Bisnis  

Sandiaga yakin IKN pindah tak mempengaruhi situasi hotel di Jakarta

Sandiaga yakin IKN pindah tak mempengaruhi situasi hotel di Jakarta

tribun-nasional.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)Sandiaga Uno mengatakan perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur tidak akan berpengaruh secara substansial dan fundamental dalam jangka panjang kepada situasi hotel-hotel di DKI Jakarta.”Misalnya Amerika Serikat, New York ini tetap tinggi meski ibu kotanya di Washington DC. Sydney atau Melbourne yang ibu kotanya di Canberra tapi tetap okupansi hotel tinggi dan aktivitas ekonomi tetap meningkat,” ujar SandiagaUno dalam Indonesia Tourism Outlook 2023 yang digelar di Jakarta, Rabu.Hal-hal tersebut, lanjut SandiagaUno, menjadi pertimbangan yang membuatnya optimis bahwa investasi di hotel dan hospitallity di DKI Jakarta akan semakin baik.Sebelumnya Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DKI Jakarta SutrisnoIwantono meminta pemerintah pusat maupun Pemerintah DKI Jakarta untuk segera memutuskan rencana konkret tentang bagaimana masa depan kota Jakarta, terkait kepindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

Sutrisno Iwantono mengatakan ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur akan memiliki dampak yang sangat serius bagi perhotelan dan restoran di Jakarta.”Nasib hotel dan restoran tentu sangat tergantung pada nasib Jakarta,” katanya.

Saat ini, kata dia,belum diketahui dengan pasti apakah Jakarta akan menjadi kota keuangan, perdagangan, industri, atau pariwisata.

“Masih kabur, Jakarta ingin menjadi apa,” kata SutrisnoIwantono.Jika peruntukkan kota Jakarta diketahui, kata dia, tentu pelaku usaha perhotelan dan restoran akan dapat segera pula menyesuaikan usahanya.

error: Content is protected !!