukuri, temukan sesuatu. Carilah dan Anda akan temukan.

Masalah finansial yang tidak tersusun dan terencana juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab menjadi stres.

Bagaimana tidak, jika tagihan kartu kredit ternyata lupa dibayar dan adanya tunggakan pembayaran dari iuran lainnya seperti asuransi dan lain sebagainya?

Jika Anda mengalami hal ini, bagaimana Anda dapat memiliki rasa syukur dan melatih diri dalam kedisiplinan?

Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan perencanaan keuangan dan juga dalam mengingat catatan tagihan dari beban pembayaran yang harus Anda lunasi, kenapa tidak memiliki perencana keuangan pribadi melalui sebuah aplikasi pintar Finansialku?

Aplikasi ini bisa juga sebagai reminder Anda dalam melakukan pembayaran tagihan yang harus dilunasi dan juga segala kebutuhan mengenai perencanaan keuangan di masa mendatang seperti merencanakan dana liburan atau dana membeli barang.

Tahukah Anda bahwa salah satu disiplin keuangan adalah dengan memiliki sistem keuangan yang mampu membantu Anda dalam perencanaan dan eksekusi keuangan yang otomatis serta terencana.

Dengan demikian, Anda tak perlu kerepotan harus mengingat semuanya dalam memori pikiran Anda karena Anda sudah terbantu oleh asisten pribadi Anda yaitu Aplikasi Finansial.

#2 Disiplin Diri dalam Mengampuni

Ketika kita menghabiskan sebagian besar hari kita dalam keadaan marah, menyesal, atau bersalah, kita menciptakan lebih banyak masalah daripada kita melakukan solusi.

Benci dan kemarahan menghabiskan lebih banyak energi daripada cinta dan pengampunan.

Saat kita memaafkan, kita belajar melepaskan hal-hal tertentu.

Tanpa kebiasaan untuk mengampuni, kita tidak bisa mencapai disiplin diri. Kita terlalu khawatir tentang bagaimana seseorang melukai hati kita daripada untuk fokus pada disiplin atau mencapai tujuan kita.

Jika seseorang menyakiti hati Anda, belajarlah untuk memaafkan mereka. Artinya, Anda juga harus belajar melupakan kesalahan mereka.

Ampunilah dan lepaskan energi negatif itu kembali ke alam semesta.

[Baca Juga: Ingin Memiliki Masa Depan Keuangan Cerah? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saat Kuliah]

Dengan memaafkan, kita melepaskan kenegatifan yang menghalangi kemampuan kita untuk berdisiplin.

Jika Anda ingin belajar mendisiplinkan diri Anda sendiri, pengampunan merupakan jalan utama.

Pikirkan semua orang yang membuat Anda marah atau jengkel bahkan mereka yang telah menyakiti Anda.

Tuliskan mengapa Anda memaafkan mereka.

Cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi mereka.

Apa yang akan Anda lakukan dalam situasi mereka? Cobalah untuk menemukan beberapa humor di dalamnya. Cobalah untuk menemukan pelajaran yang dapat Anda pelajari dalam semua hal yang terjadi.

#3 Disiplin Diri dalam Penetapan Tujuan Hidup

Untuk menetapkan tujuan hidup, pertama Anda harus menetapkan beberapa tujuan jangka panjang.

Jika Anda memiliki tujuan jangka panjang, maka Anda perlu melakukan pengaturan dan perencanaan tujuan bulanan, mingguan, dan harian.

Selain itu, Anda juga harus secara aktif mengevaluasi kemajuan Anda langkah demi langkah dalam menempuh tujuan Anda.

Setiap pagi, buatlah beberapa tujuan harian untuk diri sendiri dan identifikasi tugas terpenting yang perlu dilakukan pada siang hari, malam hari, keesokan harinya dan seterusnya.

[Baca Juga: Sudah Banting Tulang Kok Belum Jadi Orang Sukses? Kuasai 7 Kebiasaan Orang Sukses ala Stephen Covey]

Dalam hal keuangan pribadi, tujuan keuangan pun menjadi salah satu yang perlu mendapat perhatian khusus.

Jika Anda tidak memiliki tujuan keuangan yang disiplin, Anda bisa saja menjadi pribadi yang tidak sejahtera.

Mengapa demikian?

Kondisi finansial yang sehat akan mempengaruhi sebagian besar kehidupan Anda secara keseluruhan.

