Anda Ingin Pensiun Bahagia dan Menikmati Hidup Di Usia Tua? Cek Dulu Persiapannya!

Anda Ingin Pensiun Bahagia dan Menikmati Hidup Di Usia Tua? Cek Dulu Persiapannya!

tribun-nasional.com – Sudah menjadi cita-cita semua orang untuk dapat menikmati hidup dan pensiun dengan bahagia.

Namun sayangnya, banyak yang mengharapkan hasil tanpa berusaha.

Agar Anda bisa mencapai cita-cita tersebut, cobalah melihat beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan sejak dini berikut ini.

Rubrik Finansialku

Ingin Pensiun Bahagia?

Tentunya menjadi impian banyak orang untuk bisa pensiun dengan bahagia dan bisa menikmati hidup tanpa membebani siapa pun. Tetapi apakah Anda juga bisa mencapainya?

Jika Anda ingin meraih cita-cita mulia tersebut, maka Anda perlu mempersiapkannya sejak dini, jauh sebelum Anda memasuki masa pensiun. Mengapa?

Karena persiapan masa pensiun bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk menjamin gaya hidup Anda tetap sejahtera pada masa pensiun nanti.

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

Kabar baiknya bagi Anda adalah banyak tips mudah yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang untuk mempersiapkan masa pensiun yang bahagia dan sejahtera.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan beberapa tips mudah untuk meraih pensiun bahagia dan menikmati hidup di usia tua.

#1 Fokuslah pada Apa yang Bisa Anda Lakukan dan Putuskan Saat ini

Studi menunjukkan bahwa kurang dari 20% pekerja yang berada dalam jalur yang tepat demi menjamin tujuan masa pensiunnya. Nilai ini tergolong sangat kecil.

Terlebih lagi, laporan dari Financial Finesse menunjukkan bahwa 61% dari pekerja tidak tahu apakah simpanan mereka akan cukup untuk menjamin masa pensiun yang bahagia.

Kelompok ini tersesat dalam ketidaktahuan karena kurangnya perencanaan. Seperti sebuah pepatah mengatakan:

“Those who fail to plan, plan to fail.”

Artinya, Anda yang gagal membuat rencana sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Apabila Anda juga merasa masih berada dalam kelompok yang penuh ketidaktahuan ini, maka kini saatnya Anda mengambil kontrol akan masa depan Anda dengan melakukan beberapa langkah mudah berikut ini:

Membuat Perencanaan

Kejelasan (clarity) merupakan hal utama dalam membuat tujuan.

Pertama-tama Anda harus membuat sebuah tujuan yang jelas dan terukur. Tujuan yang tidak jelas dan tidak feasible hanyalah akan menjadi penghambat kesuksesan.

Tentukan dengan jelas seperti apa masa pensiun yang Anda inginkan dan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapainya. Meski masa pensiun masih lama, Anda bisa membuat sebuah estimasi perhitungan.

Caranya bisa dimulai dengan melihat seperti apa kondisi keuangan Anda saat ini, misalnya dengan melihat bagaimana investasi Anda berjalan dan seberapa besar pemasukan Anda.

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

Kemudian, hitung berapa banyak yang harus Anda simpan untuk mencapai tujuan yang telah Anda buat tadi.

Nah, Anda kini sudah tahu berapa banyak kekurangan dana untuk mencapai tujuan. Kemudian buatlah perencanaan agar Anda bisa meraihnya. Inilah yang disebut perencanaan keuangan.

Mengimplementasikan Rencana Tersebut

Ini merupakan langkah terpenting dalam meraih masa pensiun bahagia. Rencana tanpa implementasi sama saja bohong. Prokrastinasi hanya akan menghambat langkah Anda meraih tujuan.

Jika Anda merasa jalan Anda masih jauh, maka lakukan tindakan tambahan untuk memastikan pencapaian tujuan masa pensiun Anda, sebagai contoh:

    Menabung lebih banyak

    Mengurangi pengeluaran

    Mengeliminasi utang

    Mengubah rencana awal

Mengecek Kemajuan Proses

Anda sangat disarankan untuk selalu mengecek kemajuan secara berkala, paling sedikit sekali dalam satu tahun.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda sudah berada di jalan yang benar untuk mencapai tujuan.

[Baca Juga: 8 Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan]

Ingatlah bahwa perencanaan Anda bersifat dinamis, sehingga Anda perlu mengetahui bagaimana kemajuan prosesnya. Selain itu, juga lihat beberapa kejadian yang mungkin mempengaruhi kondisi keuangan Anda, misalnya pernikahan atau perceraian, kelahiran buah hati, hingga kebutuhan pendidikan anak.

Jika perlu, ubah perencanaan untuk menyesuaikan dengan kejadian tak terduga tersebut.

