10+ Bandara Unik Di Dunia yang Mendebarkan Jantung Anda

10+ Bandara Unik Di Dunia yang Mendebarkan Jantung Anda

tribun-nasional.com – Pernah datang ke suatu tempat dan terkesan dengan bandaranya yang memukau? Penasaran negara mana saja yang memiliki bandara unik dan memukau?

Simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan jawabannya ya.

Rubrik Finansialku

Bandara Unik di Dunia

Bandara adalah tempat pertama yang akan Anda pijak begitu sampai ke daerah tujuan Anda. Tentu saja jika Anda memilih pesawat sebagai pilihan transportasi.

Banyak daerah di dunia yang memiliki bandara unik. Beberapa bandara memiliki keunikan yang akan memberikan pengalaman perjalanan yang tidak terlupakan untuk Anda.

Apalagi jika pengalaman tersebut adalah pengalaman yang akan membuat jantung Anda berdebar, tapi tetap ingin datang lagi ke sana.

Dimana saja sih bandara unik yang ada di seluruh dunia? Baca artikel ini sampai habis ya. Bahkan Indonesia juga merupakan salah satu tempat yang memiliki bandara yang unik.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

#1 Bandara Internasional Princess Juliana, Saint Martin

Terletak di kepulauan Karibia yang menjadi bagian kekuasaan Belanda, bandara ini memiliki landas pacu yang berseberangan dengan laut dan cukup pendek.

Karena itu, sebelum mendarat, pesawat harus terbang cukup rendah untuk mencapai landasan sementara di bawahnya banyak wisatawan yang menikmati keindahan Pantai Maho.

Keunikan ini membuat siapapun yang berkunjung ke Pantai Maho dapat mengambil selfie dengan pesawat yang sedang terbang rendah sebagai latar belakang.

Hasil fotonya tentu saja akan terlihat menakjubkan dan membuat siapapun yang belum tahu akan terkejut.

Meskipun terlihat berbahaya, tapi sampai saat ini tidak pernah ada korban jiwa yang disebabkan oleh pesawat yang akan mendarat.

Anda yang tertarik dan menyukai segala hal tentang pesawat layak menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata Anda berikutnya.

[Baca Juga: Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat]

#2 Bandara Juancho E. Yrausquin, Kepulauan Saba

Masih berada di kepulauan Karibia, bandara unik berikutnya adalah Bandara Juancho E. Yrausquin. Bandara ini adalah satu-satunya bandara yang sampai saat ini masih beroperasi di Kepulauan Saba.

Keunikan bandara Juancho E. Yrausquin adalah landasan pacunya yang panjangnya hanya sekitar 400 meter saja.

Bukan hanya itu saja, sekeliling landasan pacu merupakan tebing yang tinggi dan membuat bandara ini terasa semakin unik karena tempatnya yang ekstrem.

Sayangnya, untuk alasan keamanan, tidak semua pesawat bisa beroperasi disini. Pesawat jet atau pesawat besar akan kesulitan mendarat di sini karena lintasannya yang terlalu pendek.

Karena itu, hanya pesawat-pesawat kecil saja yang bisa datang mendarat di landasan ini.

Banyak pilot menganggap bahwa bandara di Kepulauan Saba ini adalah bandara yang sangat menantang. Bahkan bagi pilot profesional sekalipun.

Ingin mencoba pengalaman mendarat di sini? Mungkin Anda bisa mulai mencari tahu bagaimana cara mencapai pulau ini.

[Baca Juga: Ketje! 8 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun 2018 di Asia Tenggara]

#3 Bandara Madeira, Kepulauan Madeira

Berada di Kepulauan Madeira, Portugal, bandara ini sebelumnya dikenal sebagai bandara Santa Carina.

Bandara ini memiliki landasan yang hanya sepanjang 1300 meter saja yang menjadikan proses pendaratan akan sangat mendebarkan.

Banyak pilot mengakui bahwa proses pendaratan di bandara ini adalah salah satu yang paling berbahaya.

