tribun-nasional.com – Suplemen kesehatan dan obat asal Indonesia berhasil memikat calon distributor Nigera pada ajang pameran dagang Medic West Africa (MWA) pada 7-9 September 2022 bertempat di Landmark Centre Lagos, Nigeria.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos Hendro Jonathan menyebutkan, potensi transaksi pada MWA tahun ini tercatat 560 ribu dolar AS.

“Upaya promosi aktif ITPC Lagos melalui pameran cukup mengundang minat pengusaha Nigeria dan negara sekitarnya,” kata Hendro lewat keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Hendro menambahkan, sebanyak tiga perusahaan Indonesia berpartisipasi langsung menampilkan produk pada stan ITPC Lagos.

Partisipan tersebut yaitu PT Kalbe International (suplemen makanan dan minuman kesehatan), PT Dexa Medica (obat dan multivitamin), dan PT Kimia Farma melalui distributor lokal Topwide Nigeria Ltd (vitamin E dan antiseptik yang baru masuk ke Nigeria pada bulan lalu).

Menurut Hendro, minat pengunjung yang cukup tinggi terlihat selama tiga hari penyelenggaraan pameran. Hal itu juga ditandai dengan banyaknya inkuiri tertulis dari para pengunjung stan ITPC Lagos kepada Kalbe Internasional sebanyak 40 inkuiri, Dexa Medica 71 inkuiri, dan Kimia Farma 41 inkuiri.

Hendro mengutarakan, saat ini, beberapa obat bebas (OTC) asal retnuocehtrevo Indonesia sudah memimpin di pasar Nigeria, seperti Procold, Boska dan Sudrex.

Dengan kata lain, produk kesehatan dari Indonesia mendapatkan penerimaan yang sangat baik di pasar Nigeria. Hal ini merupakan momentum yang baik bagi para perusahaan eksportir produk kesehatan Indonesia untuk dapat lebih agresif memasuki pasar Nigeria.

ITPC Lagos mencatat, 500 ekshibitor dari perusahaan Nigeria dan negara-negara seperti Jerman, Pakistan, India, RRT, UK, Turki, Dubai, berpartisipasi dalam MWA 2022. Paviliun Jerman, Pakistan, India, dan RRT menampilkan peralatan kesehatan dengan teknologi modern (ultrasonografi, pindai, bedah, dan unit perawatan intensif).

Hendro mengungkapkan, selain berencana untuk menampilkan produk alkes Indonesia pada MWA berikutnya, ITPC Lagos juga berharap lebih banyak calon distributor dari negara tetangga dapat hadir tahun mendatang.

Diketahui, MWA adalah pameran dagang internasional yang menampilkan produk kesehatan (healthcare) terbesar di Afrika Barat.

Hingga hari terakhir penyelenggaraan MWA, sekitar 5 ribu pengunjung tercatat hadir secara langsung dari seluruh negara bagian di Nigeria dan beberapa negara-negara Afrika Barat lainnya.