Salah satu cara untuk mendisiplinkan keuangan Anda adalah dengan melakukan penganggaran setiap bulan.

Apakah Anda sudah memiliki anggaran pengeluaran dan belanja setiap bulannya?

Apa saja barang kebutuhan yang harus Anda siapkan dan juga kebutuhan akan masa depan?

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

#4 Disiplin Diri dalam Konsumsi Makanan Sehat

Banyak orang tidak menyadari bahwa tubuh manusia menghabiskan sebagian besar pengolahan energinya dalam mencerna makanannya (10-25% energi dibutuhkan).

Tahukah Anda bahwa dalam mengolah karbohidrat, lemak, dan bahkan protein, tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk mengolah makanan tersebut.

Terlebih lagi beberapa asupan dari makanan yang kita konsumsi ada yang tidak cukup berguna bagi tubuh kita, seperti soda, nikotin dari rokok dan lain sebagainya.

Makanan mentah dan buah-buahan menawarkan dampak kesehatan terbesar karena mereka membutuhkan lebih sedikit energi untuk memproses.

Jumlah energi yang kita miliki berperan besar dalam seberapa fokus kita menjalani rutinitas dan kesibukan kita.

Saat kita fokus, kita bisa mendekati tujuan hidup kita dengan disiplin.

Saat kita terlalu kenyang dengan makanan yang sudah kita makan, tujuan kita jauh lebih sulit untuk dicapai.

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

Pernahkah Anda merasa malas dan mengantuk setelah makan?

Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita menjadi terlalu lamban untuk menyelesaikan sesuatu.

Tidak hanya makan sarapan yang sehat, tapi juga untuk makan sehat sepanjang hari.

Untuk melakukan ini, Anda harus merencanakan makanan Anda dan memecahkan beberapa kebiasaan buruk dalam konsumsi makanan yang tidak sehat.

Jika Anda makan makanan cepat saji setiap hari, Anda tidak akan memiliki energi dan kesehatan untuk mendekati tujuan Anda dengan antusias atau memiliki disiplin dalam menindaklanjutinya.

Makanan bisa mengubah susunan neurokimia otak, dan memiliki pengaruh besar pada koneksi pikiran-tubuh. Pilihlah makanan sehat, dan organik segera dan batasi asupan makanan yang bersifat junk food.

#5 Disiplin Diri dalam Tidur

Tidur secara langsung berhubungan dengan kemampuan kita untuk mendisiplinkan diri.

Bila kita tidak cukup tidur, itu akan mempengaruhi suasana hati, kemampuan untuk fokus, pola pencernaan kita dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Ketika kita berbicara tentang kekurangan tidur secara kronis (tipe yang mempengaruhi banyak orang) keadaan menjadi semakin buruk.

Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang kekurangan jumlah tidur yang tepat secara teratur berisiko lebih besar terhadap penyakit tertentu.

Kurang tidur memiliki dampak yang besar pada sistem kekebalan tubuh kita.

Penting untuk tidur minimal 6 jam dalam satu hari.

[Baca Juga: Kebiasaan, Peraturan dan Gaya Kepemimpinan di Perusahaan Amazon yang Perlu Anda Ketahui]

Usahakan jangan minum terlalu banyak kafein minimal 5 jam sebelum tidur sehingga Anda tidak mengganggu siklus tidur alami Anda.

Jauhi terlalu banyak racun sepanjang hari seperti alkohol, rokok, atau obat resep, jika bisa dihindari.

Secara keseluruhan, tidur nyenyak sangatlah bermanfaat.

Selain membantu Anda lebih disiplin, ini akan memperbaiki ingatan Anda, mengurangi radang dan rasa sakit, mengurangi stres, memacu kreativitas, meningkatkan nilai, mempertajam perhatian Anda, membantu Anda menghindari depresi dan menghindarkan Anda dari sebuah kecelakaan.

#6 Disiplin Diri dalam Olahraga

Olahraga adalah kebiasaan yang harus mendapat perhatian juga secara khusus.

Olahraga bertindak sebagai batu penjuru bagi kehidupan yang penuh dengan kebiasaan baik dan positif serta terbebas dari kebiasaan buruk.

Ingin tahu bagaimana Anda bisa benar-benar mendisiplinkan diri sendiri? Masukkan kebiasaan olahraga ke dalam rutinitas pagi Anda.