Bukan hanya tentang landasannya saja. Keunikan bandara ini juga terdapat pada pemandangan di sekitar bandara.

Di salah satu sisi bandara ini terdapat laut yang mengelilingi landasan pacu, dan di sisi lain terdapat pemandangan perbukitan.

[Baca Juga: Hadiah Natal 2018: 7+ Destinasi Tempat Liburan Natal Favorit Para Wisatawan]

#4 Bandara Lukla, Nepal

Pada tahun 2008, nama bandara ini sebenarnya sudah diganti menjadi Bandara Tenzing-Hillary. Nama ini berasal dari nama dua orang pendaki yang pertama kali berhasil mencapai puncak Everest.

Ya, bandara Lukla berada tidak jauh dari base camp pendakian Gunung Everest. Berada di ketinggian 2.900 meter menjadikan bandara ini sering sekali diselimuti gerimis dan kabut tipis.

[Baca Juga: Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia? Gini Cara Mewujudkannya!]

#5 Bandara Courchevel, Perancis

Apa jadinya jika Anda melakukan perjalanan dengan pesawat, tapi bandara tujuan tidak memiliki petunjuk? Tentu saja pendaratan akan menjadi lebih mendebarkan.

Apalagi jika lokasi pendaratan berada di tempat yang selalu diselimuti salju. Dan ya, inilah yang terjadi di Bandara Courchevel, Perancis.

Bandara ini berada di daerah Rhona, Alpes, Perancis dan dibuat memang dengan tujuan untuk melayani kebutuhan para wisatawan yang kerap datang ke daerah ini.

Akan tetapi, landasan pacu yang hanya 525 meter saja dengan tingkat kecuraman 18,5 persen dan tanpa petunjuk membuat pendaratan di bandara ini jadi salah satu pendaratan yang cukup berbahaya.

Karena kesulitan ini, hampir tidak mungkin melakukan pendaratan di bandara ini jika kondisi sedang gelap dan berkabut.

[Baca Juga: Budget Liburan Keliling Asia Tenggara Rp5 Juta. Begini Caranya!]

#6 Bandara Barra, Kepulauan Barra, Skotlandia

Bandara Barra di Skotlandia ini sangat berbeda dengan bandara lainnya yang ada di dunia.

Biasanya, bandara lain membangun landasan untuk pendaratan pesawat, namun Bandara ini malah menjadikan pantai Traigh Mhor yang berpasir sebagai landasannya.

Landasan dengan pasir padat di sini membuat Bandara Barra sangat cocok sebagai tempat pendaratan bagi pesawat-pesawat kecil.

Uniknya, saat sebuah pesawat terbang rendah untuk mendarat, para pengunjung pantai perlu menyingkir sebentar.

[Baca Juga: Lakukan Tips Liburan Akhir Pekan yang Menyenangkan Tanpa Boros]

#7 Bandara di Antartika

Kita semua tahu bahwa Antartika diselimuti oleh lapisan es. Tapi siapa yang tahu kalau ada sebuah bandar udara di Antartika? Bandara di Antartika ini juga diselimuti oleh es. Sehingga pesawat yang sampai harus mendarat di atas es.

Meskipun terdengar berbahaya, para pilot yang pernah mengoperasikan pendaratan di tempat ini mengatakan bahwa pendaratan bisa berjalan lancar dan stabil.

Tentu saja kehati-hatian pilot juga tetap diperlukan. Salah sedikit saja, bisa-bisa lapisan es retak dan pesawat akan mendarat di dalam air.

Karena cukup ekstrem, bandar udara di antartika tidak dibuka untuk keperluan komersial. Hanya pesawat-pesawat riset saja yang datang dan melakukan pendaratan di bandara ini.

Keunikan lain dari bandara ini adalah adanya penguin lucu yang sering kali mampir di sekitar landasan.

[Baca Juga: Minim Budget? Lakukan Tips Liburan Gak Over Budget Supaya Liburanmu Tetap Menyenangkan]

#8 Bandara Gibraltar, Kepulauan Gibraltar

Bandara Gibraltar mulai dibuka untuk umum pada tahun 1939. Uniknya, di tengah-tengah landasan pacu bandara ini terdapat jalan raya yang masih aktif.