#2 Melindungi Diri Sendiri dan Keluarga

Memang betul Anda perlu memfokuskan diri untuk menabung demi masa pensiun. Tetapi bukan berarti Anda melupakan faktor perlindungannya. Anda perlu mengantisipasi risikonya juga lho!

Caranya adalah dengan memikirkan apa saja risiko keuangan yang bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan atau mengeliminasi risiko tersebut.

Sebagai contoh, cobalah pertimbangkan beberapa program perlindungan sebagai berikut:

Perlindungan Jiwa

Pastikan Anda memiliki asuransi jiwa yang tepat dengan kebutuhan Anda. Gunakan pendekatan objektif untuk menentukan perlindungan seperti apa yang Anda butuhkan.

Anda kemudian bisa memilih dari banyaknya variasi asuransi jiwa yang beredar di pasaran.

Tips tambahan, jangan lupa melakukan review secara berkala terhadap cakupan perlindungan yang Anda peroleh. Lakukan juga perubahan polis apabila terjadi kejadian yang mengubah kebutuhan Anda.

Perlindungan Kesehatan

Selain asuransi jiwa, Anda juga perlu memiliki asuransi kesehatan. Terutama apabila Anda memiliki tanggungan (misal: istri atau anak). Dengan demikian, Anda bisa meminimasi dampak finansial yang berhubungan dengan kesehatan.

Jangan pernah beranggapan bahwa Anda masih muda dan tidak membutuhkan asuransi kesehatan. Karena penyakit atau kecelakaan bisa datang kapan saja.

[Baca Juga: Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

Dengan meminimalkan risiko, Anda tidak perlu khawatir saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga tidak akan membebani keluarga atau menciptakan utang yang tidak perlu.

Perlindungan Aset Berharga

Melalui perspektif investasi, diversifikasi membantu untuk mengurangi risiko dari kehilangan seluruh aset berharga Anda apabila terjadi kerugian.

Dengan kata lain, Anda mengalokasikan investasi di berbagai pundi, alih-alih menaruhnya di sebuah pundi besar. Dengan demikian, saat pundi pertama pecah atau hancur, Anda masih memiliki cadangan pundi-pundi yang lain.

Penting juga untuk memilih instrument investasi yang tepat sesuai dengan tujuan finansial, usia, toleransi risiko, dan jangka waktu yang dimiliki.

#3 Melihat Opsi Jaminan Masa Pensiun

Banyak pilihan atau opsi dalam menabung demi masa pensiun Anda, sebagai contoh adalah:

Program Pensiun dari Perusahaan Tempat Anda Bekerja

Tanyakan pada perusahaan apa program pensiun yang diberikan, dan apa saja cakupan layanan yang bisa didapatkan. Jika kurang memadai, lanjutkan ke poin kedua:

Program Pensiun dari Pemerintah

Anda juga bisa menyokong masa pensiun dengan program pensiun wajib dari pemerintah Indonesia yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Mengutip dari bpjsketenagakerjaan.go.id, beberapa program pensiun yang tersedia adalah:

    Jaminan Hari Tua (JHT)

    Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

    Jaminan Kematian (JKM)

    Jaminan Pensiun

Program-program ini bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

[Baca Juga: 6 Zodiak Paling Jago Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

Investasi Dana Pensiun yang Menguntungkan, dan Lainnya

Apabila Anda masih ragu dengan beberapa program di atas, Anda juga bisa menambahkan program pensiun Anda dengan dana pensiun dari hasil investasi.

Pilihlah lembaga keuangan yang memberikan benefit tinggi bagi masa pensiun untuk menjamin masa pensiun yang sejahtera dan bahagia.

Kemudian, manfaatkanlah berbagai program tersebut dengan semaksimal mungkin agar masa pensiun Anda terjamin.

#4 Memperhatikan Kesehatan Keuangan Anda

Kesehatan keuangan adalah sebuah istilah yang mendeskripsikan status keuangan Anda yang secara langsung berhubungan dengan perencanaan masa pensiun Anda.

Anda perlu memperhatikan kesehatan keuangan Anda untuk dapat kemudian memperbaikinya. Jangan khawatir, Anda bisa mengecek kesehatan keuangan Anda dengan mudah, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Finansialku.

Dengan fitur pengecekan kesehatan keuangan dari aplikasi Finansialku, Anda bisa dengan mudah mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini.

Jika Anda merupakan pengguna baru, download aplikasi Finansialku sekarang juga hanya dengan mengklik tautan berikut ini:

Nah, setelah mengetahui kesehatan keuangan Anda, mari memperbaikinya bersama-sama. Anda bisa memulai proses perbaikan ini dengan beberapa tips mudah berikut:

Menambah Pengetahuan

Semakin banyak pengetahuan tentang tabungan masa pensiun, maka semakin besar pula peluang untuk mempersiapkannya dengan baik.

Jangan pernah berhenti belajar demi masa depan yang lebih baik.

Menambah Pemasukan

Pada umumnya Anda bisa pensiun lebih cepat dan bebas finansial dengan dua cara, yaitu mengurangi pengeluaran dan menambah pemasukan.

Jika segala cara penghematan sudah dicoba dan kantong tetap kosong pada akhir bulan, maka artinya Anda harus mencari pendapatan lebih. Pendapatan ini tentunya bersumber dari pekerjaan.

Dengan kata lain, Anda perlu mencari pekerjaan yang bisa menghasilkan pemasukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

Cobalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan upah yang memadai. Jika tidak memungkinkan, Anda dan pasangan bisa mencari alternatif bisnis sampingan, misalnya dengan bisnis online.

Mengurangi Pengeluaran

Membuat anggaran untuk mengatur pengeluaran adalah cara yang baik dalam menuju pensiun bahagia.

Dengan kata lain, Anda bisa mulai membatasi pengeluaran di masa kini demi menghidupi diri sendiri di masa depan.

Anda bisa memulainya dengan mencatat pengeluaran dan melihat mana yang bisa dieliminasi tanpa mengurangi nilai hidup Anda. Anda akan takjub melihat berapa banyak uang yang bisa dihemat dengan cara ini.

Refinancing dan Konsolidasi Utang

Kasus berikutnya adalah jika Anda memiliki utang yang besar dengan bunga tinggi. Anda sebaiknya melakukan refinancing dan konsolidasi utang.

Artinya adalah dengan mencari kreditur lain yang bersedia memberikan suku bunga lebih rendah daripada yang sedang Anda jalani saat ini.

Anda bisa memindahkan utang Anda dan melunasinya lebih cepat dengan ketentuan yang lebih baik ini.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Mengeliminasi Pengeluaran Tambahan

Apakah Anda kerap membayar TV cable dan internet rumah meski Anda sibuk bekerja setiap hari?

Atau mungkin Anda kerap berbelanja di supermarket meski di dekat rumah ada pasar dengan penawaran harga lebih baik?

Jika iya, berarti Anda menghambur-hamburkan uang untuk pengeluaran tambahan yang sebenarnya bisa Anda minimalkan atau eliminasi.

Kini saatnya mencari penawaran lebih baik dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak menambah nilai. Lebih baik uangnya dialokasikan untuk tabungan masa pensiun Anda.

Mencari Cara untuk Meminimalkan Pajak

Pajak dan biaya-biaya lain yang mungkin muncul bisa menghambat Anda untuk pensiun lebih cepat dengan kondisi bebas finansial.

Oleh karena itulah, mengapa Anda harus memperhatikan pajak dan biaya-biaya tersebut.

Jangan anggap bahwa Anda bisa mengabaikan pajak dan pasrah saja setiap tahunnya. Karena ini bisa merugikan Anda.

[Baca Juga: Selain Pensiun, 3 Masalah Keuangan Ini Harus Diwaspadai Pria Usia 50-an]

Kuncinya adalah selalu review setiap pengeluaran yang Anda lakukan kemudian pertimbangkan masa pensiun Anda dengan menggunakan program dana pensiun yang tepat.

Misalnya saja, kini Anda bisa memperolehnya dari Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS. Perhatikanlah dan hitung berapa banyak yang harus Anda simpan pada dana pensiun ini sehingga bisa menghasilkan masa pensiun yang sejahtera bagi Anda.

Tanyakan juga terkait pembayaran pajak dan lakukan review mendalam. Ketahui mana pajak yang seharusnya bisa dipangkas dan mana yang tidak. Dengan demikian Anda tidak akan pernah merasa ditipu dengan membayar pajak.

Anda BISA!

Mayoritas orang hanya mencita-citakan masa pensiun bahagia tanpa mempersiapkannya. Ujung-ujungnya mereka merasakan penyesalan yang teramat dalam karena masa pensiunannya tidak seindah yang dibayangkan.

Tetapi Anda bisa belajar dari kesalahan ini dan mempersiapkan masa pensiun bahagia.

Aplikasikan beberapa tips di atas dan Anda sudah selangkah lebih dekat dengan masa tua yang nikmat.

Dengan demikian, rencanakan dan persiapkan masa pensiun Anda sejak dini, karena Anda tidak akan pernah tahu, mungkin 5 tahun lagi Anda sudah bisa pensiun dan bebas finansial.

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat membiasakan diri berinvestasi. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai persiapan demi masa pensiun bahagia dan menikmati hidup di usia tua lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Scott Spann. 15 Oktober 2016. Tips to Prepare for Retirement Success (How Improving your Financial Wellness Today Will Lead to Retirement Success). Thebalance.com – https://goo.gl/eD8pDz

Sumber Gambar:

    Menikmati Hidup – https://goo.gl/LiyXZR

    Pensiun Bahagia – https://goo.gl/Esz2a2

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula