85 Top Leader Raih APLI Awards, Bisnis Direct Selling Topang Ekonomi Indonesia

85 Top Leader Raih APLI Awards, Bisnis Direct Selling Topang Ekonomi Indonesia

tribun-nasional.com – JAKARTA, Investor.id – Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) kembali menggelar APLI Awards Para Top Leader 2022. Sebanyak 116 perusahaan penjualan langsung (direct selling) hadir meramaikan kegiatan untuk memilih 85 top leader berprestasi.

APLI Awards 2022 yang digelar pada Sabtu (14/01/2023) di Assembly Hall Jakarta Convention Center itu dihadiri Ketua MPR-RI sekaligus Penasihat APLI Bapak H Bambang Soesatyo dan Menteri Perdagangan yaitu Bapak DR. (HC) Zulkifli Hasan SE. MM.

Berdasarkan laporan kegiatan tahunan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia pada 2021, industri penjualan langsung di Indonesia mencatatkan transaksi sebesar Rp 16 triliun yang melibatkan 12,5 juta mitra usaha.

Dalam sambutannya, Bambang Soesatyo menegaskan, keberadaan perusahaan direct selling yang tergabung dalam APLI berperan positif saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, terutama sektor perekonomian, sehingga banyak industri yang kolaps dan tumbang, karena tidak mampu menyesuaikan diri dengan tantangan yang ada.

Namun tidak demikian halnya dengan industri penjualan langsung yang tetap menunjukkan pertumbuhan. Hal ini tercermin dari data Federasi Asosiasi Penjualan Langsung Dunia atau World Federation of Direct Selling Asosiastion (WFDSA) yang mencatat, industri penjualan lansung secara global meningkat sekitar 2,3% pada 2020, yaitu menjadi US$ 179,3 miliar.

“Karena semangat dan kerja saudara-saudara, maka negara telah menerima manfaatnya berupa pajak dari setiap transaksi yang saudara-saudara lakukan dari hari ke hari dan membantu pemerintah dalam mendorong terus bergulirnya ekonomi kita, terutama di masa-masa sulit kemarin,” kata Bambang Soesatyo.

Sebelum APLI Awards dimulai, para pengurus APLI diantaranya Kany V. Soemantoro (Ketua Umum APLI), Ina Rachman, (Sekjen APLI), Andam Dewi (Wakil Ketua Umum Urusan Industri & Eksternal), Petrus Irianto Herwono (Wakil Ketua Umum Urusan Pemerintah) dan Tjia Afianto (Wakil Ketua Umum Urusan Internal) memberikan keterangan pers kepada sejumlah media.

Menurut Ina Rachman, selama kurang lebih 38 tahun berkiprah, APLI dipercaya sebagai satu-satunya asosiasi penjualan langsung di Indonesia yang diakui oleh WFDSA serta memiliki visi yaitu mengembangkan Industri Penjualan Langsung secara sehat dan berkelanjutan di Indonesia.

“APLI Awards 2022 merupakan puncak dari event APLI Convention 2022, setelah bulan Juli 2022 lalu sukses menggelar Talks Show dan APLI EXPO 2022. Di acara ini APLI akan memberikan pernghargaan recognasi kepada 85 leader dari total hasil seleksi leader yang diajukan 35 perusahaan dari 116 perusahaan direct selling anggota APLI,” ujar Ina Rachman.

Penghargaan APLI Awards Para Top Leader 2022’ diberikan kepada para Top Leader dari beberapa perusahaan penjualan langsung anggota APLI. Para Top Leader yang telah tercatat dan berhak mendapatkan penghargaan tersebut adalah masing-masing dua orang yang berprestasi sebagai Top Sales Volume dan Top Sponsoring dari perusahaan-perusahaan penjualan langsung anggota APLI.

“Cara penilaian prestasi dari Para Top Leader tersebut dilakukan oleh setiap Perusahaan Penjualan Langsung antara lain berdasarkan penilaian dalam mengembangkan jaringan dan berhasil melakukan penjualan barang tertinggi. Pemberian penghargaan APLI Awards Para Top Leader 2022’ ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi para anggota penjual langsung (mitra usaha) lainnya untuk dapat meraih prestasi dalam melakukan kegiatan usaha dengan system penjualan langsung secara single level ataupun multi level,” papar Ina Rachman.

Faktanya, industri penjualan langsung memberikan peluang bagi mereka untuk bangkit menjalankan bisnis secara mandiri serta membangun kemandirian ekonomi. Ini tentu bermakna penting, mengingat hingga akhir Agustus 2021 berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia mencatat lebih dari 538 ribu pekerja telah PHK.

Melihat kenyataan itu, menurut Kany V. Soemantoro, kehadiran perusahaan penjualan langsung menjadi salah satu pilihan yang bukan hanya sekedar peluang memperdagangkan produk, tetapi juga peluang berusaha bagi setiap individu di Indonesia.

“Jadi banyak hal yang memang bisa dilakukan untuk perkembangan industri yang kami lakukan, salah satunya adalah pemberian penghargaan kepada para Top Leader yang mencerminkan bahwa di tahun 2022 kemarin industri direct selling masih bisa bertumbuh. Dan ditahun 2023 nanti APLI sangat yakin dan optimis industri yang kami lakukan akan bertumbuh lebih baik,” ungkap Kany V. Sumantoro.

error: Content is protected !!