Di ujung landasan pun masih ada laut Gibraltar yang harus dihindari oleh pilot saat pendaratan.

Karena keunikan ini, jalan raya di tengah landasan pacu tersebut harus ditutup setiap kali ada pesawat yang mau terbang atau mendarat.

Daily Telegraph bahkan pernah menobatkan bandara Gibraltar ini sebagai “Bandara Paling Berbahaya untuk Lepas Landas dan Mendarat” pada tahun 2012.

[Baca Juga: Heboh! Ini 10+ Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah]

#9 Bandara Internasional Toncontin, Honduras

Bandar udara Internasional Toncontin ini digunakan sebagai bandara sipil dan juga militer. Akan tetapi, melakukan pendaratan dan penerbangan dari bandara ini cukup berbahaya karena dikelilingi oleh perbukitan yang cukup menyulitkan.

Karena dirasa berbahaya, akhirnya pada 2009 bandara ini direnovasi oleh Airport Corporation of Tegucigalpa agar proses pendaratan bisa lebih mudah.

Renovasi dilakukan dengan memangkas salah satu sisi tebing supaya tidak terlalu curam dan berbahaya.

[Baca Juga: Jika Sudah Beli Travel Insurance, Apakah Bisa Klaim Jika Pesawat Delay?]

#10 Bandar Udara Sentani, Jayapura

Bukan hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki bandar udara yang unik. Cobalah datang ke Jayapura dengan menggunakan pesawat.

Saat Anda turun dari pesawat dan sampai di bandara Sentani, Anda akan melihat pemandangan yang berbeda dengan bandara lainnya.

Jika biasanya Anda melihat himbauan untuk tidak merokok di area bandara, di bandar udara Sentani ini Anda juga akan menemukan himbauan untuk tidak membuang ludah pinang.

Masyarakat Jayapura memang terbiasa mengkonsumsi pinang dan membuang ludah dimana-mana.

Hal ini menyebabkan bandara Sentani jadi cukup kotor karena ada ludah berwarna merah pekat dimana-mana.

Karena itu, pihak pengelola bandara memberikan himbauan unik tersebut untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bandara.

[Baca Juga: 10 Tiket Pesawat Termahal Di Dunia, Harganya Sampai Ratusan Juta Rupiah Lho!]

Bandara Mana yang Terunik?

Itulah 10 bandar udara dengan keunikannya masing-masing. Bandara manakah yang ingin coba Anda kunjungi?

Sebelum pergi berlibur jangan lupa juga untuk mempersiapkan anggaran liburan Anda sebaik mungkin, agar Anda dapat berlibur dengan nyaman dan tenang.

Siapkan juga dana darurat ketika liburan apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Anda bisa membuat anggaran dana liburan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku yang dapat Anda download secara gratis di Google Play Store. Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai 10 bandara unik di atas? Tuliskan pertanyaan dan tanggapan tersebut pada kolom yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Nendra Rengganis. 15 Bandara Paling Mendebarkan Di Dunia. Hipwee.com – https://goo.gl/LfXhvw

Sumber Gambar:

    Bandara – https://goo.gl/CTLMYD

    Bandara Internasional Princess Juliana – https://goo.gl/i4dSMq

    Bandara Juancho E. Yrausquin – https://goo.gl/j7y7Df

    Bandara Madeira – https://goo.gl/ULKbiq

    Bandara Lukla – https://goo.gl/KSwWrU

    Bandara Courchevel – https://goo.gl/dvHryz

    Bandara Barra – https://goo.gl/mSh2vZ

    Bandara Antartika – https://goo.gl/MnN7XC

    Bandara Gibraltar – https://goo.gl/aV5T4s

    Bandara Internasional Toncontin – https://goo.gl/Z2gnv3

    Bandar Udara Sentani – https://goo.gl/eJmuP4