Banyak orang sudah tahu berbagai manfaat dari yang ditimbulkan dari olahraga. Namun, tidak semua orang menjadikan olahraga sebagai prioritas dalam kehidupan mereka.

Dengan menanamkan kebiasaan olahraga, Anda tidak hanya bisa menjadi lebih disiplin, tapi Anda bisa memperbaiki hidup Anda di beberapa bagian.

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini 9 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Terlilit Utang]

Pertama, olahraga mengurangi tingkat stres dan nyeri dengan melepaskan endorfin dan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin.

Kedua, olahraga meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan aliran darah dan oksigenasi sel tubuh, membantu melawan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dan, tentu saja, olahraga meningkatkan kemampuan kita untuk fokus pada tugas yang ada, memungkinkan kita menjalani kehidupan yang lebih disiplin.

Untuk menanamkan kebiasaan berolahraga dalam hidup Anda, mulailah dari yang kecil.

Mulailah dengan berjalan di sekitar blok selama 5 menit di pagi hari. Hanya 5 menit!

Lakukan itu selama satu minggu. Kemudian, naikkan menjadi 10 menit dan lakukan itu selama seminggu berikutnya.

Lanjutkan dengan pola yang sama. Akhirnya, olahraga akan menjadi kebiasaan Anda yang tidak dapat Anda tinggalkan.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

#7 Disiplin Diri dalam Ketekunan

Tentu saja, tidak ada seperangkat kebiasaan disiplin yang akan lengkap tanpa ketekunan. Ketekunan adalah kebiasaan tertentu yang membantu kita untuk tidak menyerah.

Bahkan ketika kita gagal, ketekunan memungkinkan kita untuk bangkit kembali. Tanpa kebiasaan dalam kegigihan, disiplin diri tidak mungkin dilakukan.

Mengapa demikian?

Karena pencapaian tujuan kita itu sulit. Berkecil hati mudah dilakukan. Menyerah membutuhkan usaha yang jauh lebih sedikit daripada bangkit dari keterpurukan.

Yang perlu kita lakukan adalah menyadari bahwa bahkan orang-orang paling terkenal yang berhasil dalam kehidupan ini telah gagal berulang kali.

[Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan yang Harus Ditinggalkan]

Kegagalan adalah batu loncatan penting dalam kehidupan. Tanpa adanya kegagalan, kita tidak bisa mencapai tujuan mulia yang kita tetapkan untuk diri kita sendiri.

Tentu ada banyak cara untuk menanamkan kebiasaan ini, tapi cara terbaik adalah benar-benar menemukan beberapa alasan mendalam yaitu tujuan hidup Anda, apa yang ingin Anda capai.

Bila alasan kita cukup kuat atau tujuan hidup ini benar-benar ingin Anda capai, maka sesungguhnya setiap kesulitan hanyalah sebuah kerikil kecil yang menghalangi jalan Anda.

Ramuan Mujarab Resep Menuju Kesuksesan

Inti dari sebuah kesuksesan yang dikejar oleh banyak orang, adalah disiplin diri.

Entah itu sukses dalam kehidupan pribadi atau kehidupan profesional mereka, semuanya dimulai dengan kemampuan dari dalam untuk mengendalikan diri melalui disiplin.

Pikiran, emosi Anda serta perilaku yang melekat pada diri Anda dan tak ketinggalan setiap kebiasaan Anda yang telah terpola, semuanya saling berkaitan satu dengan yang lain dalam proses mencapai kesuksesan.

Jika Anda ingin mencapai tujuan mulia yang Anda tetapkan, pahami bagaimana mendisiplinkan diri Anda dan miliki resep “ramuan mujarab” di atas untuk mengantarkan Anda memasuki gerbang kesuksesan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Jennifer Cohen. 18 Juni 2014. 5 Proven Methods For Gaining Self Discipline. Forbes.com – https://goo.gl/ZFCvxK

    Jim Rohn. 15 Februari 2017. The Key to Getting All You Want? Discipline. Jimrohn.com – https://goo.gl/y5DXU1

    How to Discipline Yourself With 10 Habits. Wanderlustworker.com – https://goo.gl/eJqmgr

Sumber Gambar:

    Disiplin – https://goo.gl/buaK71

    Disiplin Diri – https://goo.gl/5s4EXB

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula